Instagram Hadirkan Fitur untuk Hindari Ujaran Kebencian



Instagram menghadirkan beberapa fitur baru yang berfungsi untuk melindungi pengguna dari ujaran kebencian. Lewat fitur-fitur tersebut, pengguna dapat membatasi komentar dan permintaan DM (Direct Message).

Fitur Limits dan Hidden Words di Instagram

Instagram menjelaskan bahwa aplikasi mereka kini memiliki fitur bernama Limits. Ketika diaktifkan, fitur ini secara otomatis akan menyembunyikan komentar dan permintaan DM dari akun yang tidak diikuti oleh pengguna, maupun akun yang baru saja mengikuti.

“Kami mengembangkan fitur ini karena kami mendengar bahwa kreator dan figur publik terkadang mengalami lonjakan komentar dan permintaan DM secara tiba-tiba dari akun yang tidak mereka kenal. Misalnya, ketika seorang atlet menjadi viral setelah memenangkan medali Olimpiade, terkadang hal tersebut juga diikuti dengan lonjakan komentar dan pesan yang tidak diinginkan,” tulis Instagram melalui keterangan tertulis yang diterima Yangcanggih.

Instagram melihat tren setelah acara final pertandingan Euro 2020 yang menghasilkan lonjakan signifikan dalam hal ujaran rasis dan tidak dapat diterima terhadap para pemain sepak bola. Di saat yang bersamaan, para kreator juga memberi tahu Instagram bahwa mereka tidak ingin sepenuhnya menonaktifkan kolom komentar dan DM, karena mereka masih ingin berinteraksi dengan komunitas mereka.

Selain itu ada pula fitur bernama Hidden Words. Dengan bantuan fitur ini, Instagram memungkinkan pengguna menyaring permintaan DM yang mengandung kata-kata kasar maupun kalimat yang tidak diinginkan. Nantinya, kata, frasa, dan emoji yang menyinggung akan disaring otomatis ke dalam folder Hidden Bar. Pengguna tidak perlu membuka folder tersebut jika mereka tidak ingin melihatnya.

Meluncur secara global

Instagram telah meluncurkan kedua fitur terbarunya itu untuk beberapa negara di awal tahun ini, dan dalam waktu dekat akan tersedia secara global. Instagram berharap, fitur-fitur yang baru diluncurkan dapat semakin melindungi pengguna dari konten yang tidak diinginkan.

Your email address will not be published. Required fields are marked *