Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Resmi Diumumkan, Inilah Sederet Fitur Baru ColorOS 12

OPPO mengumumkan kehadiran sistem operasi terbarunya yang diberi nama ColorOS 12. OPPO menjanjikan, ColorOS 12 akan memberikan pengalaman seamless operating system dan pengalaman penggunaan untuk intergrasi dengan teknologi pintar.

Fitur baru ColorOS 12

ColorOS 12 Logo

Dalam keterangan tertulis yang diterima Yangcanggih, Jumat (17/9), dijelaskan bahwa ColorOS 12 tampil dengan desain baru yang mengusung konsep tanpa batas. Menurut OPPO, ColorOS 12 mendefinisikan ulang tampilannya untuk mengatasi padatnya informasi dengan memperbanyak ruang berwarna putih, meningkatkan kontras teks, dan membedakan corak warna.

Ada beberapa fitur baru yang menjadi andalan sistem operasi ini. Misalnya Quantum Animation Engine plus untuk animasi yang lebih interaktif, dan Anti-Stuttering AI Engine yang dikembangkan untuk memberikan pengalaman yang mulus.

Pengujian yang disimulasikan OPPO selama 26 bulan menunjukkan bahwa fitur tersebut hanya membuat penurunan kinerja baca/tulis kurang dari 5% saja dan keseluruhan aging rate sebesar 2.75%. Anti-Stuttering AI Engine dapat memprioritaskan aplikasi untuk memastikan perangkat dapat beroperasi secara lancar dengan menggunakan lebih sedikit daya.

ColorOS 12 juga memiliki Cross-Screen Interconnection dan Smart Sidebar, fitur praktis yang diklaim dapat membuat pengguna tetap produktif di berbagai skenario. Dalam hal privasi, ColorOS 12 memastikan bahwa pengguna dapat mengetahui dan mengendalikan fitur yang memungkinkan mereka merekam perilaku aplikasi, berbagi foto dengan aman, hingga mendapatkan pengingat tentang perizinan ketika menggunakan sebuah aplikasi.

Omoji ColorOS 12

Yang tidak kalah menarik, ColorOS12 juga membawa fitur avatar bernama “Omoji” yang dapat membangun model 3 dimensi secara presisi melalui algoritma Face Capture. Teknologi tersebut dapat menangkap lebih dari 20.000 ciri khas wajah pengguna sehingga avatar dapat dipersonalisasi dengan lebih nyata.

Seperti disebutkan di atas, ColorOS mengedepankan intergrasi dengan teknologi pintar. Ekosistemnya akan ysaling terhubung melalui fitur interkoneksi lintas layar yang menyederhanakan konektivitas antara perangkat ponsel dan laptop.

Setelah terhubung, pengguna dapat mengoperasikan perangkat ponsel mereka dengan mudah melalui laptop, serta bisa berbagi file dan data dengan kecepatan transfer hingga 45Mbps. Bahkan, pengguna dapat menyunting dokumen pada ponsel secara langsung pada layar laptop. Fitur ini mendukung sebagian besar laptop Windows 10 atau yang lebih tinggi.

PC Interconection ColorOS 12

Ponsel pertama dengan ColorOS 12

OPPO tidak lupa mengumumkan bahwa ponsel pertama yang akan hadir dengan sistem operasi ColorOS 12 adalah Find X3 Pro Photographer Edition. Sementara uji publik terbatas akan dimulai untuk seri Find X3 dan OnePlus 9 seri pada bulan Oktober.

Untuk seri Find X2 dan seri Reno6 pada bulan November, dan untuk seri Reno5 dan seri OnePlus 8 masing-masing pada bulan Desember. OPPO juga berjanji akan memberikan tiga kali peningkatan sistem Android pada ponsel flagshipnya.

Back to top button