[CES 2021] JBL Bar 5.0 MultiBeam: Soundbar dengan Virtual Dolby Atmos dan Dukungan Google Assistant

Tidak hanya produk-produk dari ranah PC, CES 2021 juga diwarnai perangkat baru dari kategori lainnya misalnya audio. Di ajang tahun ini, JBL memperkenalkan JBL Bar 5.0 Multibeam yang menjadi soundbar pertamanya dengan dukungan Virtual Dolby Atmos.

Spesifikasi JBL Bar 5.0 MultiBeam

svg%3E

Virtual Dolby Atmos pada JBL Bar 5.0 MultiBeam hadir berkat teknologi Multibeam. Meski ‘virtual’, JBL mengklaim efek 3D audio yang dihasilkan masih layak disejajarkan dengan soundbar lama mereka yang mengusung Dolby Atmos, yakni JBL Bar 9.1.

Sekadar informasi, Virtual Dolby Atmos sudah banyak digunakan pada beragam soundbar untuk menciptakan efek simulasi seperti memiliki speaker yang terpasang di langit-langit. Dengan efek yang diklaim mirip dengan Dolby Atmos non-virtual, JBL Bar 5.0 Multibeam bisa dijual dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

svg%3E

Soal kualitas suaranya, JBL Bar 5.0 MultiBeam menggunakan 5 driver, tiga di antaranya menghadap ke depan dan dua lainnya menghadap ke samping. Ada pula subwoofer dengan 4 passive radiator untuk menciptakan suara bass yang lebih bertenaga.

svg%3E

Selain itu, JBL tidak lupa menyediakan dukungan untuk memutar audio secara nirkabel, baik melalui Bluetooth, Apple Airplay 2, hingga Google Cast. Yang lebih menarik, JBL Bar 5.0 MultiBeam juga memungkinkan pengendalian lewat perintah suara melalui Google Assistant dan Amazon Alexa.

Harga JBL Bar 5.0 MultiBeam

JBL memang belum mengumumkan tanggal pasti kapan JBL Bar 5.0 MultiBeam akan tersedia di pasaran. Bocorannya sekitar awal hingga pertengahan 2021. Soal harga, JBL Bar 5.0 MultiBeam dijual di angka US$399.95 atau kurang lebih 5,6 juta rupiah. Bagaimana menurut Anda? Tertarik?