Bukan Cuma Signal dan Telegram, Inilah 5 Aplikasi Chat Alternatif WhatsApp

WhatsApp dalam beberapa tahun terakhir menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang amat populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Bisa dibilang, sebagian besar pengguna smartphone mengandalkan WhatsApp untuk berkomunikasi sehari-hari.

Whats App Dark mode android 1

 

Tidak heran karena WhatsApp memang menawarkan kemudahan untuk kebutuhan chatting, panggilan suara, hingga panggilan video. Pengguna juga bisa berbagi file seperti foto dan video dengan mudah, dan membuat grup untuk mempererat silaturahmi.

Meski begitu, perubahan kebijakan privasi yang baru diterapkan oleh WhatsApp membuat sebagian pengguna mencoba beralih dari aplikasi tersebut. Untungnya di Play Store maupun App Store banyak alternatif aplikasi pesan instan lainnya yang punya kualitas tidak kalah bagus dari WhatsApp.

Nah, untuk Anda yang ingin mencoba aplikasi pesan instan lainnya, berikut 5 alternatif yang bisa Anda unduh secara gratis:

1. Signal

Signal

Salah satu aplikasi yang kebanjiran pengguna baru setelah WhatsApp menerapkan perubahan kebijakan privasi adalah Signal. Bahkan, tokoh populer seperti CEO Tesla dan SpaceX, Elon Mask, menyarankan orang lain untuk ikut menggunakan Signal.

Fitur-fitur yang ditawarkannya kurang lebih mirip dengan WhatsApp, termasuk penghapus pesan secara otomatis yang bisa diatur dengan pilihan waktunya mulai dari 5 detik hingga 7 hari. Mengirim foto, video, dokumen, sampai video call hingga 5 orang semua bisa.

Tapi yang jadi nilai plus, Signal menjanjikan privasi yang lebih baik bahkan disebut-sebut tidak menyimpan data apapun dari penggunanya. Signal menggunakan sistem enkripsi end-to-end yang tidak hanya berlaku pada pesan dan panggilan, tetapi juga untuk data-data pribadi seperti nomor ponsel, profil, dan sebagainya.

2. Telegram

Telegram

Telegram pastinya bukan nama yang asing karena aplikasi ini memang sudah lama menjadi pilihan banyak pengguna untuk urusan komunikasi. Sistem privasi dan keamanan yang ditawarkannya pun tidak kalah bagus dan juga menggunakan sistem enkripse end-to-end.

Yang menarik, selain memiliki fungsi utama seperti aplikasi pesan instan pada umumnya, Telegram memungkinkan pengguna untuk membuat grup dengan kapasitas anggota hingga 200 ribu orang! Selain itu, pengguna pun dapat mengirim file besar dengan ukuran per file hingga 1.5GB.

Fitur lainnya seperti pesan yang akan dihapus secara otomatis juga ada di Telegram. Anda juga bisa membuat channel yang nantinya bisa di-follow oleh pengguna lainnya, mengirim silent messages agar si penerima tidak terganggu suara notifikasi, hingga menjadwalkan pengiriman pesan.

3. Skype

skype windows 10

Sebagai bagian dari Microsoft, aplikasi yang satu ini dipercaya sebagai salah satu yang terbaik untuk urusan komunikasi sejak lama baik di kalangan umum maupun bisnis. Sama seperti kebanyakan aplikasi pesan instan lainnya, Anda bisa menggunakan Skype di smartphone maupun PC.

Tidak hanya bisa mengirim pesan, Skype juga memungkinkan panggilan suara dan video hingga 50 orang sekaligus. Ada pula fitur Screen Sharing untuk memudahkan presentasi atau sekadar memamerkan foto-foto liburan Anda ke pengguna lain. Anda pun tidak perlu khawatir soal privasi karena Anda bisa memulai Private Conversations yang didukung enkripsi end-to-end.

4. Discord

Discord

Discord memang awalnya lebih familiar untuk kalangan gamer. Namun dengan sederet fitur menarik bawaannya, aplikasi ini bisa menjadi alternatif Anda untuk berkomunikasi sehari-hari. Kemampuan untuk mengirim pesan dalam bentuk teks, foto, video, dan media lainnya pastinya tersedia.

Bukan cuma itu, Anda juga bisa membuat channel yang terdiri dari text channel dan voice channel, sehingga memungkinkan semua anggota di grup untuk bergabung dalam sebuah perbincangan (lewat teks atau suara) kapanpun dan di manapun tanpa perlu melakukan panggilan. Berbeda dengan Signal dan Telegram, Anda tidak membutuhkan nomor telepon di Discord.

5. LINE

LINE

Alternatif selanjutnya adalah LINE, yang mungkin sudah sangat familiar bagi sebagian besar pengguna smartphone di Indonesia, khususnya anak muda. Salah satu nilai jual utama yang membuat LINE selalu punya peminatnya sendiri adalah sticker. Anda bahkan bisa membeli segudang sticker dengan berbagai karakter populer di dunia untuk menambah keseruan saat berkomunikasi.

Selain sebagai aplikasi pesan instan, LINE juga menawarkan beragam fitur ala jejaring sosial yang memungkinkan penggunanya untuk membagikan momen sehari-hari di Timeline. Ada pula ruang diskusi dengan berbagai topik menarik yang membuka kemungkinan untuk berbagi opini dengan kenalan baru.