Tips Menciptakan Video Keren dengan Fitur Bokeh Flare Portrait di OPPO Reno6



Satu rahasia untuk bisa menciptakan video keren dengan OPPO Reno6 terletak pada fitur barunya yaitu Bokeh Flare Portrait. Fitur baru yang bisa digunakan dalam foto maupun video ini dapat menyimulasikan efek bokeh artistik yang biasanya hanya bisa dihasilkan kamera dengan lensa bukaan besar. Karakteristik bokeh yang ditampilkan ternyata cukup halus dan meyakinkan, selama kondisi dan cara pemakaiannya benar.

Berikut tips menciptakan video keren dengan fitur Bokeh Flare Portrait pada OPPO Reno6.

1. Perhatikan kualitas cahaya

Untuk kualitas video yang lebih meyakinkan, dibutuhkan cahaya yang cukup terang. Pada kondisi siang hari di luar ruangan, efek bokeh yang dihasilkan akan lebih terasa. Bokeh Flare Portrait juga bekerja di malam hari, tapi pastikan latar belakang tidak sepenuhnya gelap dan ada cukup cahaya yang menyorot ke subyek agar subyek tetap jelas di dalam video.

2. Pastikan ada subyek manusia

Bokeh Flare Portrait ini hanya dapat bekerja saat merekam subyek manusia. Jadi begitu Reno6 mendeteksi subyek manusia, maka efek ini akan langsung bekerja membuat latarnya menjadi blur. Seperti terlihat di video di bawah ini, fitur ini tetap dapat bekerja walaupun subyek memakai masker. Begitu subyek memalingkan wajah atau hilang dari frame, maka efek juga akan berakhir.

VID20210729143024

3. Berguna untuk vlogging 

Video dengan efek Bokeh Flare Portrait juga bisa digunakan di kamera depan, Dengan mode ini, latar yang ramai akan langsung menjadi kabur sehingga penonton bisa fokus ke wajah. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menggunakannya saat vlogging di rumah dan tidak ingin kondisi rumah yang berantakan terlihat di hasil video.

Jangan takut untuk merekam video sambil bergerak karena kamera akan mengunci wajah dan menjaga latar tetap blur saat Anda bergerak. Berikut contoh videonya:

Bokeh flare portrait video kamera depan

4. Perhatikan latar

Hasil video dengan efek bokeh yang baik biasanya akan lebih optimal jika jarak subyek ke latar cukup jauh. Jika jarak subyek ke latar belakang terlalu dekat, maka efek bokehnya akan terlihat kurang rapi dengan obyek di dekat subyek yang masih terlihat jelas.

Latar yang rumit juga akan membuat efek bokeh terlihat kurang alami. Dari pengalaman, cahaya pagi yang menembus dedaunan pohon yang tidak terlalu rimbun, lampu-lampu kota di malam hari serta air laut atau air di kolam renang yang diterpa cahaya, akan bisa menjadi latar bokeh yang baik.

Perhatikan juga nuansa warna di latar. Jika warna obyek di latar terlalu bervariasi atau terlalu vivid, maka subyek akan terlihat kurang menonjol. Dari pengalaman, warna kalem seperti warna langit, pasir serta warna yang cenderung gelap akan menjadi latar yang lebih baik dibandingkan warna mencolok seperti merah atau hijau.

5. Usahakan subyek menghadap ke kamera

Agar hasil video Bokeh Flare Portrait lebih optimal dan tetap konsisten menghasilkan efek bokeh, pastikan subyek menghadap ke arah kamera. OPPO Reno6 cukup pintar untuk tetap mengunci subyek yang sedang memalingkan wajah ke samping, selama sebagian wajah masih terlihat.

Tapi jika wajah dipalingkan ke belakang, efek bokeh akan hilang karena Bokeh Flare Portrait butuh mengenali wajah agar dapat bekerja.

Satu hal yang menarik, Bokeh Flare Portrait ini masih jarang dimiliki smartphone flagship sekalipun. Jadi jika Anda ingin menghasilkan video dengan efek bokeh yang menyerupai kamera mirrorless, Bokeh Flare Portrait bisa jadi solusi ekonomis. Selain di OPPO Reno6, efek ini juga ada di OPPO Reno6 5G dan OPPO Reno6 Pro 5G.

 

Your email address will not be published. Required fields are marked *