Cara Mendapatkan Centang Biru di Twitter

Twitter mengumumkan penerapan proses baru untuk permintaan verifikasi akun, termasuk peninjauan proses aplikasi publik untuk mendapatkan centang biru. Dengan kebijakan baru ini, Twitter secara otomatis akan menghapus lencana verifikasi dari akun yang sudah tidak lagi memenuhi kriteria, misalnya akun yang tidak aktif atau informasinya kurang lengkap.

Akun yang berhak mendapatkan centang biru Twitter

svg%3E
foto: abcnews.com

 

Seperti diketahui, lencana verifikasi atau centang biru merupakan salah satu cara Twitter untuk memudahkan pengguna mengenali keaslian sebuah akun yang diminati publik. Dengan begitu, pengguna dapat menentukan kredibilitas akun tersebut.

Dalam rilis persnya, Twitter menjelaskan bahwa panduan verifikasi terbaru ini bertujuan untuk mendorong percakapan yang lebih sehat di Twitter. Semua akun, termasuk akun terverifikasi, harus mematuhi Peraturan Twitter. Akun terverifikasi yang berulang kali melanggar Peraturan Twitter akan menghadapi kemungkinan penghapusan lencana biru mereka.

Beberapa kriteria akun yang berhak mendapatkan lencana verifikasi atau centang biru di Twitter antara lain Pemerintah, Perusahaan/merek dagang/organisasi, Organisasi berita dan jurnalis, Dunia hiburan, Olahraga dan Gaming, serta Aktivis/penyelenggara acara/individu berpengaruh lainnya.

Cara mendapatkan centang biru di Twitter

svg%3E

Selain kelayakan berdasarkan kriteria, akun tersebut juga harus melengkapi hal-hal seperti nama tampilan, foto profil, dan alamat email atau nomor ponsel yang terverifikasi. Akun Twitter-nya juga harus aktif dalam enam bulan terakhir dan memiliki catatan kepatuhan terhadap Peraturan Twitter.

Dalam beberapa minggu ke depan, semua orang di Twitter akan mulai melihat proses aplikasi verifikasi yang baru langsung di tab Pengaturan Akun. Twitter akan meluncurkannya secara bertahap kepada semua orang untuk memastikan, bahwa mereka dapat meninjau aplikasi dengan tepat waktu.

Berikut langkah-langkah proses aplikasi lencana verifikasi Twitter:

  1. Ajukan permohonan verifikasi yang bisa diakses melalui tab Pengaturan Akun.
  2. Tunggu tanggapan melalui email dalam beberapa hari atau beberapa minggu, tergantung jumlah antrean permohonan.
  3. Jika permohonan disetujui, Anda akan melihat lencana terverifikasi biru secara otomatis di profil Twitter Anda.
  4. Sebaliknya, jika permohonan ditolak, Anda dapat mengajukan permohonan ulang 30 hari setelah menerima keputusan Twitter.

Bagaimana? Mudah, ‘kan? Selanjutnya Twitter juga berencana untuk memperkenalkan lebih banyak kategori verifikasi di akhir tahun 2021, seperti untuk ilmuwan, akademisi, dan pemuka agama.

Verified by MonsterInsights