Review Kamera OPPO Find X3 Pro

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Enco Air

Enco Air merupakan TWS paling anyar dari OPPO yang meluncur bulan Juli 2021 lalu. TWS ini menampilkan desain yang sedikit berbeda dengan beberapa produk kategori serupa yang dirilis oleh OPPO sebelumnya.

Dijual dengan harga Rp999.000, OPPO Enco Air bisa menjadi opsi menarik bagi Anda yang sedang mencari perangkat audio untuk keperluan mendengarkan musik, menonton film, atau meeting online. Tapi sebelum Anda memutuskan untuk meminang Enco Air, ada baiknya Anda menyimak terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan OPPO Enco Air

1. Ringan dan nyaman untuk pemakaian berjam-jam

Enco Air mengusung tampilan bertangkai dengan housing berbentuk oval tanpa eartip berbahan silikon di ujungnya. Desainnya ringkas, ringan, dan dapat terpasang dengan nyaman di telinga. Karena tidak ada karet silikon, pengguna tidak akan merasakan ada tekanan di telinga untuk pemakaian dalam durasi yang lama. Bahkan, sama sekali tidak membuat telinga berkeringat.

2. Audio yang jernih

TWS ini menggunakan titanium-composite dynamic driver 12mm. OPPO Enco Air menawarkan tuning yang ‘hampir’ balanced, dengan sedikit mengedepankan vokal beserta suara instrumen frekuensi mid ke high, sehingga terdengar lebih kaya dan jernih. Karakter audio seperti ini akan sangat ideal untuk mendengarkan musik yang santai.

3. Didukung Bluetooth 5.2 dan Game Mode dengan latensi rendah

Dengan teknologi Bluetooth 5.2 terbaru, sinyal akan lebih stabil bahkan ketika Anda berada di lingkungan dengan banyak intervensi dari perangkat lainnya, contohnya di ruang publik atau kendaraan umum. Latensinya pun terbilang rendah. Bisa hanya 80ms saja di Game Mode.

4. Praktis, kontrol sentuh cukup lengkap

Sekali Anda melakukan pairing ke smartphone, Enco Air dapat terhubung dengan cepat dan mudah. Cukup dengan membuka casing dan mengaktifkan Bluetooth di ponsel, OPPO Enco Air akan langsung aktif dan tersambung.

OPPO Enco Air juga sudah mendukung kontrol sentuh. Ada beberapa hal yang bisa Anda akses langsung hanya dengan menyentuh earphone. Mulai dari sentuh dan tahan earphone kanan untuk menaikkan volume, sentuh dan tahan earphone kiri untuk menurunkan volume, ketuk dua kali untuk skip ke lagu berikut, dan ketuk tiga kali untuk memanggil voice assistant.

5. Fitur AI-Powered Noise Cancellation

OPPO Enco Air dibekali AI-Powered Noise Cancellation untuk panggilan suara. Ada dua mikrofon yang secara efektif menangkap suara bicara Anda agar terdengar lebih jelas bahkan ketika berada di lingkungan agak ramai.

6. Baterai awet, charging cepat

Dengan Enco Air Anda bisa mendengarkan musik 4 jam non-stop. Ditambah baterai dari casing, total durasi penggunaannya mencapai 24 jam. Charging-nya pun cepat, 10 menit bisa untuk pemakaian selama 8 jam.

7. Desain casing cukup unik

OPPO menyebut desain casing Enco Air dengan nama Semi-Translucent Design. Bagian penutupnya dibuat agak transparan sehingga Anda bisa melihat isi di dalamnya.

Kekurangan OPPO Enco Air

1. Belum didukung ANC

Ya, OPPO Enco Air belum didukung ANC. Sementara beberapa TWS pesaing di kelas harga yang sama ada yang sudah dibekali teknologi tersebut.

2. Isolasi suara tidak sebaik TWS model in-ear dengan eartip silikon

Isolasi suara dari OPPO Enco Air bisa jadi tidak sebaik TWS model in-ear yang mengusung eartip berbahan silikon, karena ada sedikit celah di sekitar housing apabila rongga telinga Anda cukup besar.

3. Ada kemungkinan kurang cocok untuk pengguna dengan rongga telinga besar

Untuk pengguna dengan lubang telinga besar, selain isolasi suaranya berpotensi kurang maksimal, ada kemungkinan OPPO Enco Air agak longgar dan mudah terlepas.