Rode Connect: Software Penghubung 4 Mikrofon di Satu PC, Cocok untuk Podcast

Rode dikenal sebagai brand yang sering meluncurkan sederet produk perekaman audio kelas profesional. Mikrofon garapan Rode menjadi salah satu yang terpopuler di kalangan pencipta konten baik itu streaming, vlogging, atau podcast.

Kali ini Rode meluncurkan produk baru yang menarik. Bukan Mikrofon atau perangkat audio lainnya, melain sebuah aplikasi bernama Rode Connect yang cocok digunakan oleh para podcaster maupun streamer. Seperti apa kecanggihannya?

Fitur Rode Connect

svg%3E

Rode Connect merupakan software yang bisa diunduh secara gratis. Meski begitu, software ini dijanjikan punya kemampuan yang amat baik, karena memungkinkan penggunanya untuk menghubungkan hingga 4 Mikrofon sekaligus ke satu komputer atau PC.

Mic yang dimaksud di sini secara spesifik adalah Rode NT-USB Mini. Yang membuatnya Rode Connect semakin menarik, untuk menghubungkan hingga 4 mic NT-USB Mini ke satu PC, pengguna tidak membutuhkan alat eksternal tambahan. Tentunya PC yang dipakai setidaknya memiliki 4 port USB.

svg%3E

svg%3E

Setelah microphone terhubung dengan software Rode Connect, pengguna bisa mengutak-atik pengaturan dari masing-masing mic, misalnya menambahkan compressor, noise gate, mengatur volume, dan sebagainya. Seperti memiliki software untuk mixing sekaligus.

Bukan cuma itu, para podcaster juga dapat mengundang orang lain untuk bergabung ke dalam podcast secara virtual, misalnya lewat Skype atau Zoom. Nantinya akan ada channel virtual yang secara khusus merekam audio dari orang yang terhubung secara online.

svg%3E

Bisa menggunakan mic lain?

Untuk saat ini, Rode mengumumkan bahwa software Rode Connect hanya kompatibel dengan microphone Rode NT-USB Mini. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan di masa depan Rode akan memperluas kompatibilitasnya agar pengguna mic Rode seri lain juga bisa ikut menikmati software tersebut.

Bagi yang berminat mencoba Rode Connect, langsung saja unduh secara gratis di tautan berikut ini.