Panasonic Lumix DC-GH5II: Kemampuan Rekam Video Semakin Mumpuni, Harga Jual Lebih Murah

Generasi kedua Lumix GH5 resmi diumumkan. Suksesor Lumix GH5 yang meluncur di pasaran tahun 2017 lalu ini membawa cukup banyak pembaruan fitur. Tapi, satu hal yang menarik harga jualnya kini juga lebih murah.

 

svg%3E

Spesifikasi Panasonic Lumix DC-GH5II

Desain keduanya masih mirip. Spesifikasi Panasonic Lumix DC-GH5II juga tetap mempertahankan sensor Micro Four Third (MFT) 20.3 megapixel. Bedanya, sensornya tersebut mendapat pembaruan dengan tambahan lapisan AR (Anti Reflective). Menurut Panasonic, lapisan tersebut berguna untuk meminimalkan efek kabur dan pantulan cahaya, sekalipun di kondisi latar subyek dengan pencahayaan sangat terang atau backlight.

Prosesor Venus Engine yang dibawanya juga diperbarui. Hasilnya, Panasonic Lumix DC-GH5II menawarkan kemampuan rekam video yang lebih baik jika dibandingkan generasi pertamanya. GH5II kini mendukung perekaman video dengan format DCI atau 4K UHD 10-bit 4:2:0 hingga 60p langsung ke kamera. Tidak perlu lagi menggunakan tambahan recorder eksternal seperti GH5.

svg%3E

 

svg%3E

Panasonic juga menambahkan dukungan perekaman video variable frame rate recording (VFR) di C4K/4K 60fps, Anamorphic di 50fps dan di resolusi Full HD 180fps. Opsi V-Log pun langsung tersedia dengan opsi CineLike D2 yang prioritasnya pada dynamic range dan Cinelike V2 dengan prioritas pada kontras. Sebelumnya, pengguna GH5 wajib merogoh kocek sekitar US$100 untuk menikmati fitur V-Log tersebut. Selain itu, untuk profil MonochromeS dan L.ClassicNeo kini juga mendukung untuk perekaman video Anamorphic.

Pembaruan lain kemudian merambat di fitur penstabil. Fitur penstabil GH5II telah ditingkatkan dengan kemampuan stabilisasi yang sama seperti Lumix G9 yakni hingga 6.5 stop. Fitur pensatbilnya juga mendukung fitur Dual IS 2 untuk kemampuan stabilisasi yang lebih optimal saat dipasangkan dengan lensa yang telah dilengkapi fitur penstabil.

 

svg%3E

Menjawab tren siaran langsung dan konferensi video, Panasonic Lumix DC-GH5II kini bisa mendukung siaran langsung lewat smartphone dan aplikasi Lumix Sync App. Jadi, lebih praktis tanpa perlu menggunakan PC. Selain itu, untuk isi ulang baterainya GH5II juga telah mendukung pengisian baterai lewat port USB.

Harga Panasonic Lumix DC-GH5II

GH5II akan tersedia di pasaran bulan Juli 2021 dengan harga US$1699 untuk bodi saja. Paket kit dengan lensa 12-60mm F2.8-4 harganya US$2299.

 

Verified by MonsterInsights