10 Fitur Unggulan OPPO A54

OPPO A54 hadir di Indonesia dengan membawa wajah baru pada lini A-series OPPO di tahun 2021. Tampilan eksteriornya terlihat lebih fresh dengan tetap mengedepankan pilihan warna stylish. Selain itu, smartphone seharga 2 jutaan rupiah ini juga dibekali sederet fitur yang beberapa di antaranya hadir pertama kali di lini A-series.

Kami sudah merangkum 10 hal yang menurut kami merupakan nilai jual utama dari OPPO A54. Apa saja fitur yang dimaksud? Yuk, langsung saja simak!

1. Desain tangguh

Bukan hanya modern, OPPO merancang desain dari A54 dengan struktur yang kokoh. Rangka tengahnya setebal 0,2mm dan memiliki bingkai aluminium. OPPO juga melakukan optimalisasi dengan meletakkan sebuah pelat logam tipis pada bagian penutup depan.

Perangkat ini lulus menjalani 6 (enam) tes utama termasuk uji jatuh, ketahanan terhadap air, radiasi, iklim, slight drop test, dan kekuatan sinyal. Perangkat ini juga melewati 50+ kontrol proses produksi, 130+ uji keandalan yang sangat ketat, dan 320+ uji eksperimental.

2. Sertifikasi IPX4

Untuk pertama kalinya anggota lini OPPO A-series memiliki sertifikasi IPX4. Sekadar informasi, sertifikasi IPX4 menunjukkan bahwa OPPO A54 tahan terhadap percikan air. OPPO melakukan rain of pipe-swing test selama 10 menit dan setelah 72 jam tidak terjadi kegagalan fungsi, sehingga perangkat ini telah memenuhi persyaratan tahan air standar IPX4.

3. Layar punch-hole 6,51 inci

OPPO A54 mengusung layar single punch-hole 6,51 inci yang sekaligus menjadi pembeda dengan beberapa kompetitornya. Seperti diketahui, kebanyakan ponsel di kisaran harga yang sama masih mengandalkan desain layar waterdrop.

4. Dukungan Eye Comfort

Masih dari sektor layar, OPPO A54 memiliki fitur bernama Eye Comfort yang akan mengurangi emisi cahaya biru sehingga lebih nyaman untuk mata. Eye Comfort ini terdiri dari Sunlight Screen yang menawarkan
visibilitas terbaik pada kondisi di bawah sinar matahari terik, dan Moonlight Screen yang secara otomatis mengurangi tingkat kecerahan layar hingga 2 nits pada lingkungan rendah cahaya atau malam hari.

5. Triple-camera

OPPO melengkapi A54 dengan Triple Main Camera yang terdiri dari kamera utama 13 MP, kamera makro 2 MP dan kamera bokeh 2 MP. Fitur khas OPPO seperti Dazzle Color, AI Scene Recognition, dan Ultra Night Mode tetap tersedia.

Bagi yang belum tahu, Dazzle Color akan meningkatkan saturasi dan kecerahan gambar melalui sebuah algoritma AI, sehingga gambar lebih kaya warna. Sementara AI Scene Recognition mendukung pengenalan otomatis hingga 23 suasana pemotretan.

Ultra Night Mode menjadi solusi fotografi malam hari. Fitur ini diaktifkan secara manual. Pada lingkungan rendah cahaya secara otomatis eksposur akan meningkat, dan perangkat melakukan pengukuran berbasis AI kemudian melakukan penyesuaian untuk memberikan cahaya pada bagian gelap.

6. Kamera Selfie dengan AI Beautification 2.0

OPPO A54 punya kamera selfie 16 megapixel yang didukung AI Beautification 2.0. Fitur ini dapat melakukan penyesuaian cerdas dengan cara mengukur cahaya sekitar dan kmudian menerapkan efek untuk mempercantik sesuai dengan warna kulit orang Indonesia terutama saat mengambil swafoto.

7. Performa meningkat dengan teknologi Oswap

Performa OPPO A54 dipersenjatai chipset Helio P35 dengan RAM LPDDR4X 4 GB. Mungkin bagi sebagian orang tidak terlalu istimewa. Meski begitu, OPPO membekalinya dengan teknologi bernama Oswap yang merupakan kombinasi Z-RAM dan landswap speeding technologies.

Dengan melakukan kompresi RAM ke EMC,atau memanfaatkan kemampuan ROM, teknologi ini dapat memanfaatkan ruangpenyimpanan yang tersedia untuk meningkatkan kecepatan sistem. Dengan cara ini, RAM 4 GB dapat bekerja layaknya RAM 6 GB.

7. Storage internal 128 GB

Pengguna yang gemar menyimpan banyak file akan terfasilitasi dengan storage internal OPPO A54 yang berkapasitas 128 GB. Jika masih kurang, ada pula slot untuk memasang microSD.

8. Baterai 5.000 mAh

OPPO A54 menggunakan baterai berkapasitas besar 5000 mAh dengan konektor pengisian daya Type C. OPPO mengklaim aterai sebesar ini akan memberikan daya tahan perangkat selama 2,2 hari, melakukan panggilan telepon selama 25,4 jam dan menonton YouTube tanpa henti selama 19,9 jam.

9. Black Screen Mode

Dari segi software, OPPO A54 mengadopsi sistem operasi ColorOS 7.2 berbasis Android 10. Salah satu fitur menariknya adalah Black Screen Mode yang memungkinkan pengguna mendengarkan video di YouTube atau aplikasi lain dengan kondisi layar dimatikan. Fitur ini secara efektif mencegah sentuhan yang tidak disengaja dan dapat mengurangi konsumsi daya ponsel.

10. Photo Translator

Masih dari software, ada pula fitur bernama Photo Translator yang memanfaatkan bantuan Google Lens. Nantinya, OCR (Optical Character Recognition) akan mengenali teks saat mengambil foto, lalu menerjemahkan teks tersebut melalui Google Translate. Fitur ini mendukung lebih dari 120 bahasa di seluruh dunia.

Bagi yang berminat, OPPO A54 dijual dengan harga Rp2.699.000 dan tersedia mulai 1 April 2021 melalui jaringan penjualan daring di berbagai situs e-dagang terkemuka di Indonesia maupun secara luring di jaringan OPPO Store yang terdapat di seluruh wilayah Indonesia. Ada dua pilihan warna, yaitu Crystal Black dan Starry Blue.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lain