Samsung Perkenalkan TV Neo QLED dengan Teknologi Quantum Mini LED

Jelang CES 2021, Samsung Electronics memperkenalkan teknologi baru yang akan menjadi unggulan utama di jajaran TV premium mereka. Disebut Neo QLED, teknologi yang berbasis pada sumber cahaya Quantum Mini LED ini siap hadir melalui model flagship Samsung QN900A 8K dan Samsung QN90A 4K.

Teknologi Neo QLED

svg%3E

Dalam rilis pers yang diterima Yangcanggih, Kamis (7/1), Samsung menjelaskan bahwa Neo QLED mengandalkan Quantum Mini LED yang dikontrol secara presisi dengan dukungan Quantum Matrix Technology dan Neo Quantum Processor.

Quantum Matrix Technology memungkinkan penonton untuk menikmati konten sesuai dengan yang diinginkan oleh pembuatnya. Nantinya, Neo QLED akan meningkatkan skala luminance menjadi 12-bit dengan 4096 langkah, membantu membuat area gelap menjadi lebih gelap dan area terang menjadi lebih cerah, serta menghasilkan pengalaman HDR yang lebih presisi dan imersif.

svg%3E

Sementara Neo Quantum Processor menggunakan hingga 16 model jaringan neural yang berbeda yang masing-masing memiliki kemampuan AI upscaling dan teknologi deep learning. Dengan begitu, Neo Quantum Processor dapat mengoptimalkan kualitas gambar menjadi 4K dan 8K terlepas dari kualitas sumbernya.

Yang lebih menarik, tinggi dari Quantum Mini LED ini diklaim hanya 1/40 dari LED konvensional. Alih-alih menggunakan lensa untuk menyebarkan cahaya, dan paket untuk mempertahankan posisi LED di tempatnya, Quantum Mini LED memiliki lapisan-lapisan mikro yang sangat tipis yang diisi dengan lebih banyak LED.

Samsung Neo QLED 8K 2021 mengusung Infinity One Design baru dengan bezel yang amat tipis, bahkan nyaris bezel-less. Agar memudahkan proses instanlasi dan membuat tampilan lebih estetis, TV anyar ini menggunakan sistem manajemen kabel yang disebut Slim One Connect Box.

svg%3E

svg%3E

Ada pula teknologi Object Tracking Sound (OTS) Pro yang memungkinkan keluaran audio mengikuti pergerakan obyek di layar. Selain itu, SpaceFit Sound mampu menganalisis lingkungan di sekitar TV dan mengatur audio agar lebih sesuai dengan ruangan yang digunakan.

Era baru Micro LED

Selain Neo QLED yang berbasis Quantum Mini LED, Samsung juga memberikan bocoran tentang TV berbasis Micro LED yang nantinya akan tersedia dalam ukuran 110 inci dan 90 inci. Bedanya dengan Quantum Mini LED, Micro LED menggunakan lampu LED berukuran mikrometer untuk mengeliminasi cahaya latar dan filter warna yang digunakan pada layar konvensional. Menyala sendiri, menghasilkan warna, serta kecerahan yang hidup melalui 24 juta LED yang dikontrol secara individual.

svg%3E

Samsung mengklaim, perpaduan dengan Monolith Design akan menghadirkan rasio screen-to-body lebih dari 99 persen! Kerennya lagi, TV Micro LED dari Samsung didukung fitur 4Vue (Quad View); begitu juga Neo QLED; untuk menonton empat sumber konten yang berbeda secara bersamaan di satu layar.

The Frame 2021

Terakhir adalah generasi terbaru dari The Frame, lini Lifestyle TV dengan desain yang lebih tipis (hanya setengahnya dibandingkan versi terdahulu). Opsi bezel baru yang dapat dilepas-pasang hadir dalam lima pilihan warna dan dua style berbeda yakni Modern dan Beveled, agar cocok dengan estetika ruangan manapun The Frame ditempatkan.

svg%3E

Dengan berlangganan Art Store terbaru dari The Frame, pengguna dapat menikmati lebih dari 1.400 karya. Teknologi kurasi otomatis berbasis AI baru dari Samsung mampu menganalisis preferensi individual konsumen dengan lebih baik untuk merekomendasikan karya seni dengan lebih tepat.

Verified by MonsterInsights