Review Acer Aspire 5 Magical Color (A514-53)

Laptop untuk yang Ingin Tampil Beda

7.4
Cek Harga

Seperti diketahui Acer memiliki lini produk yang amat banyak untuk segmen laptop di pasar Indonesia. Dari sederet produk andalannya, Aspire 5 Magical Color mungkin bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin tampil berbeda. Pasalnya, sesuai namanya laptop ini punya warna yang unik.

Penasaran seperti apa keunggulan dari Acer Aspire 5 Magical Color? Yuk, langsung saja simak ulasannya!

Warna gradasi yang menawan

Saya yakin hal pertama yang akan membuat Anda melirik Acer Aspire 5 Magical Color adalah tampilan eksteriornya. Dari segi desain memang tidak ada yang terobosan jika dibandingkan dengan laptop pada umumnya, atau khususnya di keluarga Acer Aspire. Yang membuatnya berbeda adalah finishing warnanya.

Acer Aspire 5 Magical Color mengusung warna gradasi yang akan terlihat berubah-ubah tergantung dari sudut pandang Anda dan arah datangnya cahaya. Terkadang laptop ini tampak berwarna biru, tapi bisa juga terlihat keunguan atau agak kemerahan, dan sesekali tampak abu-abu gelap yang misterius.

Sajian warna seperti itu diharapkan mampu menggaet hati anak muda yang ingin tampil gaya dengan menenteng laptop dengan warna yang tidak pasaran. Apalagi warna gradasi ini membalut nyaris seluruh bodi dari Aspire 5 Magical Color, bahkan pada area di sekitar keyboard.

Acer memasangkan engsel yang membuat laptop tersebut bisa dibuka hingga 180 derajat. Ketebalannya sekitar 17mm dengan berat sekitar 1,45 kilogram. Masih amat ideal untuk dibawa bepergian dan tergolong cukup tipis di kelasnya. Cocok untuk Anda yang aktivitasnya selalu mobile.

Untuk layar, Aspire 5 Magical Color menggunakan LED berukuran 14 inci dengan resolusi 1366 x 768 pixel. Layar tersebut sudah mengadopsi lapisan anti-glare yang diberi nama ComfyView (Matte), agar tidak reflektif terutama jika Anda berada di tempat dengan cahaya yang terang.

Tepat di bawah layar Anda akan menemukan keyboard FineTip dengan touchpad berukuran cukup besar yang mendukung multi-touch. Keyboard-nya sendiri menurut saya tidak terlalu istimewa dan feedback-nya kurang enak saat ditekan. Butuh adaptasi ekstra untuk bisa terbiasa dan dapat mengetik dengan nyaman.

Lubang speaker ada di sebelah bawah (kiri dan kanan) dengan posisi yang agak melengkung sehingga tidak tertutup ketika laptop diletakkan di bidang datar. Sedangkan lubang udara untuk membuang panas ada di bawah layar dan untuk udara yang masuk berada di bawah.

Konektivitas

Acer Aspire 5 Magical Color memiliki port yang menurut saya sudah lumayan lengkap, antara lain port LAN, HDMI, 2x USB Type-A 3.2 Gen 1, dan satu USB Type-C pada sisi sebelah kiri. Sementara di sebelah kanan, ada kensington lock, USB 2.0, dan audio jack combo. Card reader? Sayangnya tidak ada.

Untuk konektivitas nirkabel Acer Aspire 5 Magical Color telah didukung teknologi WiFiax dan Bluetooth 5.0. Selain itu, laptop ini juga memiliki Exo Amp Antenna dengan cakupan 360 derajat sehingga lebih baik ketika menangkap sinyal.

Performa oke untuk kebutuhan belajar dan bekerja

Laptop dengan sistem operasi Windows 10 Home 64-bit ini dipersenjatai prosesor Intel Core i3-1005G1 (4M Cache, up to 3.40 GHz), ditemani GPU Intel UHD Graphics dan SDRAM DDR4 4 GB. Kombinasi yang standar di kelas harganya, tapi terlihat cukup menggiurkan karena didukung storage 512 GB Optane SSD.

Ketika dipakai untuk bekerja sehari-hari, Acer Aspire 5 Magical Color mampu memberikan performa yang cukup gesit. Dengan catatan, beban pekerjaannya tidak membutuhkan komputasi terlalu berat. Editing foto dan video ringan pun masih memungkinkan.

Storage kencang yang dibenamkan oleh Acer menurut saya menjadi nilai plus. Proses booting Windows dan membuka aplikasi terasa cepat dan responsif. Secara teori laptop ini ideal untuk Anda yang membutuhkan perangkat untuk meningkatkan produktivitas. SSD Optane sendiri dibekali teknologi cerdas untuk mempercepat akses dokumen, gambar, video, dan aplikasi yang sering digunakan.

Gaming? Bisa, asalkan game yang dimainkan tidak berat. Dota 2 dapat dijalankan dengan frame rate yang cukup playable, meski agak sulit untuk stabil di sekitar 60 fps apalagi di scene yang ramai. Sementara Counter Strike: Global Offensive bisa nyaman dimainkan dengan frame rate di atas 60 fps. Saran saya, upgrade RAM menjadi dual-channel 8 GB untuk memaksimalkan performa laptop ini.

Sedikit catatan, ketika diajak untuk mengerjakan tugas yang menuntut komputasi berat, kipas pada Acer Aspire 5 Magical Color terdengar lumayan berisik. Masih bisa dimaklumi, yang penting suhunya stabil dan tidak mengganggu performa.

Lalu, bagaimana dengan baterai? Menurut saya cukup awet untuk gaya pemakaian casual. Sekali waktu saya pernah menggunakan laptop ini untuk bekerja (aktivitas utamanya mengetik dan browsing), dan baterainya mampu bertahan sekitar 10 jam. Tentunya hasil tersebut tidak bisa sepenuhnya dijadikan patokan, dan akan berbeda-beda tergantung kondisi pemakaian Anda.

Laptop stylish untuk anak muda

Intinya Acer Aspire 5 Magical Color adalah laptop yang ideal untuk anak muda yang mencari perangkat untuk belajar dan bekerja sehari-hari. Desainnya yang stylish serta storage-nya yang kencang menurut saya menjadi dua keunggulan utamanya. Dari segi harga pun laptop ini masih terbilang kompetitif.

Bagi yang berminat, Acer Aspire 5 Magical Color dijual dengan harga 6-7 jutaan rupiah.

Acer Aspire 5 Magical Color cocok untuk:

  • Pelajar/mahasiswa yang ingin tampil beda bisa menjadikan Acer Aspire 5 Magical Color sebagai pilihannya. Performanya ideal untuk keperluan seperti belajar dan mengerjakan tugas. Untuk hiburan seperti gaming ringan pun masih bisa.
  • Karyawan yang sedang WFH patut mempertimbangkan Acer Aspire 5 Magical Color untuk menggantikan perangkat lamanya. Dari segi hardware cukup kekinian, misalnya prosesor Intel generasi ke-10, storage SSD Optane 512 GB yang kencang, dan WiFiax.
  • Pekerja yang sering mobile atau nongkrong di coffee shop juga cocok menggunakan Acer Aspire 5 Magical Color. Selain punya performa yang responsif, laptop ini lumayan tipis dan ringan sehingga tidak cepat bikin pegal saat dibawa bepergian.
  • Pemilik toko online yang membutuhkan perangkat untuk menjalankan bisnisnya bisa memilih Acer Aspire 5 Magical Color. Akan jauh lebih nyaman untuk mengatur toko online dari laptop dibanding smartphone. Harga laptop ini juga cukup terjangkau.

Kelebihan Acer Aspire 5 Magical Color:

  • Warna gradasi yang menawan dan tidak pasaran
  • Kualitas rancang bangun cukup baik
  • Performa gesit dan stabil untuk kebutuhan standar sehari-hari
  • Storage kencang: Optane SSD 512 GB
  • Baterai cukup awet
  • WiFiax dan Exo Amp Antenna
  • Harga kompetitif

Kekurangan Acer Aspire 5 Magical Color:

  • Keyboard (menurut saya) kurang nyaman
  • Akan lebih menarik jika keyboard sudah punya backlit
  • Tidak ada card reader

 

Acer Aspire 5 Magical Color
Acer Aspire 5 Magical Color adalah laptop stylish dengan harga terjangkau, untuk Anda yang ingin tampil beda
7.4
Cek Harga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur
Performa
Baterai
Harga
Final Score

Artikel lain