Kelebihan dan Kekurangan OPPO Enco Buds

OPPO belum lama ini meluncurkan Enco Buds sebagai salah satu TWS termurahnya untuk pasar Indonesia. Meski harganya cukup terjangkau, OPPO Enco Buds memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya terlihat lebih menarik di antara sederet pesaingnya.

Kalau Anda berminat membeli OPPO Enco Buds dalam waktu dekat, berikut kami sajikan apa saja kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan OPPO Enco Buds

1. Ringan dan sangat nyaman di telinga

svg%3E

OPPO Enco Buds mengedepankan desain minimalis dan bentuk yang pas dengan kontur telinga. Perangkat ini juga sangat nyaman dipakai dalam durasi yang lama sekalipun. Sama sekali tidak membuat telinga sakit dan bahkan tidak terasa seperti sedang memakai earbud. Bukan cuma itu, Enco Buds punya rating IP54 yang artinya tahan percikan air atau keringat.

2. Pengoperasian amat mudah

Pengoperasian Enco Buds tergolong super mudah. Untuk mengaktifkannya Anda hanya perlu membuka casing dan Enco Buds langsung menyala dengan sendirinya. Setelah itu, cukup lakukan pairing ke smartphone.

3. Koneksi stabil

svg%3E

OPPO Enco Buds dibekali teknologi Bluetooth 5.2. Secara teori, chip Bluetooth 5.2 mampu menjaga koneksi yang lebih stabil. Hasilnya cukup memuaskan dan amat minim gangguan koneksi.

Selain itu, OPPO Enco Buds juga mengandalkan sistem transmisi Bluetooth secara bersamaan antara earbud kiri dan kanan yang disebut Binaural Bluetooth. Tidak seperti TWS murah yang biasanya membutuhkan relay dari earbud kiri ke earbud kanan atau sebaliknya.

4. Latensi rendah

Anda bisa mengaktifkan mode gaming di OPPO Enco Buds dengan cara mengetuk tiga kali. Ketika mode ini aktif, latensinya menjadi hanya 80ms saja. Termasuk rendah dan ideal untuk menonton film maupun bermain games.

5. Kualitas audio tergolong baik dengan bass bertenaga

OPPO Enco Buds mengandalkan dynamic driver 8 mm lengkap dengan dukungan codec AAC/SBC. Rentang respons frekuensinya antara 20 Hz – 20 kHZ, dengan sensitivitas driver 100,6 dB. Kualitas suaranya cukup bagus dan bass-nya pun bertenaga.

svg%3E

svg%3E

6. Kontrol sentuh bisa untuk mengatur volume

Sistem touch control pada OPPO Enco Buds juga memungkinkan untuk mengatur volume! Ketuk dan tahan pada earbud sebelah kanan untuk menaikkan volume, dan pada earbud kiri untuk menurunkan volume.

7. Baterai awet

OPPO Enco Buds mampu menemani Anda mendengarkan musik hingga 6 jam tanpa henti. Jika ditambahkan dengan baterai dalam casing, total durasi penggunaannya mencapai 24 jam.

Kekurangan OPPO Enco Buds

1. Tidak ada sensor yang mendeteksi otomatis ketika earbud dilepas/dipakai

Akan lebih menarik jika OPPO Enco Buds memiliki sensor pendeteksi ketika earbud dilepas atau dipakai. Dengan begitu, biasanya lagu otomatis akan terhenti ketika earbud tidak menempel di telinga, dan sebaliknya.

svg%3E

2. Paket penjualan tidak dilengkapi kabel charger

Ya, tidak ada kabel charger dalam paket penjualannya. Minor, tapi mungkin diperlukan oleh sebagian orang.

3. Separasi audio kurang oke

Meskipun kualitas suaranya masih tergolong bagus di kelas harganya, harus diakui separasi antar instrumen terdengar kurang jelas sehingga terkesan agak menumpuk.

4. Belum didukung ANC

Di kelas harganya, sudah ada TWS yang didukung ANC.

Verified by MonsterInsights