Qualcomm Snapdragon Sound: Standar Baru Bluetooth Audio dari Qualcomm

Tidak bisa dimungkiri earbud nirkabel saat ini semakin populer. Tapi, sayangnya perkembangan teknologi Bluetooth audio tidak meningkat secara signifikan. Faktor inilah yang mendorong Qualcomm mengumumkan Qualcomm Snapdragon Sound.

svg%3E

Apa itu Qualcomm Snapdragon Sound?

Qualcomm Snapdragon Sound adalah standar audio baru dari Qualcomm untuk memberikan pengalaman audio terbaik secara nirkabel. Nantinya, semua perangkat smartphone, tablet, ataupun aksesoris audio lain yang memenuhi standar ini akan mendapatkan sertifikasi Snapdragon Sound.

Keunggulan Qualcomm Snapdragon Sound

Standar Qualcomm Snapdragon Sound fokus pada Bluetooth audio. Atau, kemampuan streaming audio secara nirkabel lewat koneksi Bluetooth. Snapdragon Sound diklaim mendukung streaming audio resolusi tinggi dengan kualitas yang lebih baik lewat teknologi aptX Lossless.

svg%3E

Teknologi ini memungkinkan earbud atau headphone nirkabel akan semakin mumpuni untuk streaming audio tanpa kompresi. Beragam format audio tanpa kompresi didukungnya dari format 16-bit 44.1kHz (setara kualitas CD), HD 24-bit 48kHz, dan resolusi tinggi 24-bit 96kHz hanya lewat koneksi Bluetooth. Sebelumnya hal tersebut hanya bisa dilakukan lewat koneksi kabel saja.

Ini bisa dicapai berkat pembaruan Qualcomm Bluetooth High Speed Link yang kini ditingkatkan dengan kemampuan lebih cepat, stabil, dan bisa mengirimkan data lebih besar. Dengan tingkat latensi yang lebih rendah, pengguna juga bisa mendapatkan pengalaman audio yang lebih baik saat bermain game dan kualitas suara yang lebih jernih saat melakukan panggilan.

Ketersediaan Qualcomm Snapdragon Sound

Untuk menikmati pengalaman audio yang ditawarkan Qualcomm Snapdragon Sound Anda wajib memiliki smartphone, tablet, earbud nirkabel atau headphone nirkabel yang telah mendapatkan sertifikasi Snapdragon Sound.

Sayangnya, belum ada informasi lebih lanjut pabrikan audio atau smartphone mana yang akan mengadopsi teknologi ini ke perangkat mereka. Kita tunggu saja tanggal mainnya.