Review Logitech MX Anywhere 3

svg%3E
8.4

Berbicara soal mouse, nama Logitech sudah pasti menjadi salah satu yang muncul di benak Anda para pengguna. Dengan lini produk yang komplit dan dikenal punya kualitas yang bisa diandalkan, mouse-mouse garapan Logitech selalu diminati oleh berbagai kalangan, mulai dari pelajar, pekerja kantoran, hingga gamer.

Di akhir tahun 2020 lalu, Logitech memperkenalkan mouse terbarunya yang diberi nama MX Anywhere 3. Sebagai penerus dari MX Anywhere 2s, ada beberapa perubahan yang ditawarkan oleh mouse nirkabel berdesain ramping tersebut. Penasaran seperti apa kemampuannya? Langsung saja simak ulasan singkat kami:

Desain Logitech MX Anywhere 3

Salah satu perbedaan antara MX Anywhere 3 dengan seri sebelumnya ada pada bentuk bodinya. Anda akan menemukan rancangan grip berbahan silikon yang baru pada bagian sampingnya. Dari segi ergonomis, MX Anywhere 3 juga lebih baik karena memiliki lekukan yang lebih tinggi.

svg%3E

Secara desain Logitech MX Anywhere 3 masih mengusung tema minimalis namun masih terkesan cukup elegan, sesuai dengan harganya yang mencapai 1 jutaan rupiah. Kualitas rancang bangunnya pun amat baik dan materialnya terasa begitu nyaman ketika bersentuhan dengan tangan, terutama pada bagian grip silikon.

Dengan dimensi yang ramping bahkan bisa juga disebut mungil, Logitech MX Anywhere 3 sangat ideal untuk dibawa ke manapun dan tidak memakan banyak ruang di dalam tas. Bobotnya pun ringan, hanya 99 gram saja. Perpaduan yang membuatnya amat fleksibel untuk Anda yang sering bekerja di luar kantor, misalnya di coffee shop.

Meski begitu, desainnya yang kecil bisa jadi justru akan mengorbankan sisi kenyamanan bagi pengguna yang bertangan besar. Ya, menurut kami ini bukan mouse untuk semua orang. Kami yang memiliki ukuran telapak tangan lebar butuh adaptasi lumayan lama untuk membiasakan diri dengan dimensinya.

svg%3E

Satu hal lainnya yang menurut kami lumayan mengganggu adalah tidak adanya slot untuk menyimpan dongle. Rawan hilang jika Anda memutuskan untuk membawa dongle tersebut saat bepergian. Selebihnya tidak ada yang mengecewakan. Sensasi klik dari setiap tombol pun terasa begitu mantap!

Logitech MX Anywhere 3 tersedia dalam tiga pilihan warna, antara lain Graphite, Pael Gray, dan Rose. Warna Rose menurut kami cukup unik dan menawan, yang pastinya akan menjadi opsi yang menarik bagi wanita.

Fitur Logitech MX Anywhere 3

Seperti disebutkan di atas, di dalam bodinya yang ramping Logitech MX Anywhere 3 menyimpan fitur yang tergolong komplit di kelasnya. Mouse ini memiliki scroll wheel berbahan metal yang disebut MagSpeed Electromagnetic. Selain nyaman, scroll wheel ini secara otomatis dapat berganti dari line-by-line scrolling menjadi free-spinning ketika Anda melakukan scroll secara cepat.

svg%3E

Pengguna juga bisa mengganti mode scroll secara manual melalui tombol yang berada tepat di sebelah MagSpeed. Ada dua pilihan mode yang tersedia, Ratchet untuk sensasi scroll yang agak bergerigi (tactile), dan Free-Spin yang lebih halus untuk scroll cepat. Saat melakukan scroll pun terdengar amat senyap.

Fitur keren lainnya dari Logitech MX Anywhere 3 ada sensor Darkfield 4000 DPI. Dengan sensor tersebut, mouse ini dapat digunakan di berbagai permukaan. Di tempat tidur, di sofa, atau bahkan di atas meja yang berbahan kaca pun tidak masalah. Nilai plus yang membuatnya ideal untuk penggunaan kapanpun dan di manapun.

svg%3E

svg%3E

Untuk menujang produktivitas, Logitech MX Anywhere 3 memiliki dua tombol ekstra yang terletak di samping dan mudah dijangkau oleh ibu jari. Tombol tersebut bisa dikustomisasi sebagai tombol pintas hingga mengendalikan kamera dan mikrofon untuk mendukung konferensi video di Zoom, Google Meet atau Microsoft Team.

Anda juga bisa melakukan kustomisasi tombol dan membuat profile sesuai dengan aplikasi yang paling sering Anda gunakan saat bekerja, misalnya Adobe Photoshop, Adobe Premiere Pro, Final Cut Pro, Google Chrome, Safari, Microsoft Word, Excel dan PowerPoint. Bahkan, ada pula dukungan Logitech Flow, program untuk berpindah secara mulus antara 2-3 PC berbasis Windows atau MacOS yang saling terhubung.

svg%3E

Terakhir, Logitech MX Anywhere 3 memungkinkan Anda untuk menggunakan satu mouse untuk beberapa perangkat yang berbeda, seperti desktop, laptop, tablet, atau ponsel. Selain via dongle, mouse ini juga dapat terhubung melalui Bluetooth dan kabel USB-C.

Baterai Logitech MX Anywhere 3

svg%3E

Logitech MX Anywhere 3 menggunakan baterai yang tertanam di dalam bodinya. Itu artinya, ketika habis Anda hanya perlu mengisi ulang dayanya melalui port USB Type-C. Daya tahannya pun terbilang amat memuaskan. Dalam sekali charge hingga baterai penuh, MX Anywhere 3 bisa digunakan selama sekitar 70 hari. Mengisi daya selama 1 menit pun memungkinkan Anda memakainya selama 3 jam.

Kesimpulan

svg%3E

Logitech MX Anywhere 3 adalah perangkat yang amat menarik untuk Anda yang sedang mencari mouse ramping untuk dibawa beraktivitas. Dari segi harga memang tergolong tinggi. Tapi percayalah, kualitas dan fitur-fitur yang ditawarkannya sangat jauh berbeda dari mouse wireless seharga 200 hingga 300 ribuan rupiah.

Bagi yang berminat, Logitech MX Anywhere 3 sudah dijual di Indonesia dengan harga Rp1.489.000.

Kelebihan Logitech MX Anywhere 3:

  • Desain ramping dan ringan
  • Materialnya terasa nyaman saat bersentuhan dengan kulit
  • Scroll wheel MagSpeed Electromagnetic
  • Logitech Flow, cocok untuk pengguna yang memakai 2 atau 3 perangkat sekaligus
  • Didukung fitur kustomisasi tombol
  • Baterai tahan lama

Kekurangan Logitech MX Anywhere 3:

  • Tidak ada slot untuk menyisipkan dongle di dalam bodi mouse
  • Desainnya yang mungil mungkin akan kurang nyaman bagi pengguna bertangan besar

Logitech MX Anywhere 3 ideal untuk: Wanita atau pengguna dengan tangan yang tidak terlalu besar. Pekerja profesional yang selalu mobile.

Logitech MX Anywhere 3 kurang ideal untuk: Pengguna bertangan besar.

svg%3E
Logitech MX Anywhere 3
Logitech MX Anywhere 3 adalah perangkat yang amat menarik untuk Anda yang sedang mencari mouse ramping untuk dibawa beraktivitas
8.4