Mengenal Colour Vision Enhancement, Fitur OPPO Find X3 Pro 5G Untuk Bantu Penderita Buta Warna

Masih dalam rangka menyambut kehadiran Find X3 Pro 5G di Indonesia, OPPO kembali memperkenalkan sebuah fitur menarik dari ponsel flagship terbarunya itu. Fitur yang dimaksud adalah Colour Vision Enhancement dan secara khusus ditujukan untuk memudahkan pengguna yang menderita buta warna.

Colour Vision Enhancement OPPO Find X3 Pro 5G

svg%3E

Dalam rilis pers yang diterima Yangcanggih, Senin (31/5), OPPO menjelaskan Colour Vision Enhancement dibuat untuk membantu semua pengguna OPPO dagar dapat melihat warna lebih baik. Apa yang mendasari OPPO mengembangkan fitur ini?

Berdasarkan riset, OPPO menemukan bahwa mayoritas pembeli smartphone OPPO dapat dibagi menjadi tiga kelompok, antara lain pembeli yang menderita lemah warna dan buta warna, pembeli dengan kemampuan penglihatan sedang, dan pembeli dengan penglihatan normal.

Data dari colourblindawareness.org menyebutkan, buta warna diderita oleh kurang lebih 1 dari 12 pria dan 1 dari 200 wanita di seluruh dunia, dan beberapa orang memiliki indera pengelihatan yang tidak sensitif terhadap warna-warna tertentu. Pengalaman seseorang saat mengamati lukisan, menyaksikan film, atau sekadar melihat gambar pada layar ponsel kemungkinan besar tidak akan sama dengan pengalaman orang lain.

svg%3E

OPPO mengklaim selalu menghadirkan layar ponsel yang dirancang untuk semua mata, dan pengguna dapat merasakan pengalaman maksimal terutama saat menggunakan ponsel flagship seperti Find X3 Pro 5G maupun Find X2 Pro. Pada Find X3 Pro 5G, ada dukungan 10-bit Full-path Color Management System dan True Billion Color Display serta Billion Colour Dual Primary Cameras untuk menampilkan foto dan video sesuai warna aslinya.

“OPPO memastikan hal tersebut juga dapat dinikmati oleh mereka yang memiliki keterbatasan dalam menangkap warna dan OPPO mengoptimalkan akurasi warna pada layar dan tampilannya sesuai dengen penglihatan orang yang menggunakan smartphone X3 Pro 5G,” kata Patrick Owen, Chief Creative Officer, OPPO Indonesia.

Teknologi layar OPPO Find X3 Pro 5G

Menurut OPPO, layar OLED OPPO Find X3 Pro dapat menampilkan satu miliar warna dan menghadirkan akurasi warna tinggi. OPPO menerapkan mode warna yang dikalibrasikan dan disesuaikan dengan penglihatan setiap penggunanya, bukan hanya sekadar mengikuti standar industri yang sudah ada.

svg%3E

Untuk menyempurnakan teknologi kalibrasi warnanya, OPPO melakukan banyak penelitian dan bekerja sama dengan Yaguchi dan Luo Ming, dua profesor ilmu warna dari Universitas Zhejiang. Tujuannya untuk memahami lebih dalam tentang karakteristik visual mata manusia dan bagaimana hal ini dapat diterapkan dalam smartphone yang menampilkan berbagai warna.

svg%3E

Metode yang digunakan adalah false colour image detection yang biasa diterapkan oleh para dokter untuk mendiagnosis buta warna dan Sistem Warna Munsell untuk menganalisis warna nada dengan mengelompokkan warna berdasarkan fundamental hue, value (“lightness”), dan chroma properties.

Mata memiliki jutaan reseptor cahaya yang disebut cone cell (sel kerucut) dengan tiga kelompok utama. Kerusakan sel kerucut gelombang panjang, sedang, atau pendek merupakan penyebab utama dari tiga buta warna: Deuteranomaly (merah-hijau), Protanomaly (merah-hijau) dan Tritanomaly (biru-kuning). Bisa jadi, bagi si penderita warna tomat merah akan terlihat seperti apel hijau.

svg%3E

OPPO mengklaim, algoritma warna pada Find X3 Pro mampu mengoreksi ketiga jenis kebutaan tersebut dengan mengganti tone warna pada tampilan smartphone sehingga mencapai kontras warna penuh menggunakan pilihan palet warna yang tersedia untuk para pengguna.

OPPO juga menghadirkan Colour Correction Solution Version 2.0, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan tes manual, menganalisis bagaimana melihat warna sehingga mendapatkan tampilan layar yang disesuaikan khusus dengan penglihatan masing-masing. Colour Correction Solution menghadirkan 765 profil tampilan yang bertujuan untuk memberikan pengalaman menonton film, bermain game, dan fotografi yang paling optimal.

svg%3E

Spesifikasi OPPO Find X3 Pro

Sekadar mengingatkan, OPPO Find X3 Pro datang dengan spesifikasi seperti LTPO AMOLED berukuran 6,7 inci QHD+ dengan refresh rate hingga 120Hz, dua kamera Sony IMX766 50 megapixel, kamera Microlens dengan pembesaran hingga 60x, chipset Qualcomm Snapdragon 888 5G, dan Space Age Design yang menawan. Harga? Tunggu saja peluncuran resminya di Indonesia!