Kelebihan dan Kekurangan MSI GF65 Thin 10SDR

Dalam artikel kami sebelumnya, kami menilai MSI GF65 Thin 10SDR merupakan laptop gaming mainstream yang mampu memberikan performa yang memuaskan di kelasnya. Perangkat ini bisa diandalkan untuk menjalankan game-game AAA terbaru maupun untuk menunjang pekerjaan seperti editing video.

Meski begitu, MSI GF65 Thin 10SDR bukan tanpa kekurangan. Untuk memudahkan Anda mengenal lebih jauh tentang laptop gaming sebelum memutuskan membelinya, berikut kami sajikan apa saja kelebihan dan kekurangan dari MSI GF65 Thin 10SDR.

Kelebihan MSI GF65 Thin 10SDR

1. Lumayan ringan dan tipis, cukup portable

Karena menjanjikan portabilitas, MSI GF65 Thin 10SDR memiliki bobot sekitar 1,86 kilogram saja. Ketebalannya pun hanya 21,7 mm, cukup tipis untuk ukuran laptop gaming di kelasnya. Cocok untuk kalangan gamer yang gemar bepergian maupun para pekerja profesional yang membutuhkan laptop kencang saat beraktivitas di luar rumah.

2. Layar 144Hz, audio mantap

MSI GF65 Thin 10SDR dipersenjatai layar dengan spesifikasi yang cukup menarik. Ukurannya 15,6 inci IPS Level dengan tingkat kecerahan hingga 250 nits. Resolusinya Full HD dan didukung refresh rate tinggi 144Hz. Perpaduan teknologi tersebut menurut kami sudah amat memadai untuk menunjang kebutuhan gaming sehari-hari, maupun untuk kebutuhan lainnya seperti menonton film atau editing foto dan video ringan.

3. Performa bertenaga untuk memainkan game-game terbaru

MSI GF65 Thin 10SDR mengandalkan prosesor Intel Core i7-10750H yang dipasangkan dengan kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1660 Ti GDDR6 6 GB. Storage yang tersedia berupa SSD PCIe NVMe dengan kapasitas 512 GB. Varian yang sempat kami review sudah menggunakan RAM dual-channel 16 GB sehingga kinerjanya lebih optimal, sementara yang dijual di pasaran masih single-channel 8 GB.

Kami mencoba memainkan beberapa game seperti Shadow of the Tomb Raider, Metro Exodus, Valorant, dan Call of Duty Warzone. Semuanya bisa berjalan dengan baik dan frame rate-nya stabil, tergantung bagaimana Anda mengutak-atik pengaturan grafis.

4. Sistem pendingin mampu bekerja dengan baik

Selama bermain game, menurut kami sistem pendingin dari MSI GF65 Thin 10SDR mampu menangani suhu panas dengan cukup baik. Kipasnya memang lumayan berisik dan masih terasa hangat di bagian tertentu. Tapi nilai plusnya, pada area palm rest dan bagian keyboard yang biasa dipakai saat bermain tidak terasa panas yang mengganggu.

5. Keyboard cukup nyaman

Selama penggunaan untuk gaming maupun mengetik, kami merasa keyboard MSI GF65 Thin 10SDR mampu memberikan sensasi tactile yang cukup baik. Travel distance-nya pun oke.

6. WiFiax

MSI GF65 Thin 10SDR adalah laptop gaming yang sudah dibekali teknologi WiFi 802.11ax Dual-Band MU-MIMO. Yang pasti, kecepatan transfer datanya lebih baik dibanding generasi sebelumnya.

Kekurangan MSI GF65 Thin 10SDR

1. Bodi mudah kotor oleh bekas jari

Satu hal yang kurang kami suka dari bagian eksterior MSI GF65 Thin 10SDR adalah finishing-nya yang mudah kotor oleh bekas jari. Selain mudah kotor, membersihkannya pun agak sulit jika Anda tidak menggunakan alat pembersih yang ideal seperti kain lap.

2. Sensasi klik pada tombol touchpad kurang nyaman

MSI GF65 Thin 10SDR memiliki touchpad yang ukurannya cukup pas. Meski begitu, tombol pada bagian bahwa touchpad memberikan sensasi yang agak kurang nyaman ketika ditekan.

3. Keyboard warna merah mungkin bukan idaman banyak gamer masa kini

Mungkin kekurangan yang satu ini bersifat sangat subyektif. Menurut kami, tidak semua gamer (termasuk kami) menyukai keyboard dengan LED warna merah seperti ini. Mungkin jika menggunakan lampu warna putih akan lebih modern.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari MSI GF65 Thin 10SDR. Bagi yang berminat, MSI GF65 Thin 10SDR dijual dengan harga Rp15.999.000. Jangan lupa sisihkan dana ekstra untuk membeli RAM agar menjadi dual-channel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lain