Microsoft Hadirkan Dukungan Dolby Vision untuk Gaming di Xbox Series X/S



Microsoft mengumumkan akan meluncurkan dukungan Dolby Vision untuk gaming di duo konsol generasi terbaru andalannya, yakni Xbox Series X dan Xbox Series S. Bersama dengan dukungan Dolby Atmos, Xbox Series menjadi satu-satunya konsol di dunia yang menawarkan kedua teknologi tersebut.

Dynamic range yang lebih luas

Xbox Series

Perlu diketahui bahwa Microsoft sebelumnya hanya memberikan dukungan Dolby Vision di konsol Xbox Series untuk aplikasi seperti Netflix dan Apple TV. Kini, mencoba menghadirkan teknologi tersebut pada game.

Dolby Vision sendiri merupakan standar HDR yang bisa dibilang lebih tinggi dari HDR10. Teknologi ini mampu menghadirkan tingkat kecerahan maksimal yang lebih tinggi, serta lebih rendah dibanding HDR10. Hasilnya adalah dynamic range yang lebih luas.

Dukungan ke lebih dari 100 judul game

Yang lebih menarik, Microsoft menjanjikan ada lebih dari 100 judul game di Xbox Series yang telah dioptimalkan untuk mendukung Dolby Vision. Sebagian sudah tersedia, sebagian lagi akan meluncur di masa depan. Salah satu game yang paling ditunggu, Halo Infinite, juga akan langsung mendukung Dolby Vision.

Untuk saat ini, beberapa judul yang telah mendapat dukungan teknologi Dolby Vision antara lain Borderlands 3, COD: Black Ops Cold War, Dirt 5, F1 2021, Gears 5, Guardians of the Galaxy, Immortals Fenyx Rising, Metro Exodus, Microsoft Flight Simulator, dan Psychonauts 2.

Selain itu, Microsoft bersama Dolby saat ini tengah bekerja bersama developer untuk mengimplementasikan Dolby Vision, pada judul-judul game lawas yang sudah mendukung HDR10. Nantinya, game tersebut secara otomatis akan ter-upgrade ke Dolby Vision ketika terhubung pada TV yang kompatibel.

Your email address will not be published. Required fields are marked *