Qualcomm Umumkan Snapdragon 870 5G, Chipset Kencang dengan CPU 3.2 GHz

Kabar yang mungkin cukup mengejutkan datang dari Qualcomm. Setelah meluncurkan Snapdragon 888 yang dipercaya sebagai penerus seri Snapdragon 865, Qualcomm kali ini justru mengumumkan kehadiran Snapdragon 870. Chipset dengan modem 5G tersebut menjanjikan performa CPU yang super kencang.

Spesifikasi Qualcomm Snapdragon 870 5G

svg%3E

Menurut Qualcomm, Snapdragon 870 5G akan menjadi penerus Snapdragon 865 Plus yang tidak lain merupakan versi upgrade dari Snapdragon 865. Walaupun masih menggunakan fabrikasi 7nm, salah satu perbedaan utama dari generasi sebelumnya adalah penggunaan CPU Kryo 585 dengan clock speed hingga 3.2 GHz!

“Dibangun di atas kesuksesan Snapdragon 865 dan 865 Plus, Snapdragon 870 terbaru dirancang untuk menjawab kebutuhan industri selular dan OEM, “ sebut Kedar Kondap, Vice President, Product Management, Qualcomm Technologies, Inc.

Meski begitu, Qualcomm tidak menjelaskan secara rinci apakah ada perubahaan pada sektor GPU Snapdragon 870 5G dibandingkan dengan Snapdragon 865 Plus. Seri GPU yang tertanam pada chipset ini masih Adreno 650. Yang pasti, performa gaming-nya dijanjikan akan tetap memuaskan dengan dukungan teknologi Snapdragon Elite Gaming. Apalagi sang pendahulu juga menjadi andalan beberapa ponsel kelas gaming.

Dari sektor jaringan, Qualcomm membenamkan modem Snapdragon X55 dengan dukungan 5G sub-6 GHz (downlink up to 7.5Gbps, uplink up to 3Gbps), mmWave, TDD, FDD, dan Dynamic Spectrum Sharing (DSS). Ada pula teknologi WiFi 6, Qualcomm aptX Adaptive Audio, Qualcomm TrueWireless Technology, dan Bluetooth 5.2. Kemampuan AI-nya pun diklaim sangat intuitif.

Meluncur kuartal pertama 2021?

Sayangnya Qualcomm belum memberi bocoran soal kapan smartphone pertama yang berbasis Snapdragon 870 5G akan tersedia di pasaran. Yang menarik, beberapa nama besar seperti OPPO dan Xiaomi saat ini sedang menyiapkan jagoan terbaru mereka yang mengadopsi chipset kencang tersebut. Kita tunggu saja!

Verified by MonsterInsights