[Gadget Guide] OPPO A74 dan OPPO A54, Pilih Mana?

Menjelang Lebaran 2021, OPPO Indonesia menghadirkan sederet smartphone baru di kelas menengah. Sebut saja OPPO A74, OPPO A74 5G, dan OPPO A54. Dengan penawarkan yang bisa dibilang cukup menarik di kisaran harganya, masing-masing perangkat ini memiliki keunggulannya tersedia.

Nah, untuk Anda yang berencana membeli smartphone baru untuk Lebaran, namun masih bimbang antara OPPO A74 atau OPPO A54, berikut kami sajikan panduan singkat untuk memilih mana yang lebih cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Perlu digarisbawahi, OPPO A74 yang akan kami bahas di sini adalah yang versi 4G, bukan 5G, karena OPPO A74 5G hanya dijual eksklusif secara online.

1. Butuh ponsel yang tangguh?

Kalau Anda adalah tipe pengguna yang mungkin agar ceroboh saat mengoperasikan ponsel, OPPO A54 bisa jadi pilihan yang lebih ideal. Pasalnya, smartphone ini punya bodi yang cukup tangguh dengan struktur desain yang kokoh. Rangka tengahnya setebal 0,2mm dan memiliki bingkai aluminium. OPPO juga melakukan optimalisasi dengan meletakkan sebuah pelat logam tipis pada bagian penutup depan.

Perangkat ini lulus menjalani 6 (enam) tes utama termasuk uji jatuh, ketahanan terhadap air, radiasi, iklim, slight drop test, dan kekuatan sinyal. Perangkat ini juga melewati 50+ kontrol proses produksi, 130+ uji keandalan yang sangat ketat, dan 320+ uji eksperimental.

Bahkan, ada pula sertifikasi IPX4 yang artinya tahan air terhadap percikan air. OPPO melakukan rain of pipe-swing test selama 10 menit dan setelah 72 jam tidak terjadi kegagalan fungsi, sehingga perangkat ini telah memenuhi persyaratan tahan air standar IPX4.

2. OPPO A74 lebih ramping

Untuk Anda yang selalu menjadikan dimensi ponsel sebagai pertimbangan utama, OPPO A74 menawarkan bodi yang lebih ramping, tipis, ringan, dan pastinya asyik untuk digenggam maupun dimasukkan ke dalam saku celana.

OPPO A74 punya dimensi 160.3 x 73.8 mm, dengan ketebalan 7,95mm dan bobot hanya 175 gram saja. Sementara OPPO A54 ketebalannya 8,4mm dengan bobot 192 gram. Jadi kalau Anda suka yang lebih ripis dan ringan, OPPO A74 jawabannya.

3. Layar AMOLED dan in-display fingerprint sensor

Soal layar, kedua smartphone ini punya ukuran yang tidak jauh berbeda. OPPO A74 6,43 inci, sementara OPPO A54 6,51 inci. Meski begitu, OPPO menggunakan panel AMOLED Full HD+ pada seri A74 dan LCD dengan resolusi HD+ pada A54. Di atas kertas, layar A74 lebih tajam dan lebih memanjakan mata.

Penggunaan layar AMOLED juga memungkinkan OPPO A74 membenamkan sensor sidik jari di dalam layar (in-display fingerprint). Sedangkan OPPO A54 menanamakan sensor di samping. Jadi kalau menurut Anda layar AMOLED serta sensor sidik jari dalam layar sifatnya penting, maka pilihlah OPPO A74.

Namun perlu diingat, dengan harga yang jauh lebih murah OPPO A54 memiliki layar sedikit lebih besar dengan kualitas gambar yang juga tetap oke untuk menunjang pemakaian sehari-hari. Untuk kebutuhan seperti sekolah online, WFH, menonton film, atau untuk orang tua, layar OPPO A54 bisa diandalkan.

4. Gemar bermain game?

Jika Anda adalah seorang gamer yang gemar memainkan judul-judul populer seperti Mobile Legends, Arena of Valor, atau PUBG Mobile, maka OPPO A74 dengan chipset Qualcomm Snapdragon 662 adalah opsi yang lebih menarik. Dipadukan dengan RAM 6 GB LPDDR4X, judul-judul di atas bisa dijalankan dengan lancar tanpa kendala di pengaturan grafis tertentu.

Namun tidak semua orang butuh ponsel untuk main game. Untuk kebutuhan komunikasi, bekerja, belajar, dan hiburan, OPPO A54 punya performa yang mencukupi. Bahkan untuk gaming ringan pun masih bisa, termasuk Mobile Legends, Free Fire, atau PUBG Mobile. Asalkan, pengaturan grafisnya lebih disesuaikan.

5. Baterai sama besar, beda teknologi fast charging

Baik A74 maupun A54 sama-sama dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh. Keduanya mampu memberikan daya tahan ekstra untuk pemakaian hingga seharian penuh atau bahkan sampai 2 hari. Tapi dengan hardware yang kebutuhan dayanya tidak terlalu besar, secara teori OPPO A54 akan lebih hemat daya dan diklaim mampu melakukan streaming video online selama 19,9 jam tanpa henti.

Soal teknologi fast charging, OPPO A74 lebih menggiurkan karena didukung 33W Flash Charge yang mampu mengisi hingga 100 persen hanya dalam waktu 72 menit saja. Sedangkan OPPO A54 mengandalkan 18W fast charging. Nah, tinggal sesuaikan mana yang paling cocok dengan kebutuhan serta gaya pemakaian Anda.

6. Perbandingan konfigurasi kamera

Dengan harga yang lebih mahal, tidak heran jika konfigurasi kamera OPPO A74 lebih mewah dibanding A54. Anda akan menemukan kamera utama 48 MP f/1.7, kamera makro 2 MP, depth sensor 2 MP, serta kamera selfie 16 MP. Night Mode? Ada untuk memudahkan Anda memotret di kondisi minim cahaya.

Tapi yang perlu diketahui, kamera OPPO A54 juga masih ideal untuk mengabadikan momen sehari-hari dan mengunggahnya ke media sosial. Kamera utamanya 13 MP dan didukung kamera makro 2 MP serta kamera bokeh 2 MP. Untuk selfie, 16 MP di depan.

Kesimpulannya, apabila Anda termasuk orang yang sangat mempertimbangkan sektor kamera dan tidak keberatan untuk mengeluarkan dana lebih besar, maka OPPO A74 jawabannya. Tapi jika Anda butuh kamera hanya untuk sekadar update Instagram, foto-foto bersama anak, atau video call/Zoom, tidak ada salahnya memilih OPPO A54 yang jauh lebih terjangkau.

7. OPPO A54 punya teknologi Oswap

Ini yang menarik, OPPO membekali A54 dengan teknologi bernama Oswap yang merupakan kombinasi Z-RAM dan landswap speeding technologies. Dengan melakukan kompresi RAM ke EMC,atau memanfaatkan kemampuan ROM, teknologi ini dapat memanfaatkan ruang penyimpanan yang tersedia untuk meningkatkan kecepatan sistem.

Dengan cara ini, RAM 4 GB dapat bekerja layaknya RAM 6 GB. Hasilnya adalah handphone yang lebih murah dengan RAM yang tetap terasa besar! Sedikit membahas storage, baik OPPO A54 maupun A74 sama-sama memiliki ruang penyimpanan internal 128 GB.

OPPO A54

Harga OPPO A74 dan OPPO A54

Itulah panduan singkat untuk memilih antara OPPO A54 atau OPPO A74. Jika Anda memutuskan akan meminang OPPO A54, ponsel ini dijual dengan harga mulai dari Rp2.499.000, serta opsi warna Starry Blue dan Crystal Black. Anda bisa menyimak review lengkap OPPO A54 di tautan berikut ini. Sementara OPPO A74 harganya Rp3.499.000 dengan opsi warna Prism Black dan Midnight Blue.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lain