Microsoft Perkenalkan Windows 11, Inilah Beberapa Fitur Terbarunya

Microsoft akhirnya secara resmi memperkenalkan sistem operasi terbarunya yang diberi nama Windows 11. Menurut Microsoft, OS ini akan mengalami beberapa perubahan dari seri user interface dengan desain yang lebih ideal untuk pengoperasian dengan kontrol sentuh.

Fitur Windows 11

svg%3E

Salah satu perubahan yang paling signifikan adalah letak tombol dan menu Start yang kini berada di tengah taskbar. Menu tersebut berfungsi seperti launcher untuk memudahkan pengguna mengakses beragam hal dari satu tempat.

Untuk menunjang produktivitas, Windows 11 dibekali fitur anyar bernama Snap Layout yang berguna untuk mengoptimalkan kebutuhan seperti membuka banyak aplikasi sekaligus, serta menambahkan layar eksternal. Cocok untuk yang gemar multitasking dengan membuka beberapa jendela aplikasi secara bersamaan.

svg%3E

Selain itu, Microsoft juga akan mengintegrasikan Teams langsung ke Windows 11 untuk memudahkan video call. Sementara untuk Widgets, pengguna bakal disuguhkan sajian beragam informasi seperti cuaca, berita terbaru, update pertandingan olahraga, dan masih banyak lagi. Widgets berbasis AI ini menampilkan konten dengan topik sesuai yang disukai penggunanya.

Pengguna juga dapat membuat Dekstop yang berbeda-beda untuk memisahkan antara kebutuhan bekerja, sekolah, ata bermain games. Nantinya, pengguna bisa berpindah dari tiap-tiap Desktop itu secara cepat.

svg%3E

Karena dirancang untuk lebih ramah terhadap perangkat dengan layar sentuh, Windows 11 secara otomatis akan mengubah icon dan menu agar lebih nyaman dioperasikan ketika pengguna beralih ke dari laptop ke tablet.

svg%3E

Gaming di Windows 11 akan mengedepankan teknologi Auto HDR yang secara otomatis meningkatkan kualitas warna serta mengimplementasikan HDR. Microsoft mengkalim ada lebih dari 1.000 games yang bakal menerima benefit tersebut. Ada pula dukungan DirectStorage yang memungkinkan waktu loading lebih cepat saat bermain game.

svg%3E

Yang tidak kalah menarik, Windows Store nantinya dapat menyediakan aplikasi Android melalui Amazon App Store. Pengguna bisa mengunduh aplikasi dari Amazon App Store, lalu menjalankannya di Windows 11. Salah satu aplikasi yang dipamerkan berjalan di Windows 11 adalah TikTok.

Jadwal rilis Windows 11

Kabar baiknya, Windows 11 akan menjadi upgrade gratis bagi para pengguna Windows 10. Microsoft berencana merilis sistem operasi terbarunya itu pada akhir tahun 2021 mendatang, dan akan berlanjut ke 2022. Penasaran? Kita tunggu saja!