Review MSI GF65 Thin 10SDR



7.9
Cek Harga

MSI tergolong sebagai salah satu brand yang paling rajin memboyong produk dari kategori laptop gaming ke Indonesia. Pilihannya beragam, mulai dari kelas mainstream hingga high-end tersedia. Salah satunya adalah MSI GF65 Thin 10SDR yang akan kami ulas di artikel review kali ini.

Sesuai namanya, MSI GF65 Thin 10SDR memang menawarkan portabilitas agar lebih mudah dibawa bepergian. Tentunya dengan tetap menyajikan komposisi hardware mumpuni untuk menjalankan game-game AAA. Penasaran seperti apa kecanggihannya? Yuk, langsung saja simak:

Desain MSI GF65 Thin 10SDR

Tampilan eksterior GF65 Thin 10SDR masih mengedepankan desain yang bisa dibilang sudah menjadi DNA MSI di segmen mainstream. Jika dipandang sekilas dari luar, bagi kami desainnya tampak lumayan minimalis. Nah, kalau Anda adalah seorang gamer tapi tidak menginginkan perangkat yang terlalu futuristik dengan lampu RGB, laptop ini bisa jadi pilihan.

MSI GF65 Thin 10SDR menggunakan bahan aluminium bermotif hair-brushed dengan warna dominan hitam. Pada bagian cover-nya, MSI hanya menghiasinya dengan logo naga andalan mereka. Sudut-sudutnya tampak tegas dan tajam sehingga memberikan kesan gahar.

Karena menjanjikan portabilitas, MSI GF65 Thin 10SDR memiliki bobot sekitar 1,86 kilogram saja. Ketebalannya pun hanya 21,7 mm, cukup tipis untuk ukuran laptop gaming di kelasnya. Meski begitu, karena mengusung layar berukuran 15,6 inci, tentu dimensinya tetap lebar.

Kualitas rancang bangun dari MSI GF65 Thin 10SDR sendiri menurut kami tergolong cukup baik. Tidak istimewa, tapi sudah sesuai standar laptop gaming di segmen harganya. Engselnya pun terasa kokoh dan nyaman ketika dibuka dengan satu tangan. Satu hal yang kurang kami suka adalah finishing-nya yang mudah kotor oleh bekas jari.

Di bagian dalam Anda akan menemukan keyboard dengan lampu LED berwarna merah. Ya, tidak ada keyboard RBG di sini. Selama penggunaan untuk gaming maupun mengetik, kami merasa keyboard MSI GF65 Thin 10SDR mampu memberikan sensasi tactile yang cukup baik. Travel distance-nya pun oke.

Sementara untuk urusan konektivitas, Anda akan disuguhkan satu port HDMI di sebelah kiri bersama dengan port untuk charger. Sedangkan di sebelah kanan ada dua port USB 3.2 gen 1 Type-C, dua port USB 3.2 gen 1 Type-A, audio jack combo, kensington lock, dan ethernet. Yang menarik, laptop ini telah dibekali WiFi 802.11ax Dual-Band MU-MIMO dan Bluetooth 5.0.

Layar MSI GF65 Thin 10SDR

Sebagai laptop gaming kelas mainstream, MSI GF65 Thin 10SDR ternyata dipersenjatai layar dengan spesifikasi yang cukup menarik. Seperti disebutkan di atas, ukurannya 15,6 inci IPS Level dengan tingkat kecerahan hingga 250 nits. Resolusinya Full HD dan didukung refresh rate tinggi 144Hz.

Perpaduan teknologi tersebut menurut kami sudah amat memadai untuk menunjang kebutuhan gaming sehari-hari, maupun untuk kebutuhan lainnya seperti menonton film atau editing foto dan video ringan. Warna yang ditampilkan tampak menawan, dan gambarnya pun terlihat tajam.

Sedikit membahas sektor audio, MSI GF65 Thin 10SDR mendukung Hi-Res Audio untuk menemani Anda yang gemar mendengarkan musik. Ada pula Nahimic 3 dengan efek suara surround 3D yang mampu mengangkat kualitas audio sehingga terdengar lebih bertenaga dan realistis.

Performa MSI GF65 Thin 10SDR

Lanjut ke pembahasan performa, MSI GF65 Thin 10SDR mengandalkan prosesor Intel Core i7-10750H yang dipasangkan dengan kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1660 Ti GDDR6 6 GB. Storage yang tersedia berupa SSD PCIe NVMe dengan kapasitas 512 GB.

Varian yang kami review sudah menggunakan RAM dual-channel 16 GB. Sementara untuk sistem pendinginnya, laptop ini mempercayakannya kepada teknologi Cooler Boost 5 dengan dua kipas, enam heat pipe, dan tiga exhaust.

Sama seperti kebanyakan laptop gaming MSI lainnya, MSI GF65 Thin 10SDR memiliki software MSI Dragon Center untuk memudahkan Anda mengakses berbagai fitur, misalnya Gaming Mode. Hanya dengan sekali klik, Anda bisa mendapatkan kinerja yang optimal ketika menjalankan game, atau sebaliknya, yang lebih hemat daya. Anda pun dapat memantau CPU dan GPU dari sini.

Berikut beberapa game yang kami jalankan untuk menguji performa dari MSI GF65 Thin 10SDR:

Shadow of the Tomb Raider: Game pertama yang kami coba adalah SOTR baik dimainkan langsung maupun dengan cara menjalankan benchmark tool bawaannya. Hasilnya, SOTR bisa mendapatkan average FPS sebesar 84 dengan setting High resolusi 1080p. Untuk lebih lengkapnya lihat screenshot di bawah ini.

Valorant: Game bergaya kompetitif ini bisa dimainkan secara lancar di resolusi Full HD dengan setting grafis maksimal (rata kanan). Frame rate yang didapat berkisar di 180-200 fps, dan terasa amat stabil meski dimainkan dengan durasi yang lama.

Call of Duty Warzone: Game free-to-play dengan kebutuhan grafis yang terbilang cukup berat ini juga dapat dijalankan dengan cukup baik di setting rendah hingga medium. Frame rate yang didapat berkisar di 50-70 fps, tergantung setting yang digunakan.

Metro Exodus: Sama seperti SOTR, kami juga memainkan Metro Exodus dan juga menjalankan benchmark tool bawaan. Di resolusi 1080p dengan setting grafis Ultra, frame rate rata-ratanya berada di 46fps dan maksimal di 76fps. Cukup memuaskan!

Selama memainkan game-game tersebut, menurut kami sistem pendingin dari MSI GF65 Thin 10SDR mampu menangani suhu panas dengan cukup baik. Kipasnya memang lumayan berisik dan masih terasa hangat di bagian tertentu. Tapi nilai plusnya, pada area palm rest dan bagian keyboard yang biasa dipakai saat bermain tidak terasa panas yang mengganggu.

Kesimpulan

MSI GF65 Thin 10SDR merupakan laptop gaming mainstream yang mampu memberikan performa yang memuaskan di kelasnya. Beberapa game papan atas yang kami coba dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala. Untuk pekerjaan seperti editing video pun laptop ini bisa jadi alternatif yang menarik. Desainnya yang relatif lebih tipis dan ringan menjadi nilai plus dibanding beberapa pesaingnya.

Satu hal yang perlu digarisbawahi, sepertinya konfigurasi RAM bawaan dari MSI GF65 Thin 10SDR hanya 8GB saja, belum 16GB dual-channel seperti pada unit yang kami uji. Karena itu, Anda wajib menyisihkan uang ekstra untuk upgrade RAM agar performanya lebih optimal.

Bagi yang berminat, MSI GF65 Thin 10SDR dijual dengan harga Rp15.999.000.

Kelebihan MSI GF65 Thin 10SDR:

  • Lumayan ringan dan tipis, cukup portable
  • Layar oke dengan refresh rate 144Hz
  • Audio mantap
  • Performa bertenaga untuk memainkan game-game terbaru
  • Sistem pendingin mampu bekerja dengan baik
  • Storage kencang
  • Keyboard cukup nyaman
  • WiFiax

Kekurangan MSI GF65 Thin 10SDR:

  • Bodi mudah kotor oleh bekas jari
  • RAM bawaan hanya 8 GB, belum dual-channel seperti pada produk yang kami review
  • Sensasi klik pada tombol touchpad kurang nyaman
  • Keyboard warna merah mungkin bukan idaman banyak gamer masa kini

MSI GF65 Thin 10SDR ideal untuk: Gamer yang ingin memainkan game-game terbaru. Content creator yang membutuhkan laptop kencang untuk bekerja secara mobile.

MSI GF65 Thin 10SDR kurang ideal untuk: Gamer penggemar lampu RGB.

MSI GF65 Thin 10SDR
MSI GF65 Thin 10SDR merupakan laptop gaming mainstream dengan berat kurang dari 2 KG, yang mampu memberikan performa memuaskan
7.9
Cek Harga

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Desain
Fitur
Performa
Baterai
Harga
Final Score