Mengenal Lebih Dekat Fitur Bokeh Sinematik pada Kamera OPPO Reno6

Seperti diketahui, seri Reno garapan OPPO selalu mengedepankan sektor fotografi dan videografi sebagai nilai jual utamanya. Untuk generasi terbarunya, Reno6, OPPO sudah menyiapkan fitur baru bernama Bokeh Flare Portrait Video.

OPPO sendiri sudah memperkenalkan Bokeh Flare Portrait Video di Indonesia beberapa waktu yang lalu. Kini, dalam acara temu pers yang digelar secara online, Senin (5/7), OPPO mencoba mengungkap lebih jauh seperti apa kecanggihan yang ditawarkannya.

Konsep fotografi komputasi

svg%3E

Profesor Marc Levoy dari Departemen Ilmu Komputer di Universitas Stanford memberikan ceramah teknis di The Society of Motion Picture and Television Engineers pada Juni 2011. Isinya adalah tentang visi Levoy untuk masa depan fotografi digital.

Menurut Levoy, alih-alih soal megapixel, batas berikutnya dari fotografi digital akan ditemukan dalam sebuah konsep yang disebut fotografi komputasi. Ramalan Levoy kini menjadi kenyataan. Konsep fotografi komputasi menyebabkan pertumbuhan pesat pada fotografi smartphone.

Menurut OPPO, fotografi komputasional memungkinkan produsen smartphone untuk memecahkan batasan hardware dengan memaksimalkan kemampuan algoritma kecerdasan buatan, dan komputasi yang diproses oleh prosesor khusus seperti ISP (Image Signaling Processor). Bagi yang belum tahu, ISP terdapat pada chipset.

“Batasan ini berhasil ditembus OPPO dengan menghasilkan komputasional tidak hanya dalam fotografi namun ke ranah videografi. Reno6, menjadikan seri smartphone pertama yang mencapai bokeh sinematik menggunakan teknik fotografi komputasi,” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

Sejarah fotografi komputasi di smartphone OPPO

OPPO bisa dibilang sudah lama menerapkan fotografi komputasional sebagai sarana untuk meningkatkan kinerja pencitraan pada smartphone. Contohnya di tahun 2014, saat OPPO memperkenalkan Ultra-HD Multi-Shot pada model Find7.

svg%3E

Teknologi ini memanfaatkan fotografi komputasional untuk menghadirkan sistem kamera smartphone yang mampu menghasilkan foto 50MP. Sebelumnya juga ada Ultra-Steady Video pada seri Reno2 yang rilis tahun 2019. Ultra-Steady Video merupakan keberhasilan OPPO dalam menerapkan fotografi komputasional untuk video.

Setelah itu ada AI Color Portrait pada seri Reno4, yang menandai fitur video kreatif pertama yang didukung oleh fotografi komputasi. Lalu pada seri Reno5, mode AI Highlight Video hadir untuk memudahkan setiap orang merekam video yang jernih bahkan dalam situasi pencahayaan yang tidak memungkinkan dilakukan dengan smartphone.

svg%3E

Fitur Bokeh Sinematik OPPO Reno6

svg%3E

Bokeh Flare Portrait mengusung konsep yang agak mirip dengan Night Flare Portrait. Bagi yang belum tahu, fitur ini menggabungkan efek bokeh dan algoritma Low Light HDR untuk menghasilkan foto artistik dengan menambahkan efek neon nan indah dengan latar belakang lampu.

Bedanya, Bokeh Flare Portrait ada OPPO Reno6 tidak hanya bisa digunakan untuk foto, tetapi juga untuk merekam video. Nantinya, teknologi tersebut secara otomatis akan menyajikan bokeh yang dinamis dan kaya warna pada video. Background terlihat menawan, namun subyek utama tetap tampak terang.

Lalu, bagaimana cara kerja fitur bokeh sinematik yang ditawarkan oleh OPPO Reno6? Saat pengguna menekan tombol Bokeh Flare Portrait Video, OPPO Reno6 mulai menggunakan AI deep learning untuk melakukan pemahaman frame-by-frame dari video, agar dapat membedakan secara akurat antara subjek video dan latar belakang.

svg%3E

Sistem ini dapat melakukan segmentasi subjek manusia dengan akurat dan real-time 360 derajat. Itu artinya, subjek dapat berputar tanpa harus khawatir efek bokeh terganggu. Selanjutnya, rendering pengoptimalan tingkat piksel dilakukan untuk subjek dan gambar latar belakang.

Pada subjek, pemrosesan warna dan kecerahan khusus dilakukan pada tingkatan piksel untuk mempertahankan warna asli gambar sambil mengoptimalkannya. Pada saat yang sama, teknik computational vision digunakan untuk memberikan efek blur pada latar belakang, peningkatan saturasi, dan penyesuaian warna pada lingkaran cahaya pada latar belakang.

Yang lebih menarik, OPPO mengklaim Reno6 memiliki kemampuan untuk mendekati jenis efek bokeh yang dicapai dengan lensa kamera aperture besar pada kamera DSLR, untuk meniru efek bokeh, ukuran, kecerahan, dan lingkaran bokeh pada setiap cahaya dalam video.

svg%3E

Jadwal rilis OPPO Reno6 di Indonesia

Menarik, ‘kan? Pertanyaannya, kapan OPPO Reno6 akan meluncur di Indonesia? Sayangnya OPPO belum mau mengumumkan tanggal resminya. Meski begitu, kabar terakhir membocorkan bahwa Reno6 bakal dirilis di Indonesia pada kuartal kedua 2021 ini.