HP Pavilion 13 bb0063tu

Review HP Pavilion 13 – BB0063TU

Reader Rating0 Votes
0
8.3
Cek Harga

Jika dulu HP Pavilion lebih dikenal sebagai laptop 14 inci berdesain elegan, kini HP menghadirkan Pavilion generasi terbaru dengan sedikit perubahan ukuran layar. Sesuai namanya, HP Pavilion 13-BB0063TU kini hadir dengan layar berukuran 13 inci yang lebih ringkas.

Desain lebih ringkas

Tidak hanya itu, konsep desainnya juga terlihat lebih segar dan elegan. Bahkan jika diperhatikan, HP Pavilion model terbaru ini mirip dengan HP Envy, namun dengan bodi sedikit lebih tebal. Kelengkapan port juga termasuk bagus, dengan adanya 2 port USB Type A, 1 port USB Type C, serta port HDMI. Sudah memadai untuk kebanyakan pengguna.

Meskipun dimensinya lebih ringkas, tombol keyboard tetap nyaman dengan ukuran dan tingkat kedalaman penekanan yang pas. Hanya saja tombol arah di sisi kanan memiliki ukuran lebih kecil, tapi ini bukan hal baru dan sering ditemukan di kebanyakan laptop 13 inci .

Dengan adanya backlit membuat keyboard HP Pavilion 13 ini tetap nyaman saat digunakan dalam gelap.  Respons tombol yang baik dengan tingkat kedalaman yang pas saat ditekan menjadikan mengetik berlama-lama tetap nyaman. Ukuran touchpad juga lebar dan cukup luas, dengan tombol yang responsif.

Kualitas layar

 

Layar HP Pavilion 13 yang berukuran 13 inci ini memiliki bingkai hitam yang cukup tipis, dengan webcam di bagian atasnya.  Berbekal panel IPS, sudut pandangnya mencapai 178 derajat.  Ini membuatnya tetap jelas saat dilihat dari samping.

Mengusung resolusi Full HD, tampilan visual terlihat tajam untuk beragam konten mulai dari video, foto, atau saat menampilkan teks dokumen.

svg%3EDengan tingkat kecerahan 250 nits, layarnya cukup terang. Tapi masih kurang terang jika digunakan di kondisi luar ruangan dengan cahaya sinar matahari. Reproduksi warnanya juga cukup baik, walaupun memiliki cakupan color gamut NTSC 45%.

Spesifikasi

Unit yang kami review ini menggunakan CPU Intel Core i7 1165G7, prosesor  4 core dengan 8 thread yang memiliki kecepatan turbo maksimum 4,7GHz.  Sedangkan untuk GPU atau kartu grafis, laptop ini menggunakan Intel iris XE Graphics yang diklaim lebih kencang dibanding Intel HD Graphics generasi sebelumnya. 

Sayangnya laptop ini menggunakan RAM onboard dual channel 8GB 3200Mhz yang tidak bisa di upgrade. Sama seperti SSD 500GB miliknya yang tidak bisa diperluas.

svg%3E

Dari pengujian, penggunaan standar seperti browsing, tugas pekerjaan kantor, maupun multimedia, akan dapat dilakukannya dengan baik. 

Bahkan laptop ini juga bisa melakukan tugas rendering ringan seperti mengedit video yang tidak terlalu kompleks dengan cepat.

Lalu bagaimana kemampuannya untuk main game? HP Paviion 13 masih memadai untuk game-game ringan seperti Valorant dan Apex Legends pada setting grafis bawah dan kurang memadai untuk game-game kompleks terbaru.

Daya tahan baterai cukup panjang. Mencapai 7 jam untuk melakukan web browsing dan memutar musik serta sesekali memutar video. Jika hanya digunakan untuk mengakses aplikasi kantoran, daya tahan baterainya akan bisa mencapai 8 jam. Kecepatan pengisian baterai cukup standar, sekitar 2 jam untuk mengisi baterai dari hampir kosong hingga penuh 100%.

Laptop ringkas sesuai tuntutan pengguna

svg%3E

HP Pavilion 13 merupakan bukti bahwa HP berani melakukan perombakan sebuah lini produk untuk mengikuti perkembangan zaman.

Dengan desain yang lebih manis dan ringkas, HP Pavilion 13 sukses menjadi salah satu laptop dengan desain desain paling elegan di kelas harganya.

Peningkatan di sisi spesifikasi juga membuatnya handal digunakan untuk keperluan serius seperti bekerja dan belajar serta keperluan hiburan seperti memutar video dan bermain game ringan.

HP Pavilion 13 – bb063tu dijual dengan harga 14 juta rupiah.  Harga yang menarik, jika menilik desain dan performanya. Bagi yang dananya lebih terbatas, ada HP Pavilion 13 – bb062tu yang lebih terjangkau dengan prosesor Intel Core i5.

Kelebihan HP Pavilion 13 – bb063tu

+Desain yang ringkas dan elegan

+Performa kencang di kelasnya

svg%3E

+Masih mumpuni untuk sesekali main game

+Keyboard yang nyaman dengan backlight

+Layar yang luas dan tajam 

+ Manajemen panas baik

 

Kekurangan HP Pavilion 13 – bb063tu

– Kurang cocok untuk memainkan game terbaru

– Port USB jepit yang masih menyulitkan untuk beberapa perangkat

– Layar relatif redup

– Beberapa tombol lebih kecil

 

Lalu siapa yang cocok menggunakan laptop ini?

Pelajar SD hingga mahasiswa

Performa yang kencang dalam bodi yang ringkas dan relatif ringan akan bermanfaat bagi para pelajar yang menggunakannya untuk membuat tugas, menonton video, atau belajar menyunting foto dan video. Selama tidak menggunakannya untuk bermain game yang berat, laptop ini akan tetap nyaman digunakan untuk 4 – 5 tahun.

Penggemar drama Korea dan film

Jika tidak bermasalah dengan kualitas layar yang biasa-biasa, HP Pavilion 13 ini cukup ideal. Selain ringan dan ringkas, laptop ini tetap adem saat digunakan. Cocok untuk sesi marathon di atas kasur.

Pekerja kantoran

Daya tahan baterainya memang tidak terlalu panjang, tapi bobotnya cukup ringan sehingga tidak membebani saat harus berpindah tempat untuk presentasi atau menyelesaikan laporan. Performanya juga lebih dari mumpuni untuk beragam kebutuhan aplikasi kantoran.

Desainer grafis & video editor

Bagi yang ingin menyunting foto atau video sederhana dan ringan untuk media sosial seperti Instagram, Facebook dan Tiktok, laptop ini masih memadai. Namun bagi yang butuh menyunting video lebih kompleks dan menggunakan banyak motion graphics, disarankan memilih laptop dengan spesifikasi lebih tinggi.

 

 

 

 

 

 

svg%3E
HP Pavilion 13 merupakan bukti bahwa HP berani melakukan perombakan sebuah lini produk untuk mengikuti perkembangan zaman.Dengan desain yang lebih manis dan ringkas, HP Pavilion 13 sukses menjadi salah satu laptop dengan desain desain paling elegan di kelas harganya.Peningkatan di sisi spesifikasi juga membuatnya handal digunakan untuk keperluan serius seperti bekerja dan belajar serta keperluan hiburan seperti memutar video dan bermain game ringan.HP Pavilion 13 - bb063tu dijual dengan harga 14 juta rupiah.  Harga yang menarik, jika menilik desain dan performanya. Bagi yang dananya lebih terbatas, ada HP Pavilion 13 - bb062tu yang lebih terjangkau dengan prosesor Intel Core i5.
Desain
8.5
Fitur
8
Performa
8.5
Harga
8
Reader Rating0 Votes
0
8.3
Cek Harga
Verified by MonsterInsights