Review Kamera Realme 8 Pro

Lebih dari Sekedar Spesifikasi, Sarat dengan Fitur Baru

8.3
Inovatif

Hari ini realme 8 Pro resmi diluncurkan di Indonesia. Satu keunggulan yang ditawarkan realme 8 pro adalah kameranya yang mampu merekam 108 megapixel dengan sensor gambar baru Samsung ISOCELL HM2 generasi ketiga.

Namun setelah kami mencobanya beberapa saat, ternyata ada beberapa keunggulan lain yang ditawarkan kamera realme 8 Pro.

Spesifikasi Kamera realme 8 Pro

Sekilas memang tidak ada yang benar-benar baru dari spesifikasi kamera realme 8 Pro. Selain kamera utama 108 megapixel, realme 8 Pro juga punya kamera ultra lebar 8 megapixel, kamera portrait hitam putih 2 megapixel dan kamera macro 2 megapixel. Sedangkan di depan, ada kamera portrait selfie 16 megapixel.

Tapi ternyata cukup banyak fitur baru yang diperkenalkan oleh realme 8 Pro.

Kita bahas dulu dari sisi sensor. Sensor Samsung ISOCELL HM2  yang baru ini memiliki teknologi isolasi pixel ISOCELL Plus yang bermanfaat. Keunggulan teknologi ini adalah pada peningkatan akurasi warna di hasil foto dan sensitivitas cahaya yang lebih baik.

Realme 8 Pro telah dilengkapi in-sensor zoom 3x untuk memaksimalkan sensor besarnya. Jadi realme 8 pro dapat mengambil foto zoom 12 megapixel dari sensor 108 megapixel, yang kemudian dipertajam.

Selain itu, juga ada fitur Smart ISO. Ini berarti realme 8 pro akan dapat menentukan ISO yang terbaik menurut kondisi cahaya saat memotret. Kemudian ada juga fitur pixel binning 9-in-1. Fitur ini menggabungkan pixel menjadi lebih besar ukurannya untuk menghasilkan foto malam hari yang lebih baik. Ini juga berarti resolusi hasil akhir foto akan menurun menjadi 12 megapixel.

Dari pengujian, respons realme 8 Pro saat digunakan memotret dan merekam video juga cukup gegas. Tidak terasa sendatan yang berarti saat kami mencoba berbagai mode foto dan videonya. Tatanan menu kamera juga masih konsisten dengan UI kamera ponsel realme sebelumnya. Jadi akan sangat mudah dioperasikan mereka yang pernah menggunakan ponsel realme atau OPPO keluaran 2 tahun terakhir, tapi masih tetap mudah dimengerti bagi pengguna ponsel merk lain dengan UI berbeda.

Hasil Foto realme 8 Pro

Spesifikasi di atas kertas memang menjanjikan, tapi bagaimana dengan hasil fotonya di dunia nyata?

Saat kondisi cahaya ideal, kamera utama realme 8 Pro mampu menghasilkan foto yang tajam dengan saturasi warna tinggi. Warna primer seperti merah dan hijau akan tertangkap lebih dalam.

Jika tidak ingin mencetak ukuran besar, dalam hitungan meter, Anda tidak perlu menggunakan mode 108 megapixel yang ukuran filenya lebih besar dan tidak memberikan peningkatan detil yang kentara di layar kecil.

Untuk kualitas foto dari kamera ultra lebarnya juga bagus di kondisi cahaya berlimpah. Memang belum setajam kamera utama, tapi cukup memuaskan jika dinikmati di layar. Berikut hasil foto realme 8 Pro tanpa editing.

108 megapixel
108 megapixel

IMG20210329145223

IMG20210329145532

IMG20210329212314

IMG20210329170438

Beralih ke malam hari, realme 8 Pro punya beberapa fitur fotografi dan videografi baru. Ada fitur Super Nightscape yang ditenagai AI untuk mengurangi noise secara lebih akurat. Yang menarik, Anda bisa bisa mengatur setting fotografi secara manual di mode ini seperti Expert Mode. Anda bisa mengatur setting ISO, shutter speed dan white balance.

Hanya saja, biasanya shutter speed akan sangat melambat sehingga Anda akan butuh tripod atau penyangga untuk hasil terbaik. Tapi hasil foto akhirnya amat mengesankan. Noise masih ada, tapi relatif minim dan tidak mengganggu jika foto hanya sekedar dilihat di layar.

Berikut beberapa hasil foto malam hari realme 8 Pro tanpa penyuntingan.

Ultra Nightscape AI realme 8 pro

Ultra Nightscape Pro (manual)

Ultra Nightscape AI realme 8 pro

ultra wide
realme 8 pro ultra wide

Ketangguhan kamera realme 8 Pro di malam hari tetap berlanjut dengan adanya Starry Mode untuk membuat foto bintang di malam hari.

Jadi saat memotret dalam Starry Mode, realme 8 Pro mengambil 16 foto individual setiap 15 detik selama 4 menit, lalu algoritme menggabungkannya menjadi gambar akhir. Sayangnya, hal itu sulit dilakukan di kota besar seperti Jakarta yang masih terlalu terang saat malam hari.

Fitur fotografi baru yang menarik lainnya adalah Tilt and shift. Mode Tilt-shift ini dapat menciptakan foto dunia nyata menjadi seperti dunia miniatur. Di Mode Tilt-shift ini, Anda bisa menyesuaikan bentuk, sudut, posisi, dan ukuran efek blur secara manual agar hasilnya sesuai keinginan.

Seperti contoh berikut ini, kami mengambil foto dari gedung tinggi dan mengatur bagian mana yang fokus dan bagian mana yang blur untuk menyajikan efek kota miniatur.

tilt & shift zoom

Hasilnya memang mengagumkan, tapi mode ini memang cukup terbatas kegunaannya mengingat Anda wajib memotret dari tempat yang cukup tinggi dan pengaturan area fokus dan blur juga harus tepat.

Tidak cuma foto, mode tilt-shift juga mendukung perekaman video time-lapse dengan pemutaran 10x, untuk menciptakan video dunia miniatur yang unik.

Kamera realme 8 Pro juga jagoan untuk soal foto Portrait. Ada beberapa mode yang bisa menghasilkan foto portrait yang menarik hati.

Pertama, ada AI Color Portrait yang hanya menjaga warna subyek yang difoto dan membuat latar serta obyek di sekelilingnya menjadi hitam putih. Perlu dicatat, mode ini hanya efektif bekerja pada subyek manusia yang berhasil dideteksi wajahnya. Kemudian ada Neon Portrait yang membantu menciptakan bokeh membulat lampu-lampu di latar saat malam hari.

Dan yang terbaru, adalah Dynamic Bokeh. Dengan mode ini, Anda bisa menciptakan efek bokeh dinamis yang memberikan kesan seolah-olah latar bergerak sangat cepat. Fitur ini cocok sekali menggantikan efek panning.

Berikut contoh foto realme 8 Pro dalam mode Portrait.

Neon Portrait
Neon Portrait

Dynamic Bokeh
Dynamic Bokeh

AI Color Portrait
AI Color Portrait

 

Hasil video realme 8 Pro

Merekam video di malam hari juga akan lebih mudah dengan fitur Ultra Nightscape video. Mode ini akan menghasilkan video malam hari yang jauh lebih terang dan jernih dibandingkan mode video biasa. Yang perlu dicermati, pastikan tangan stabil dan tidak goyang terlalu banyak agar hasil video maksimal. Ini mengingat shutter speed pada mode ini cukup lambat.

Berikut hasil video AI Ultra Nightscape.

AI Nightscape Video realme 8 pro

Masih seputar bintang di langit, realme 8 Pro juga menjadi ponsel pertama di dunia yang punya fitur video Starry Time-Lapse.

Dalam mode ini, smartphone akan mengambil foto berbintang pada interval 15 detik, tetapi hanya menyimpan 15 foto terakhir untuk membuat gambar berbintang, dan akhirnya menggabungkan foto-foto ini menjadi video time-lapse dengan kecepatan 30fps.

Bagi vlogger atau kamu yang ingin menciptakan video keren, realme 8 pro juga punya fitur videografi yang tidak kalah kerennya. Selain bisa merekam video 4K 30 fps, kamera utama realme juga bisa merekam video Full HD 60fps. Juga terdapat penyetabil video yang cukup efektif jika gerakan tangan tidak berlebihan. Penggemar video slow motion juga bisa merekam video Full HD hingga 480fps dan video HD 720p hingga 960 fps.

Hasil videonya amat baik di kondisi cahaya ideal dan masih cukup memadai di kondisi malam hari. Berikut hasil video realme 8 Pro tanpa penyuntingan.

Full HD video realme 8 pro

Ultra Steady
Ultra Steady realme 8 pro

Ultra Steady Max

Ultra Steady MAX realme 8 pro

Satu fitur video menarik yang akan cocok bagi vlogger adalah Dual-view Video. Mode ini akan merekam video langsung dari kamera depan dan belakang secara bersamaan seperti contoh berikut ini.

 

Buat yang doyan foto selfie atau video selfie, kamera depan realme 8 pro dengan sensor Sony IMX471 juga layak diandalkan.

Selain fitur AI Beauty, juga ada Super Nightscape dan HDR untuk membuat foto selfie cetar di kondisi minim cahaya atau kondisi cahaya kontras tinggi. Hasil foto selfie dan video selfie di kondisi minim cahaya amat baik, dengan saturasi warna yang cukup tinggi seperti terlihat berikut ini.

selfie grup

IMG20210329182059

Night selfie

 

Lebih dari sekedar spesifikasi

Realme 8 Pro menjadi contoh yang baik betapa waktu 6 bulan (sejak realme 7 Pro diluncurkan) membawa perbedaan yang cukup signifikan dari sisi software.

Selain menyajikan hasil foto yang memukau, terutama di malam hari, realme 8 Pro juga memberikan peningkatan signifikan di sisi video. Fitur Dual-View Video dan Ultra Nightscape video memberikan perbedaan yang signifikan dengan kamera realme 7 Pro yang baru dirilis sekitar 6 bulan lalu.

Dengan hasil foto dan video yang sama-sama menggugah hati, maka tidak heran jika kami merekomendasikan realme 8 Pro bagi kamu yang suka foto-foto di siang maupun malam hari, serta ingin menciptakan konten video keren dan unik.

 

Kelebihan kamera realme 8 Pro

  • Kualitas foto amat baik untuk ponsel seharganya
  • Hasil rekaman video amat baik
  • Fitur Ultra Nightscape efektif untuk foto dan video malam hari
  • Dual-view Video yang cocok untuk vlogging
  • Image Stabilization terbukti efektif saat merekam video sambil bergerak
  • Suara yang ditangkap saat merekam video termasuk jernih
  • UI kamera responsif dan mudah digunakan

Kekurangan kamera realme 8 Pro

  • Kamera ultra lebar masih kurang oke di kondisi minim cahaya
  • Beberapa mode pemotretan hanya efektif di kondisi khusus
  • Mode Ultra Nightscape sering membutuhkan tripod atau penyangga untuk hasil terbaik
  • Mode 108 megapixel hanya berguna bagi Anda yang ingin mencetak foto sangat besar

Catatan tambahan:

Dibandingkan dengan kamera realme 7 Pro

Hasil foto realme 7 Pro dan realme 8 Pro memang tidak berbeda jauh. Tapi urusan fitur foto dan video, realme 8 Pro jauh lebih lengkap.

realme 8 Pro untuk Vlogger, YouTuber dan Tiktokers

Dengan kualitas dan fitur video yang unik dan menarik, realme 8 Pro akan cocok digunakan untuk menciptakan konten. Fitur Ultra Steady, AI Nightscape video dan Dual-view video akan berguna untuk menciptakan video yang lebih menarik. Mereka juga bisa menyunting video dengan cepat menggunakan aplikasi SoLoop yang sudah terpasang di realme 8 Pro.

realme 8 Pro untuk pelajar

Pelajar SD, SMP, dan SMA akan terbantu dengan kualitas foto dan video yang dimiliki kamera realme 8 Pro. Dipasangkan pada tripod, realme 8 Pro akan dapat membantu siswa menyelesaikan tugas dengan cepat. Jika butuh merekam video sambil bergerak, siswa juga bisa mengaktifkan mode Ultra Steady dan Ultra Steady Max. Tugas story telling juga dapat dipenuhi dengan lebih baik, menggunakan Dual-View Video.

realme 8 Pro untuk penggemar fotografi

Bagi fotografer pemula yang suka memotret dengan ponsel, UI realme 8 Pro yang sederhana akan membuat mereka lebih fokus membuat foto keren. Namun pengguna yang lebih mahir akan menghargai beberapa fitur menarik realme 8 Pro yang belum tentu dimiliki ponsel lain di kelasnya, seperti Tilt & Shift, Nightscape Pro, Expert Mode dan Starry Mode.

 

 

 

 

Kamera inovatif
Realme 8 Pro menjadi contoh yang baik betapa waktu 6 bulan (sejak realme 7 Pro diluncurkan) membawa perbedaan yang cukup signifikan dari sisi software.Selain menyajikan hasil foto yang memukau, terutama di malam hari, realme 8 Pro juga memberikan peningkatan signifikan di sisi video. Fitur Dual-View Video dan Ultra Nightscape video memberikan perbedaan yang signifikan dengan kamera realme 7 Pro yang baru dirilis sekitar 6 bulan lalu.Dengan hasil foto dan video yang sama-sama menggugah hati, maka tidak heran jika kami merekomendasikan realme 8 Pro bagi kamu yang suka foto-foto di siang maupun malam hari, serta ingin menciptakan konten video keren dan unik.
Fitur
9
Performa
7.5
Hasil Video
8
Hasil Foto
8.5
Harga
8.5
8.3
Inovatif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fitur
Performa
Hasil Video
Hasil Foto
Harga
Final Score

Artikel lain