Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Qualcomm Snapdragon 678: Penerus Snapdragon 675 dengan CPU dan GPU Lebih Kencang

Sejak diumumkan pada tahun 2018 lalu, Snapdragon 675 akhirnya punya penerus. Qualcomm kini mengumumkan kehadiran Snapdragon 678 dengan sederet peningkatan pada performa CPU dan GPU, serta efisiensi daya dibanding generasi sebelumnya.

Spesifikasi Snapdragon 678

Qualcomm Snapdragon 678

 

Qualcomm Snapdragon 678 mengusung CPU Kryo 460 berkecepatan hingga 2.2GHz. Sekadar informasi, pendahulunya menggunakan CPU yang sama tapi dengan kecepatan yang lebih rendah, 2GHz. Sementara untuk urusan grafis masih dipercayakan pada Adreno 612 yang diklaim Qualcomm telah ditingkatkan performanya dan lebih hemat daya. Soal gaming, Snapdragon 678 dioptimalkan untuk Unity, Messiah, NeoX, dan Unreal Engine 4.

‚ÄúSnapdragon 678 menghadirkan kemampuan mobile yang banyak diminati untuk hiburan sehari-hari, dengan kecepatan luar biasa cepat melalui koneksi yang dapat diandalkan dan daya tahan baterai yang tahan lama untuk konsumen di seluruh dunia,” ujar Kedar Kondap, Vice President, Product Management, Qualcomm Technologies, Inc.

Chipset ini mengusung ISP Qualcomm Spectra 250L untuk menunjang kemampuan fotografi dan videografinya. Hal itu membuat Snapdragon 678 cocok dipasangkan dengan konfigurasi single camera hingga 25 megapixel atau 48 megapixel snapshot.

Qualcomm AI generasi ke-3 dan fitur-fitur seperti Portrait Mode atau Mode Potret (Bokeh), Low-Light Capture atau Pengambilan Cahaya Rendah, dan Laser Autofocus juga tersedia. Perangkat dengan Snapdragon 678 juga memungkinkan pengguna untuk dapat merekam video HD 4K tanpa batas. Tidak ketinggalan, chipset ini didukung fitur perekaman slo-mo, optical zoom 5x, dan portrait mode.

Qualcomm Snapdragon

Dari sektor konektivitas, Qualcomm Snapdragon 678 mengandalkan Snapdragon X12 LTE Modem yang mendukung carrier aggregation dengan kecepatan unduhan hingga 600 Mbps dan unggah hingga 150 Mbps. Sementara teknologi pengisian dayanya mengandalkan Qualcomm Quick Charge 4+.

Meluncur tahun 2021

Belum ada informasi soal perangkat apa yang akan menjadi yang pertama menggunakan Snapdragon 678. Meski begitu, hampir bisa dipastikan bahwa smartphone dengan chipset ini baru akan tersedia di pasaran pada tahun 2021 mendatang.

Back to top button