Review Gaming OPPO A74



7

OPPO A74 memang tidak didesain secara khusus untuk para gamer. Meski begitu, bukan berarti ponsel seharga 3 jutaan rupiah ini tidak ideal untuk menjalankan judul-judul favorit seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile. Di balik tampilan eksteriornya yang elegan, ternyata OPPO A74 cukup dapat diandalkan untuk gaming.

Dalam artikel kali ini kami ingin membahas secara khusus soal performa dari OPPO A74. Sesuai slogan OPPO, ‘Gaming for Everyone’, semua ponsel garapannya sudah dioptimalkan agar mampu memberikan pengalaman bermain yang menyenangkan di kelasnya, termasuk A74. Itulah salah satu alasan OPPO hingga kini belum berencana untuk menciptakan seri ponsel gaming.

Perlu digarisbawahi, A74 yang kami ulas adalah versi 4G LTE, bukan yang 5G. Penasaran seperti apa performa gaming-nya? Yuk, langsung saja simak ulasan singkat kami!

Spesifikasi OPPO A74

OPPO A74 mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 662 sebagai senjata utamanya, dan ditemani RAM 6 GB LPDDR4X 1804 MHz (2 x 16 bit) serta storage 128 GB UFS 2.1. Dari segi chipset yang mungkin tidak terdengar terlalu istimewa jika harus dibandingkan dengan ponsel lain di kelas harga yang sama.

Snapdragon 662 memang bukan chipset paling kencang di kisaran harga 3 jutaan rupiah. Tapi menurut kami, ini adalah chipset yang cukup bertenaga. Snapdragon 662 punya CPU octa-core Kryo 260 yang terdiri dari 4-core Cortex-A73 berkecepatan 2 GHz, serta 4-core Cortex-A53 berkecepatan 1.8 GHz. Untuk urusan grafis, chipset ini memiliki GPU Adreno 610.

Selain Snapdragon 662, pengalaman gaming pada OPPO A74 akan didukung kapasitas baterainya yang besar, 5.000 mAh, lengkap dengan dukungan fast charging 33W agar gamer tidak perlu menunggu lama ketika baterai habis dan ingin segera kembali ke permainan. Teknologi ini mampu mengisi daya A74 hingga 54 persen hanya dalam waktu 30 menit saja.

Sektor layar tak kalah menarik. Dengan panel AMOLED 6,43 inci Full HD+, OPPO menawarkan sebuah fitur yang disebut All-day Eye Care. Ya, fitur ini berguna untuk menyesuaikan layar agar tidak memberikan efek yang membuat mata Anda cepat lelah. Bermain dalam waktu yang lama pun diklaim tetap terasa nyaman.

Ada pula fitur AI Smart Backlight yang mampu menyesuaikan lampu latar secara otomatis dengan mempelajari kebiasaan penggunanya. Sementara itu, fitur DC Dimming berfungsi untuk mengontrol kecerahan dengan memvariasikan daya yang disuplai ke layar. Menurut OPPO, fitur ini mampu meminimalisir terjadinya flicker.

Hasil benchmark

Berikut adalah hasil pengujian OPPO A74 menggunakan beberapa aplikasi benchmark:

Fitur gaming OPPO A74

OPPO A74 mengadopsi sistem operasi ColorOS 11.1 berbasis Android 11. Selama pengujian kami, pengoperasian ponsel terasa begitu ringan dan gesit. Bisa dibilang OPPO cukup sukses menghadirkan antarmuka yang mampu membuat kinerjanya terasa optimal dan tidak berat.

Bukan cuma itu, ColorOS 11.1 juga didukung beberapa fitur bawaan untuk meningkatkan keasyikan saat bermain game. Sebut saja Focus Mode yang berfungsi untuk membuat Anda tetap fokus pada permainan, dan dapat memblokir dunia luar agar lebih berkonsentrasi untuk menang. Notifikasi tetap bisa masuk, tapi tidak akan mengganggu tampilan pada layar.

Game Space andalan OPPO kembali tersedia. Pada OPPO A74, Anda bisa mengoptimalkan performa ponsel dengan memfokuskan kinerja hardware pada kebutuhan gaming, seperti CPU beserta GPU, termasuk penggunaan RAM dan jaringan internet. Ada tiga mode yang bisa dipilih, yaitu Low Power Mode (hemat daya), Balanced Mode, dan Pro Gamer Mode untuk performa maksimal.

Yang tidak kalah penting, teknologi Hyper Boost dapat meningkatkan sensitivitas sentuhan dan respon ketika menjalankan game. Bahkan teknologi ini mampu mengurangi jeda, meningkatkan frame rate, dan mempercepat scene loading time.

Performa Gaming OPPO A74

Kami mencoba memainkan beberapa game populer untuk menguji seperti apa pengalaman gaming yang ditawarkan oleh OPPO A74. Yuk, kita bahas satu per satu:

1. Mobile Legends: Bang Bang

Mobile Legends bukan termasuk game yang menuntut kemampuan hardware super kencang. Karena itu, tidak heran jika di OPPO A74 game ini bisa dimainkan dengan amat lancar. Setting grafisnya kami atur di High, dengan HD Mode aktif dan HFR atau High Frame Rate Mode aktif juga. Hasilnya? Memuaskan.

2. PUBG Mobile

Beralih ke game yang cenderung lebih berat, PUBG Mobile ternyata juga bisa dijalankan tanpa kendala berarti pada OPPO A74. Dengan catatan, Anda memilih pengaturan grafis dengan tepat. Kami mencoba Smooth-High, dan hasilnya benar-benar nyaman dimainkan. Secara umum frame rate terjaga dengan baik. Terkadang akan sedikit drop pada kondisi pertempuran yang ramai, tapi sama sekali tidak sampai mengganggu jalannya permainan. Anda tetap bisa berperang secara kompetitif.

 

3. Asphalt 9

Apshalt 9 bisa berjalan dengan setting grafis High di OPPO A74. Frame drop masih akan Anda temui pada adegan-adegan dengan visual yang ramai. Meski begitu, secara keseluruhan performanya cukup terjaga dengan baik.

4. Call of Duty Mobile

Kami lebih sering memainkan COD Mobile di mode-mode seperti Deathmatch dan Domination. Dengan tempo yang cepat dan menuntut respon tinggi ketika berpapasan dengan musuh, kinerja OPPO A74 tetap bisa diandalkan untuk memenangkan pertempuran. Setting grafisnya sendiri sesungguhnya bisa sampai High. Tapi demi menjaga frame rate di level yang kompetitif, kami lebih suka menggunakan setting Medium dengan frame rate High.

5. Genshin Impact

Sebenarnya kami agak pesimis saat akan mencoba memainkan game ini di OPPO A74. Ya, Genshin Impact memang dikenal sebagai salah satu game Android paling berat saat ini. Hasilnya ternyata sesuai dugaan. Di setting grafis paling rendah, OPPO A74 cukup kewalahan di setiap adegan pertempuran yang ramai. Cukup wajar untuk sebuah ponsel 3 jutaan.

Bukan cuma menjalankan judul-judul game populer, kami juga menilai performa gaming OPPO A74 dari hal lainnya seperti suhu dan responsivitas layar. Selama bermain dengan kisaran waktu 20-30 menit per sesi, menurut kami suhu OPPO A74 terjaga dengan baik. Tidak ada panas yang mengganggu kenyamanan menggenggam ponsel, apalagi throttling yang membuat kinerja tidak stabil. Semua terasa aman-aman saja.

Layar pada OPPO A74 pun cukup sensitif. Ketika jari melakukan sentuhan pada tombol virtual di layar, OPPO A71 akan langsung meresponnya dengan cepat. Intinya, kami tidak memiliki keluhan apa pun soal layarnya.

Cocok untuk gaming sehari-hari

Kesimpulannya, meski OPPO A74 bukan smartphone dengan performa paling kencang di kelas harganya, perangkat ini tetap ideal untuk menemani Anda bermain game sehari-hari. Hampir semua game populer bisa dijalankan dengan mulus. Selain itu, keberadaan fitur seperti Game Space, Focus Mode, teknologi Hyper Boost, sistem kontrol panas yang baik, layar yang cukup responsif, dan baterai yang tahan lama dengan kemampua charging cepat menjadi nilai plus yang patut Anda perhatikan.

OPPO A74 Gaming Test
Bukan yang paling kencang di kelasnya, tapi tetap bisa diandalkan untuk bermain game sehari-hari
7

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chipset
Fitur Gaming
Performa Gaming
Baterai
Final Score