Dukung UKM, HP Berkolaborasi dengan Bintang Sempurna

HP Inc. Indonesia terus menunjukkan dukungannya terhadap industri percetakan di Indonesia, salah satunya melalui kolaborasi strategis dengan Bintang Sempurna, sebuah perusahaan percetakan digital terkemuka yang senantiasa mendukung para pelanggan UKM dalam membangun brand mereka di Indonesia.

Dengan menawarkan berbagai cara baru bagi brand untuk melakukan personalisasi dan kustomisasi produk pelanggan mereka, HP dan Bintang Sempurna menjawab tren terbaru para pemilik UKM masa kini yang senantiasa berupaya meningkatkan hubungan mereka dengan pelanggan.

“UKM Indonesia diperkirakan memberikan kontribusi 61% dari PDB nasional di 2020, dan 95% bisnisnya didorong oleh generasi milenial yang menginginkan personalisasi dan keunikan pada produk-produk yang mereka tawarkan,” kata Fiona Lee, Indonesia President Director, HP Inc. “HP terus berinovasi dengan bekerja sama dengan mitra-mitra kami seperti Bintang Sempurna, dalam membantu UKM agar sukses dengan mendukung mereka untuk dapat menyentuh hati para pelanggannya di masa kita saling berjauhan seperti saat ini.”

Dengan menggunakan mesin HP Indigo dari divisi HP Personalization and Industrialization, Bintang Sempurna baru-baru ini menggelar kampanye “The Face Behind the Mask” yang fokus mendukung para tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan selama pandemi. Dengan memanfaatkan teknologi percetakan digital, Bintang Sempurna dapat dengan cepat memproduksi face shield yang dikustomisasi, masker wajah, personalisasi stiker untuk para tenaga kesehatan (lengkap dengan keterangan foto, nama, dan pekerjaan masing-masing nakes), gantungan kunci higienis, serta alat-alat lainnya yang berkaitan dengan COVID-19, dalam meningkatkan efisiensi kerja di Kartika Dental Clinic BSD dan RSIA Bina Medika Bintaro.

“Pergeseran ekspektasi konsumen terjadi seiring dengan banyaknya perubahan yang kita hadapi akhir akhir ini. Hal ini membuka begitu banyak kesempatan bagi UKM dan brand yang membutuhkan jasa percetakan komersial seperti kami, dalam membantu mereka beradaptasi dengan kebutuhannya. Seiring dengan meningkatnya kesadaran terhadap isu lingkungan dan semakin ramainya penjualan online, percetakan yang dipersonalisasi sudah menjadi tuntutan bagi pemilik merek, dimana konsumen pun rela membayar harga yang lebih tinggi untuk produk premium,” kata Laurensius Candra, CEO Bintang Sempurna dan juga menjabat sebagai Chief of Dscoop Indonesia, yaitu klub komunitas pengguna HP Indigo yang tersebar di seluruh dunia.

“Dengan tren yang berkembang saat ini, order minimum dan percetakan bervolume tinggi menjadi kurang relevan. Berkat HP Indigo, kami dapat mengubah model bisnis secara cepat agar sesuai dengan kebutuhan pasar dan menyediakan jasa yang disesuaikan untuk para pelanggan kami, yang sebagian besar adalah UKM. HP Indigo memiliki produktivitas yang lebih tinggi, efisiensi lebih baik, dan pilihan aplikasi lebih banyak untuk menciptakan berbagai kreasi, personalisasi, dan kustomisasi berdasarkan kebutuhan, baik untuk merek besar maupun kecil. Hal ini tentunya mendapat sambutan yang sangat baik dari pasar dan membantu UKM bertumbuh sebagai salah satu penggerak ekonomi di Indonesia.”

HP Indigo kini lebih fleksibel

Dalam merespon ekspektasi dan tren konsumen, HP telah berinovasi dan mendesain ulang HP Indigo untuk memenuhi tuntutan baru dari pasar. Seiring dengan evolusi dalam dunia percetakan, semakin banyak perusahaan percetakan digital terdorong untuk memberikan jasa percetakan digital yang lebih beragam, ketimbang hanya mencetak kartu nama bagi pelanggan mereka. Kini, pelanggan HP Indigo bisa mencetak secara cepat dalam jumlah sesuai kebutuhan, contohnya kebutuhan musiman seperti Hari Raya Idul Fitri, Imlek, Tahun Baru, atau acara-acara olahraga dengan solusi digital secara lengkap dan menyeluruh, yang memungkinkan penyelesaian pekerjaan lebih cepat dibandingkan dengan lini produksi konvensional.

Sebagai usaha untuk membantu UKM Indonesia lainnya, Bintang Sempurna juga memberikan edukasi kepada para pelanggannya tentang bagaimana mereka dapat melakukan personalisasi dan kustomisasi yang lebih baik dalam produk-produk mereka, sehingga merek mereka dapat menonjol di antara deretan produk-produk yang dijual baik secara online maupun offline. Bintang Sempurna juga memberikan edukasi kepada para pelanggannya, yang banyak diantaranya adalah pemilik merek terkemuka di bidang teknologi, F&B, ritel, dan sektor UKM, untuk memperluas perspektif mereka mengenai peluang cetak digital bagi bisnis mereka.

Laurensius menambahkan, “Saat ini, kami mengembangkan jasa kami dengan misi untuk mengedukasi rekan-rekan UKM dan pasar akan besarnya peluang cetak digital serta nilai lebih tinggi yang dapat dihadirkan untuk para pemilik merek dan meningkatkan hubungan mereka dengan para pelanggan. Hal ini juga merupakan kesempatan besar untuk dapat belajar dari para pelanggan, ketika kami menggelar inisiatif pembelajaran dan pengembangan.”

Bintang Sempurna menjalankan beberapa inisiatif untuk melengkapi layanan dan mendorong kreativitas, personalisasi, dan kustomisasi di Indonesia melalui designers’ playground, sebuah galeri untuk memamerkan berbagai aplikasi pencetakan dan finishing yang ditingkatkan secara kreatif, dan juga terdapat ruang gelap untuk menampilkan beragam aplikasi tinta fluorescent dan tinta invisible, dan juga tersedia sesi konsultasi bersama tim riset dan pengembangan untuk memaksimalkan hasil akhir.

Bintang Sempurna, secara rutin juga memberikan edukasi mahasiswa desain di beberapa universitas mengenai teknologi pencetakan yang ditingkatkan untuk membuat aplikasi yang bernilai tinggi.
Dengan pemberlakuan pembatasan sosial di beberapa tempat di Indonesia, Bintang Sempurna terus melayani pelanggan dengan menyediakan akses ke Sistem Percetakan Online, sebuah platform printcommerce yang yang menyederhanakan dan memudahkan proses pemesanan.

Kunjungi https://www.bintangsempurna.co.id/ untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan Bintang Sempurna dan www.hp.com untuk mengetahui inovasi percetakan digital lainnya dari HP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lain