Review Kamera OPPO Reno 5, Lengkap dengan Hasil Foto & Video

Mengandalkan Deretan Fitur Video yang Unik dan Kreatif

Reader Rating1 Vote
9.4
8.5

OPPO menyiapkan Reno 5 sebagai produk pembuka di tahun 2021. Menggantikan OPPO Reno4, dari sisi spesifikasi tampaknya tidak banyak yang berubah. Tapi ternyata OPPO telah memasukkan banyak peningkatan dari sisi kamera, khususnya untuk videografi.

Dengan fitur-fitur baru tersebut, OPPO Reno5 diklaim akan menjadi smartphone yang menunjang kreativitas pengguna saat membuat konten video. Ini penting mengingat naiknya popularitas platform media sosial seperti TikTok yang fokus pada konten video.

Tidak hanya fitur video, Reno 5 juga meningkatkan kualitas hasil fotonya. Seperti apa? Simak ulasan kamera OPPO Reno5 berikut ini.

Hasil foto Reno5 di kondisi cahaya ideal

Tidak ada kejutan di sini. OPPO Reno 5 mampu menyajikan hasil foto yang tajam dengan saturasi warna cemerlang tapi terkendali. Reproduksi warna tidak terlalu matang atau berlebihan saturasinya. Warna kulit sedikit kemerahan, tapi masih cukup alami, seperti terlihat di foto berikut.

normal zoom
Kami juga mencoba memotret dari jarak dekat. Mengingat tidak ada mode makro, jarak fokus cukup panjang, mencapai hampir 20cm. Berikut contoh foto mainan dengan pencahayaan alami dari matahari yang masuk ke jendela di siang hari. Warna yang ditangkap masih alami dan tidak melenceng jauh dari obyek aslinya.

IMG20200201045453

Mode Portrait juga bisa diandalkan, dengan separasi subyek dan latar yang lebih rapi. Hasil foto Portrait akan lebih optimal jika latar tidak terlalu kompleks dan memiliki jarak cukup jauh seperti contoh foto berikut.

portrait mode

Anda juga bisa menjepret foto dengan resolusi 64MP dan Extra HD (108 megapixel). Hasilnya tidak akan terlihat perbedaannya, jika hanya dilihat di layar ponsel saja. Tapi jika dicetak di media berukuran besar, detil tambahannya baru akan terlihat. Berikut contoh hasil foto dalam setting Extra HD.

Extra HD 108 megapixel

IMG20210105173402

OPPO Reno5 juga punya kamera ultra lebar dengan resolusi 8 megapixel yang hasilnya cukup baik. Memang belum sebaik kamera utamanya dalam hal ketajaman, detil maupun reproduksi warna, tapi ada peningkatan dari sisi distorsi yang lebih minim dibandingkan seri Reno terdahulu. Berikut hasil foto kamera ultra lebar Reno5 tanpa penyuntingan.

ultra wide

ultrawide night mode

Selain kamera ultra lebar, Anda bisa memotret telephoto hingga zoom digital 5x. Dan ternyata hasilnya cukup baik. Berikut hasil perbandingan foto kamera OPPO Reno5 dalam berbagai setting focal length. Semua foto yang ditampilkan tidak disunting. Hasil foto dan video OPPO Reno5 bisa dilihat di akun Flickr resmi YANGCANGGIH.COM.

Ultra wideultra wide

Zoom 1xnormal zoom

Zoom digital 2x2x zoom digital

Zoom digital 5x5x zoom digital

Zoom digital 5x
zoom 5x

Zoom digital 2x
zoom 2x

Hasil foto Reno5 menggunakan zoom digital 5x ternyata cukup mengejutkan. Detil gambar yang dihasilkan tentunya kalah jauh dibandingkan kamera utamanya, tapi masih amat layak jika hanya dibagikan melalui Whatsapp atau dipajang di media sosial.

 

Peningkatan hasil foto saat low light

Dibandingkan OPPO Reno4, hasil foto malam hari atau low light Reno5 terlihat lebih baik terutama dengan Night Mode.  Selain lebih jernih, hasil foto dengan Night Mode juga mampu memberikan keseimbangan exposure yang lebih pas. Tingkat noise yang lebih rendah dan detil gambar juga ditemukan pada hasil foto malam OPPO Reno5 .

Perbandingan Night Mode & Normal Mode

normal mode

night mode

 

Seperti terlihat, rentang dinamis (dynamic range) pada hasil foto dengan Night Mode terlihat lebih luas sehingga area gelap terangkat detilnya dengan saturasi warna yang terjaga cukup tinggi. Jika kurang menyukai hasil foto dengan Night Mode, Anda bisa menggunakan Expert Mode untuk memotret foto long exposure dengan setting ISO dan kecepatan rana yang diinginkan.

Lalu bagaimana dengan kamera ultra lebarnya saat malam hari? Berikut perbandingan hasil foto normal zoom dan kamera ultra lebar pada Night Mode.

Perbandingan Night Mode dengan kamera ultra lebar dan kamera normal zoom

night mode

ultra wide night mode

night mode

ultra wide night mode

Dari pengujian, terlihat hasil foto Reno5 saat malam hari mengalami peningkatan jika dibandingkan OPPO Reno4.

Tidak hanya itu, memotret malam hari dengan zoom digital aktif juga dimungkinkan. Kami cukup terkejut saat Reno5 masih bisa menangkap hasil foto malam hari pada setting zoom digital 5x seperti berikut.

Memang hasilnya tidak spektakuler dan jauh dari bersih, tapi setidaknya detil gambar masih cukup lumayan jika foto hanya dilihat di layar ponsel saja.

Kamera depan yang andal dari sisi video maupun foto

Beralih ke kamera depan, Reno5 memiliki mode selfie Night Mode, yang identik dengan Night Mode di kamera belakang. Fitur ini berguna untuk memotret selfie di malam hari dengan latar yang gelap atau terlalu terang, seperti contoh berikut.

Normal selfie
IMG20210111220137

Night Mode selfie
IMG20210111220127

Selfie Night Mode akan bisa meningkatkan dynamic range sehingga hasil foto terlihat lebih alami dan tidak terlalu kontras antara subyek dan latar. Selain itu, foto selfie pada Night Mode juga menggunakan kecepatan rana lebih cepat sehingga membuat hasil foto tidak kabur walaupun tangan sedikit berguncang seperti pada contoh foto berikut.

Night Mode selfie
selfie normal mode

Normal selfie
selfie night mode

Fitur videografi kreatif untuk menciptakan konten menarik

Peningkatan sesungguhnya yang diusung OPPO Reno5 akan ditemukan di sisi videografi. Tercatat ada 3 fitur video baru yang masih belum dimiliki kebanyakan smartphone lain di kelasnya. Bahkan ponsel flagship seperti Samsung Galaxy Note 20 Ultra maupun Apple iPhone 12 sekalipun juga belum memiliki beberapa fitur video yang ada di OPPO Reno5.

Yang pertama adalah AI Mixed Portrait yang bisa menggabungkan video portrait dengan video latar yang berbeda. Mekanismenya seperti double exposure di fotografi yang menggabungkan dua foto, tapi dalam bentuk video. Berikut hasil kreasi dengan AI Mixed Portrait (720p).

AI Mixed Portrait vertikal

Tergantung kreativitas pengguna, hasil AI Mixed Portrait bisa beralih dari aneh menjadi memukau. Yang jelas, fitur ini akan berguna bagi para pencipta konten di platform seperti TikTok dan Instagram.

Kemudian fitur video keren lainnya adalah AI Highlight Video. Dengan fitur ini, Reno5 dapat mendeteksi kondisi cahaya dan secara otomatis menerapkan algoritma yang diperlukan berdasarkan skenario kondisi cahaya yang berbeda. Tercatat ada dua mode yang bisa diterapkan di mode ini yaitu Ultra Night Video dan Live HDR.

Berikut contoh perbandingan Ultra Night Video dan video biasa yang direkam dalam waktu bersamaan.

Ultra Night VideoAI Highlight Video (Night mode)

Mode video biasaNormal video mode

Seperti terlihat, hasil Ultra Night Video jauh lebih terang dan jernih dengan noise yang cukup minimal. Tapi perlu dicatat, Ultra Night Video ini menggunakan kecepatan rana yang rendah sehingga rentan pada pergerakan. Jadi saat merekam dalam mode ini, pastikan gerakan Anda tidak terlalu cepat dan tangan tetap stabil. Sebagai catatan, resolusi maksimum dalam mode ini terbatas di Full HD.

Untuk merekam dengan rentang warna lebih luas di kondisi cahaya yang baik, AI Highlight Video akan mengaktifkan AI Live HDR. Hasilnya, area di daerah bayangan dan gelap akan terlihat lebih terang. Berikut contoh hasil video dengan AI Live HDR.

AI Highlight video : HDR

Fitur videografi Reno5 yang paling menarik adalah Dual View Video. Fitur ini memberi kemampuan OPPO Reno5 untuk merekam video dari kamera depan dan kamera belakang sekaligus, dengan suara. Tidak hanya itu, Reno5 juga memberikan tiga opsi pengaturan tampilan hasil Dual View Video. Pertama adalah Split, yang membagi video menjadi dua bagian berukuran sama seperti hasil video berikut ini.

VID20210105181148

Kemudian ada Round dan Rectangle untuk menampilkan video dengan efek PiP (Picture in Picture) dalam bentuk kotak dan lingkaran. Mirip seperti video livestreaming main game yang marak di YouTube. Berikut contoh hasilnya.

Dual Video :PiP

Mencermati hasilnya, fitur ini akan sangat berguna bagi vlogger makanan, travel, atau reviewer yang ingin merekam dua perspektif secara langsung dari satu perangkat.

Tapi tidak hanya itu saja, reviewer travel juga akan menyukai fitur Ultra Steady dan Ultra Steady Pro. Dua fitur ini berguna untuk menyetabilkan hasil rekaman video saat pengguna bergerak sambil merekam video. Perlu diingat, dua fitur ini akan benar-benar efektif di kondisi cahaya ideal dengan keterbatasan resolusi rekam video di Full HD. Gerakan yang terlalu cepat dan tiba-tiba masih belum dapat dikoreksi dengan sempurna, tapi gerakan lari sambil merekam bisa diatasi cukup baik.

Berikut contoh hasil rekaman video menggunakan mode Ultra Steady dan Ultra Steady Pro (klik untuk memutar video).

ultra steady pro

ultra steady

Fitur gerak lambat atau slow-motion video masih dapat ditemukan di Reno5, dengan pilihan perekaman. Anda bisa menyuruh Reno5 merekam jika mendeteksi gerakan, atau langsung merekam saat tombol rekam ditekan. Untuk video gerak lambat 960fps, resolusinya terbatas di 720p. Berikut contoh video gerak lambat 480fps Full HD.

slow motion 480fps 1080p

Smartphone dengan fitur yang sesuai tren


OPPO Reno5 merupakan contoh ideal bagaimana pabrikan smartphone berhasil mengoptimalkan smartphone dengan SoC teruji dan memberikannya identitas serta kemampuan baru. Keputusan OPPO masih mempertahankan chipset Qualcomm Snapdragon 720G memang mengundang pertanyaan. Tapi pertanyaan itu terjawab setelah kami mencoba kamera Reno5.

Review ini juga mengingatkan bahwa kecanggihan sebuah smartphone tidak hanya dapat dinilai dari penggunaan SoC terbaru atau chip pemroses gambar paling mutakhir. Kematangan pabrikan mengoptimalkan software yang ditanamkan dalam smartphone juga menjadi faktor yang tidak kalah penting.

Dibandingkan dengan seri Reno terdahulu, OPPO Reno5 jauh lebih superior untuk urusan foto dan video. Tidak hanya mengusung fitur-fitur unik yang belum ada di ponsel kelas flagship sekaligus, kualitas hasil foto dan video Reno5 juga lebih baik jika dibandingkan Reno4.

Lalu siapa pengguna yang akan terpuaskan oleh kemampuan kamera OPPO Reno5? Bagi Anda yang sedang gandrung atau ingin lebih kreatif menciptakan konten video atau penggemar fotografi yagn suka mengambil foto dari sudut ekstra lebar, OPPO Reno5 tampaknya menjadi pilihan yang terbaik saat ini.

Tidak hanya mereka, pengguna awam yang menginginkan sebuah smartphone ringkas dengan kemampuan video dan foto yang baik juga wajib melirik OPPO Reno5.

 

Kelebihan OPPO Reno5

+ Hasil foto dengan Night Mode amat baik, terutama dengan kamera utama

+ Kualitas foto bagus, lebih baik dari Reno4

+ Penyetabil Ultra Steady dan Ultra Steady Pro cukup efektif di kondisi cahaya ideal

+ Kamera ultra lebar dengan hasil lebih baik dan distorsi lebih terkendali

+ Hasil foto dengan zoom digital cukup memadai untuk media sosial

+ Memiliki fitur video kreatif yang belum ada di smartphone lainnya

+ AI Highlight Video langsung meningkatkan kualitas video malam hari

+ Pengaturan video gerak lambat yang lengkap, termasuk deteksi gerak

+ Kualitas kamera depan amat baik, untuk foto maupun video.

+ Night Mode Selfie efektif menghasilkan foto selfie malam hari yang baik

+ Rekaman audio dari mikrofon internal tergolong jernih dan jelas, walaupun di kondisi ramai

 

Kekurangan OPPO Reno5

– Mode Ultra Steady dan Ultra Steady Pro terbatas resolusinya

– Penyetabil belum dapat mengimbangi gerakan yang cepat dan acak

– AI Highlight Video belum dapat digunakan berbarengan dengan Ultra Steady

– Hasil foto dengan kamera ultra lebar di kondisi minim cahaya kurang detil dengan saturasi warna yang menurun

– Hasil foto 64 megapixel dan Extra HD hanya sebatas resolusi saja

Andal untuk foto dan video
Lalu siapa pengguna yang akan terpuaskan oleh kemampuan kamera OPPO Reno5? Bagi Anda yang sedang gandrung atau ingin lebih kreatif menciptakan konten video atau penggemar fotografi yagn suka mengambil foto dari sudut ekstra lebar, OPPO Reno5 tampaknya menjadi pilihan yang terbaik saat ini.Tidak hanya mereka, pengguna awam yang menginginkan sebuah smartphone ringkas dengan kemampuan video dan foto yang baik juga wajib melirik OPPO Reno5.
Fitur
9.5
Hasil foto
8
Hasil video
8.5
Harga
8
Reader Rating1 Vote
9.4
8.5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fitur
Hasil foto
Hasil video
Harga
Final Score

Artikel lain