Semua Hal yang Wajib Diketahui Tentang OPPO Reno5 di Indonesia

OPPO baru saja meresmikan kehadiran smartphone terbarunya, Reno5, di Indonesia. Dengan beragam pembaruan dari segi desain, hardware, fitur, dan software, OPPO Reno5 diyakini bakal mampu menarik minat konsumen di Tanah Air. Terbukti pada program flash sale yang digelar Selasa (12/1) malam, produk ini langsung ludes terjual dalam hitungan menit.

Nah, untuk menjawab rasa penasaran Anda yang kami yakin sudah mulai tertarik meminang OPPO Reno5, berikut semua hal yang wajib Anda ketahui tentang smartphone yang satu ini:

Berapa harga OPPO Reno5 di Indonesia?

Untuk Anda yang mungkin tidak sempat menyaksikan acara peluncuran OPPO Reno5, perlu diketahui bahwa perangkat tersebut dijual dengan harga Rp4.999.000 di Indonesia. Harga yang menurut kami cukup menggiurkan mengingat peningkatan yang ditawarkannya tergolong signifikan dibanding generasi sebelumnya.

Ada berapa varian OPPO Reno5 yang bisa dipilih?

Untuk kapasitas RAM dan storage, saat ini OPPO hanya menyediakan satu varian Reno5 yakni 8/128 GB. Sementara untuk warna, Anda bisa memilih antara Fantasy Silver dan Starry Black. Nama yang disebut pertama menjadi primadona karena menggunakan proses Diamond Spectrum yang terdiri dari tiga lapisan yang berbeda, antara lain PICASUS Film, Fresnel Lens Texture, dan Reflective Indium Coating, sehingga mampu memproyeksikan hingga ribuan warna.

Apakah OPPO Reno5 cocok untuk penggemar fotografi?

Ya. Sekadar mengingatkan, seri OPPO Reno memang selalu menjadikan sektor kamera sebagai salah satu nilai jual utamanya. Tidak heran jika pada Reno5 pun Anda bisa berharap akan disuguhkan kualitas foto di atas rata-rata di segala kondisi pemotretan, termasuk low light.

OPPO Reno5 hadir dengan kamera utama 64 megapixel f/1.7, sensor 8 megapixel dengan lensa ultra-wide f/2.2, sensor 2 megapixel macro f/2.4, dan sensor 2 megapixel mono f/2.4. Untuk selfie, ada kamera 44 megapixel di depan. Fitur unggulan yang ada di generasi sebelumnya kembali hadir di sini tentunya dengan peningkatan, misalnya AI Color Portrait Ultra-Night Selfie Mode, Night Flare Portrait, dan Ultra-Dark Mode. Tidak ketinggalan ada fitur ada fitur Ultra-Clear 108MP Image untuk mengambil foto dengan resolusi hingga 108MP.

Ulasan lengkap tentang kemampuan kamera OPPO Reno5 bisa dibaca di artikel ini.

Apakah Reno 5 cocok digunakan pencipta konten video?

Perlu diketahui bahwa di Reno5, OPPO memang secara khusus mengembangkan kemampuan videografinya. Menurut OPPO, kamera Reno5 didukung teknologi Full Dimension Fusion Portrait Video System agar dapat merekam gambar yang jelas dalam skenario apa pun, baik itu siang, malam, dalam cahaya latar yang kuat, saat bergerak atau saat berdiri diam.

Bukan cuma itu, teknologi tersebut juga memastikan subjek potret dan latar belakang didefinisikan secara jelas dan alami, sekaligus memberikan dasar dari berbagai efek video potret pada seri OPPO Reno5 dapat diterapkan secara optimal. Intinya, kamera OPPO Reno5 bisa diandalkan untuk merekam video baik saat siang maupun malam hari.

Tidak ketinggalan ada pula mode Ultra Steady dan Ultra Steady Pro yang akan membantu Anda mendapatkan hasil rekaman yang stabil tanpa alat bantu seperti gimbal. Soal resolusi, kamera OPPO Reno5 bisa merekam hingga 4K.

Apakah OPPO Reno5 juga cocok untuk gamer?

Dengan paduan chipset Qualcomm Snapdragon 720G, RAM 8 GB dan memori 128 GB, OPPO Reno 5 bisa diandalkan untuk main game dengan serius. Kombinasi ini sudah cukup mumpuni untuk memberikan performa yang oke (tidak selalu rata kanan) saat memainkan game-game masa kini seperti LoL: Wild Rift, PUBG Mobile, Arena of Valor, dan sebagainya.

OPPO Reno5 juga sudah menggunakan layar dengan panel AMOLED berukuran 6,4 inci Full HD+. Selain tajam dan kaya warna, layar Reno 5 ini telah mendukung refresh rate 90Hz (180Hz touch sampling rate) untuk menyajikan gerakan yang lebih halus.

OPPO OPPO Reno5 juga punya beragam fitur khusus gaming seperti: Gaming Shortcut Mode yang akan mempercepat peluncuran aplikasi game di Game Space dengan memangkas waktu memuat aplikasi, antarmuka, hingga menghilangkan kemunculan logo studio/developer di awal membuka game sehingga lebih cepat masuk ke permainan.

Kemudian ada Adjustable Gaming Touch untuk mengoptimalkan algoritma sentuh, sehingga memungkinkan pemain mengubah parameter sentuh seperti daya respon, kehalusan, dan sensitivitas gyroscope. Bagi yang tidak suka terganggu notifikasi, Reno5 menyediakan fitur Bullet Screen Message.

Fitur baru apa yang ada di Reno5 dan belum tersedia di Reno4?

Soal fitur baru, kamera OPPO Reno5 menawarkan fitur bernama AI Mixed Portrait untuk menggabungkan video portrait dengan video latar belakang alias background, Dual-View Video, untuk mengaktifkan perekaman video pada kamera belakang dan kamera depan secara bersamaan, dan AI Highlight Video yang menggunakan algoritma kecerdasan buatan untuk mendeteksi kondisi cahaya dan secara otomatis menerapkan algoritma yang diperlukan berdasarkan skenario kondisi cahaya yang berbeda.

Ulasan lengkap tentang kemampuan kamera OPPO Reno5 bisa dibaca di artikel ini. Sedangkan video tentang tiga fitur videografi baru di OPPO Reno5 bisa ditonton di video yang ada di Channel Youtube YANGCANGGIH.COM

Satu hal menarik lainnya yang membedakan Reno5 dengan pendahulunya adalah keberadaan teknologi 50W Flash Charge. Menurut OPPO, teknologi ini mampu mengisi daya 66,6 persen lebih cepat dibanding Reno4. Dengan baterai sebesar 4.310 mAh, mengisi daya selama 5 menit memungkinkan menonton video selama 3 jam. Sedangkan untuk dapat terisi penuh pun hanya butuh waktu 48 menit saja.

Anda juga tidak perlu khawatir soal charger karena dalam paket penjualannya, OPPO Reno5 sudah langsung menyediakan charger bawaan yang mendukung penuh kemampuan 50W Flash Charge. Bahkan charger tersebut bisa pula digunakan pada ponsel OPPO tertentu dengan teknologi SuperVOOC.

Apa sistem operasi OPPO Reno5?

OPPO Reno5 sudah mengadopsi ColorOS 11.1 berbasis Android 11, alias versi yang paling baru. Selain kinerja yang lebih mulus, setidaknya ada 7 fitur baru yang amat berguna untuk mendukung pemakaian sehari-hari. Simak ulasan lengkap soal fitur-fitur ColorOS 11.1 di tautan berikut ini.

Kapan pre-order dan penjualan perdana OPPO Reno5 dibuka?

Pre-order Reno5 dibuka pada 13-21 Januari 2021 di Shopee dan jaringan toko OPPO Store di seluruh Indonesia. Penjualan perdana sendiri siap digelar pada 22 Januari 2021. Catat tanggalnya dan jangan sampai kehabisan!

Apakah akan ada model lainnya dari keluarga Reno5 Series?

Ya, ada! Selain Reno5, OPPO juga tengah menyiapkan Reno5 5G yang dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 765G. Kabarnya, perangkat yang satu ini baru akan dirilis pada Februari 2021 mendatang. Sayangnya belum ada informasi soal harganya.

Yang lebih menarik, OPPO pun akan meluncurkan satu model lainnya yang diklaim hanya akan tersedia untuk pasar Indonesia. Nama produknya adalah OPPO Reno5 F dan dijadwalkan meluncur ke pasaran pada April 2021 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel lain