[Tips] Cara Menyembunyikan Jumlah Likes di Instagram

Instagram meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk memilih antara menampilkan atau menyembunyikan jumlah Likes pada postingan mereka. Dengan begitu, pengguna bisa memutuskan pengalaman seperti apa yang mereka inginkan di Instagram.

Mengurangi tekanan sosial

Dalam rilis pers yang diterima Yangcanggih, Kamis (27/5), Instagram telah melakukan uji coba untuk menyembunyikan jumlah Likes guna melihat apakah hal ini dapat mengurangi tekanan sosial yang dialami para penggunanya. Ternyata, berdasarkan masukan dari para pengguna dan ahli, sebagian pengguna menilai bahwa mereka merasakan manfaat ketika tidak melihat jumlah Likes.

Tentunya ada pula sebagian pengguna lainnya yang merasa tetap ingin melihat jumlah Likes di setiap unggahan, untuk mengetahui konten seperti apa yang tengah populer. Itulah mengapa Instagram memutuskan untuk menghadirkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk memilih sendiri antara menampilkan atau menyembunyikan jumlah Likes.

“Mulai hari ini, kami memberikan opsi kepada Anda untuk menyembunyikan semua jumlah likes pada postingan di timeline Feed Anda. Lebih dari itu, Anda juga bisa menentukan kapan Anda ingin menyembunyikan tampilan jumlah likes pada postingan tertentu sehingga pengguna lain tidak dapat melihat jumlah likes yang Anda dapatkan,” ujar Philip Chua, Kepala Kebijakan Publik, Instagram Asia Pasifik.

Cara Menyembunyikan Jumlah Likes di Instagram

Nah, jika Anda termasuk pengguna Instagram yang tidak ingin melihat jumlah Likes, langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Instagram di smartphone, lalu masuk ke Settings/Pengaturan.
  2. Pilih Privacy.
  3. Pilih Posts/Postingan.
  4. Aktifkan fitur Hide Like and View Counts/Sembunyikan Jumlah Suka dan Tayangan.
  5. Perlu diketahui bahwa pengaturan ini berlaku untuk seluruh postingan pada timeline di Feed Instagram Anda, sehingga Anda tidak akan melihat jumlah likes yang didapatkan pengguna lain.

Cara Menyembunyikan Jumlah Likes di Postingan Tertentu

Anda juga dapat memilih untuk menyembunyikan jumlah Likes sebelum memposting sebuah konten. Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan pengaturan ini, bahkan setelah memposting konten Anda. Caranya:

  1. Ketika akan mengunggah sebuah konten di feed, pilih Advanced Settings di halaman New Post tempat Anda menulis caption. Posisinya berada paling bawah.
  2. Aktifkan fitur Hide Like and View Count/Sembunyikan Jumlah Suka.
  3. Jika Anda ingin menyembunyikan Likes pada konten yang sudah diunggah sebelumnya: pilih tanda tiga titik vertikal di pojok kanan atas, lalu pilih Hide Like Count/Sembunyikan Jumlah Suka.

Bagaimana? Mudah, ‘kan? Semoga bermanfaat!

Your email address will not be published.