Cara Mudah Konversi File HEIC ke JPG dari OPPO Find X3 Pro

Satu keunggulan yang dibawa OPPO Find X3 Pro adalah kemampuannya menampilkan dan menangkap visual dengan warna 10-bit yang mencapai 1 milyar warna. Di layar 10-bit, hasil foto dan video kamera Find X3 Pro memang amat mengagumkan. Dukungan 10-bit warna ini membuat warna-warni pada hasil fotonya terlihat lebih kaya dengan gradasi yang lebih halus dibandingkan hasil foto di smartphone lain.

Satu fitur yang dimiliki kamera OPPO Find X3 Pro adalah dukungan HEIF (High Efficiency Image File Format). Format file baru ini merupakan alternatif file .JPG dengan keunggulan di kompresi yang lebih efisien. Ini berarti foto yang sama akan memiliki ukuran file lebih kecil jika disimpan di dalam format .heic.

svg%3E

Namun ternyata ada satu hal yang patut diperhatikan pengguna sebelum menyimpan semua fotonya dalam format .heic ini. Tidak semua komputer bisa membaca format ini, bahkan pada saat codec HEIF telah terpasang di PC Windows 10. Ini menyebabkan Anda tidak bisa membuka file gambar di komputer.

Satu solusi mudah mengatasi hal ini adalah dengan mengonversi file dalam format .heic ke dalam format .JPG. Hal ini diperlukan jika Anda ingin mencetak foto atau mengirim gambar ke pengguna yang belum tentu bisa membuka file tersebut.

svg%3E

Untuk itu, kita akan menggunakan aplikasi gratis bernama CopyTrans HEIC for Windows. Aplikasi ini tidak hanya dapat mengubah format file .heic menjadi .JPG, tapi juga membuat aplikasi foto seperti IrfanView atau Fast Stone Image dapat melihat dan membuka file .heic.

Berikut cara mudah konversi file .heic ke .JPG di PC berbasis Windows 10.

  1. Unduh aplikasi gratis CopyTrans HEIC for Windows di tautan ini.
  2. Install aplikasi tersebut.
  3. Buka Windows Explorer atau aplikasi file manager
  4. Pilih file foto yang ingin diubah formatnya
  5. Klik kanan dan pilih opsi “Convert to  JPEG with CopyTrans”
  6. Temukan file hasil konversi di folder yang sama.

Mudah kan? Dengan kiat ini, Anda dapat menggunakan hasil foto .heic dari OPPO Find X3 Pro dengan lebih leluasa. Selamat mencoba!