[Teaser] OPPO Find X3 Pro: Ponsel Flagship dengan Snapdragon 888 dan Full-Path Colour Management System 10-bit

Setelah berbagai bocoran terkait spesifikasinya beredar di dunia maya, OPPO akhirnya memastikan tanggal peluncuran untuk smartphone flagship mereka selanjutnya, yakni Find X3 Series. Melanjutkan kesuksesan generasi sebelumnya, OPPO juga kembali menghadirkan versi Pro dari Find X3 Series yang telah disiapkan dengan bekal sederet teknologi terkini. Seperti apa kecanggihannya?

Spesifikasi OPPO Find X3 Pro

 

Dalam rilis pers yang diterima Yangcanggih, Selasa (2/3), OPPO memberi konfirmasi bahwa Find X3 Pro akan dipersenjatai chipset unggulan terbaru dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 888. Bagi yang belum tahu, chipset ini didukung GPU super kencang yang menawarkan pengalaman gaming mumpuni, dan bahkan diklaim bisa menjalankan game di 144 frame per second.

Qualcomm Snapdragon 888 memiliki tiga cluster yang terdiri dari 1-core utama 2.84GHz, 3-core 2.4GHz, dan 4-core 1.80GHz yang efisien dan hemat daya. Selain itu, ISP Spectra pada Snapdragon 888 dijanjikan 35 persen lebih kencang dibanding generasi sebelumnya. Itu artinya, ISP ini dapat menangkap data foto dan video pada 2,7 gigapixel per detik, atau sekitar 120 foto pada resolusi 12 megapixel.

OPPO sendiri belum mengungkap konfigurasi kamera seperti apa yang akan ditawarkan oleh Find X3 Pro. Meski begitu, mereka mengklaim kemampuan kamera OPPO Find X3 Pro telah disesuaikan untuk mengoptimalkan fotografi dan pengambilan video dengan kualitas tertinggi dalam berbagai skenario.

Snapdragon 888 juga dibekali Qualcomm Snapdragon X60 5G Modem-RF System generasi ketiga, yang memungkinkan kompatibilitas global dengan menawarkan mmWave dan sub-6 pada seluruh pita-pita besar di dunia, termasuk mendukung 5G carrier aggregation, multi-SIM global, stand alone, non-stand alone, dan Dynamic Spectrum Sharing.

Yang tidak kalah menarik, OPPO Find X3 Pro membawa teknologi Full-path Colour Management System 10-bit. Menurut OPPO, teknologi ini akan menjamin integritas di setiap titik dalam hal warna. Hasilnya adalah pengalaman visual yang dijanjikan lebih nyata dan kaya, mulai dari capture, encoding, storage, decoding, dan display.OPPO sendiri menyebut Find X3 Pro sebagai smartphone dengan satu miliar warna pertama di dunia.

Full-path Color Management System yang baru ini telah dikembangkan dengan cermat guna mendukung pengambilan gambar 10bit dan format HEIF. Sistem ini menghasilkan gamut warna yang lebih luas dan akurasi warna yang lebih baik seperti aslinya, tanpa kompresi resolusi visual pada saat di-share melalui aplikasi media sosial.

OPPO menyebut kalibrasi layar perangkat mereka memungkinkan akurasi warna yang setara dengan film digital profesional dengan nilai JNCD sekitar 0,4. Di sisi lain, algoritma milik OPPO menjamin kompatibilitas gamut warna dengan menyesuaikan DCI-P3 dan titik putih D65 pada tengah ruang warna.

Full-Path Colour Management System 10-bit OPPO Find X3

 

Layar pada Find X3 Pro diklaim juga bakal memberikan keunggulan dalam hal resolusi, refresh rate, dan high dynamic range content. Sayangnya belum ada informasi resmi dari OPPO terkait spesifikasi layar tersebut. Namun menurut bocoran yang beredar, ukurannya diyakini 6,7 inci dengan panel OLED 1440 x 3216 pixel dan dukungan Adaptive Refresh Rate 10-120Hz.

Meluncur 11 Maret 2021

Mengusung tema #AwakenColor, OPPO Find X3 Pro dijadwalkan untuk diperkenalkan secara global pada Kamis 11 Maret 2021. Para fans bisa langsung menyaksikan acara peluncuran tersebut melalui akun YouTube OPPO mulai pukul 18.00 WIB. Chief Creative Officer OPPO Indonesia Patrick Owen mengatakan, di Find X3 Pro, OPPO berfokus pada spektrum manajemen warna agar dapat dinikmati dengan baik, aman bagi mata, dan mudah diakses.

Siap hadir di Indonesia

OPPO Find X2 Pro

OPPO memang belum secara resmi mengumumkan soal kehadiran Find X3 Series (termasuk Find X3 Pro) di Indonesia. Meski begitu, bocoran yang diterima oleh Yangcanggih.com menyebutkan bahwa Indonesia termasuk dalam negara yang akan dituju oleh ponsel flagship ini. Tidak heran karena sebelumnya OPPO juga sudah memboyong pendahulunya, Find X2 Series. Tidak sabar? Tunggu saja update informasi selanjutnya di Yangcanggih.com!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lain