[Gadget Guide] Tahan Cipratan Air, Inilah Deretan Perangkat OPPO dengan Sertifikasi IPX4



Memasuki musim penghujan, kita sebagai pengguna harus lebih pintar dalam melindungi gadget dari kerusakan akibat air saat beraktivitas di luar ruangan. Kabar baiknya, OPPO memiliki sederet perangkat dengan harga terjangkau yang bisa menjadi solusi untuk mengobati kekhawatiran Anda.

Rangkaian produk garapan OPPO yang masuk dalam daftar panduan belanja kami di artikel kali ini semuanya sudah memiliki sertifikasi IPX4. Itu artinya, perangkat tersebut tahan terhadap cipratan atau percikan air.

Photo by: @Hairuddin_ali

Jangan sampai salah paham karena IPX4 bukan berarti anti air di segala kondisi. Perangkat IPX4 kurang ideal untuk dimasukkan ke dalam air. Meski begitu, perangkat tersebut mampu bertahan pada kondisi hujan ringan hingga sedang, atau saat terkena air minum yang tumpah dari gelas.

Nah, dengan budget yang bisa dibilang cukup ekonomis, inilah beberapa gadget OPPO bersertifikasi IPX4 yang bisa Anda beli saat ini di Indonesia:

1. OPPO A16

OPPO A16

OPPO A16 merupakan ponsel IPX4 yang tampil cukup stylish. Diklaim memberikan pengguna 5 lapisan perlindungan, perangkat ini telah melewati enam tes utama termasuk uji jatuh, ketahanan air, radiasi, iklim, dan sinyal. OPPO A16 juga lulus 50+ uji kontrol proses produksi, 130+ uji keandalan, dan 320+ uji eksperimental.

Dari segi spesifikasi pun OPPO A16 terlihat menarik dengan layar berteknologi Eye Care Display agar mata tidak cepat lelah, performa mulus dengan ColorOS 11, baterai 5.000 mAh yang tahan lama, kinerja yang mulus, serta kamera dengan hasil foto yang oke di kelas harganya.

Bagi yang berminat, OPPO A16 dijual dengan harga Rp1.999.000 untuk varian 3/32 GB dan Rp2.499.000 untuk varian 4/64 GB yang juga punya warna baru yakni Pearl Blue. Ponsel ini cocok untuk pelajar maupun pelaku UMKM yang butuh perangkat untuk kebutuhan jualan di e-commerce.

[Anda bisa membaca artikel review OPPO A16 kami di tautan berikut ini]

2. OPPO Enco Air

OPPO Enco Air

Selain smartphone, perangkat dengan rating IPX4 yang dimiliki OPPO saat ini juga datang dari ranah IoT, atau lebih tepatnya TWS. OPPO Enco Air merupakan perangkat dengan desain ringkas, ringan, dan dapat terpasang dengan nyaman di telinga.

Rating IPX4 menandakan TWS ini ideal untuk digunakan berolahraga. Anda tidak perlu khawatir ketika berkeringat, atau tidak sengaja menumpahkan air minum ke Enco Air. Tapi harus digarisbawahi, rating IPX4 hanya terdapat pada earphone-nya saja, bukan casing-nya.

Dari segi fitur, OPPO Enco Air menggunakan titanium-composite dynamic driver 12mm dan didukung AI-Powered Noise Cancellation untuk panggilan suara yang jernih. TWS dengan Bluetooth 5.2 dan Game Mode untuk latensi rendah ini juga menawarkan kontrol sentuh dan daya tahan baterai yang awet.

Bagi yang berminat, OPPO Enco Air dijual dengan harga Rp999.000.

[Anda bisa membaca artikel review OPPO Enco Air kami di tautan berikut ini]

3. OPPO A54

OPPO A54

Ponsel dengan rating IPX4 selanjutnya adalah OPPO A54. Dibalik desainnya yang cantik, OPPO A54 punya bodi tangguh dengan rangka tengah setebal 0,2mm dan bingkai aluminium. Perangkat ini lulus menjalani 6 tes utama termasuk uji jatuh, ketahanan terhadap air, radiasi, iklim, slight drop test, dan kekuatan sinyal, serta telah melewati 50+ kontrol proses produksi, 130+ uji keandalan yang sangat ketat, dan 320+ uji eksperimental.

Sertifikasi IPX4 menunjukkan bahwa OPPO A54 tahan terhadap percikan air. OPPO melakukan rain of pipe-swing test selama 10 menit dan setelah 72 jam tidak terjadi kegagalan fungsi, sehingga perangkat ini telah memenuhi persyaratan tahan air standar IPX4.

Untuk spesifikasi, OPPO A54 didukung layar 6,51 inci Eye Comfort, triple-camera dengan sensor utama 13 MP plus dukungan Ultra Night Mode, teknologi Oswap yang memungkinkan RAM 4 GB dapat bekerja layaknya RAM 6 GB, storage 128 GB, serta baterai 5.000 mAh. Bagi yang berminat, OPPO A54 dijual dengan harga Rp2.499.000.

[Anda bisa membaca artikel review OPPO A54 kami di tautan berikut ini]

Your email address will not be published. Required fields are marked *