Kelebihan dan Kekurangan realme 7 Pro

Memilih smartphone kelas menengah dari realme bisa jadi cukup membingungkan. Pasalnya, untuk pasar Indonesia realme memiliki lini produk yang amat variatif dan selalu mengisi kekosongan di setiap kelas harga. Karena itu, penting untuk memahami terlebih dahulu apakah smartphone yang akan Anda pilih adalah yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Dalam artikel kali ini kami ingin menjelaskan apa saja kelebihan dan kekurangan dari realme 7 Pro. Harapannya, Anda yang tertarik dengan ponsel seharga 4 jutaan rupiah itu bisa lebih mengenal dan segera memutuskan untuk membelinya atau tidak. Yuk, langsung saja simak:

Kelebihan realme 7 Pro

1. Desain cukup oke dan nyaman digenggam

svg%3E

Tampilan ekterior realme 7 Pro terlihat cukup berbeda dibanding generasi sebelumnya. Aksen garis yang ditarik lurus melewati frame kamera tampak cukup menarik mata. Frame kamera belakang realme 7 Pro juga mengalami perubahan, yakni tidak lagi disusun vertikal seperti pada seri terdahulu. Di tangan kami, realme 7 Pro masih oke untuk digenggam dan dioperasikan dengan satu tangan. Perangkat ini punya ketebalan 8,7mm dengan bobot 182 gram.

2. Layar sedap dipandang

svg%3E

realme 7 Pro mengandalkan layar dengan panel Super AMOLED berukuran 6,4 inci dan resolusi Full HD+. Selain punya kualitas gambar yang memanjakan mata, memakai panel Super AMOLED juga memungkinkan realme menghadirkan fitur in-display fingerprint sensor.

3. Kemampuan fotografi dan videografi tergolong baik

svg%3E

realme 7 Pro dipersenjatai 4 kamera belakang dengan sensor utama Sony IMX682 64 megapixel f/1.8, yang ditemani kamera ultrawide 8 megapixel, kamera makro 2 megapixel, dan satu kamera portrait 2 megapixel. Untuk yang gemar selfie, ada kamera 32 megapixel di depan. Ada tambahan mode menarik seperti Nightscape Pro, Video Ultra Nightscape, Mode Tripod, Mode Portrait, AI Color Portrait, Panorama, serta dibekali rangkaian filter malam paling populer, yakni Cyberpunk, Flamingo dan Modern Gold.

IMG20201031082839

IMG20201102130246

IMG20201026181503

IMG20201026181512

realme 7 Pro mampu menangkap gambar dengan baik ketika cahaya memadai. Kontras warna tidak tampak berlebihan, bahkan cenderung natural. Untuk pemotretan di kondisi cahaya yang minim alias low light, Anda bisa memanfaatkan mode Nightscape Pro. Hasilnya fotonya juga tetap mempertahankan nuansa malam dengan baik.

Untuk kebutuhan videografi, kamera belakang realme 7 Pro sudah mendukung perekaman hingga resolusi 4K di 30fps atau 1080p di 60fps. Selain itu, Anda juga dapat membuat video Slow Motion di resolusi 720p 240fps atau 1080p di 120fps. Ada pula fitur pendukung seperti Ultra Steady Video, Ultra Steady Max, Ultra Nightscape Video, Bokeh Video, AI Color Portrait Video, dan masih banyak lagi.

4. 65W SuperDart Charge

svg%3E

Teknologi fast charging yang dikedepankan realme kali ini tidak main-main. Menanamkan 65W SuperDart Charge pada sebuah ponsel kelas menengah membuat realme 7 Pro punya keunggulan yang belum tentu dimiliki oleh produk pesaingnya. 65W SuperDart Charge pada realme 7 Pro dapat mengisi daya hingga 13 persen dalam 3 menit dan 100 persen dalam 34 menit.

5. Performa oke, asyik untuk gaming

Untuk urusan performa, realme 7 Pro mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 720G dengan RAM LPDDR4X 8 GB dan storage internal UFS 2.1 sebesar 128 GB. Sejauh pengujian kami, performa realme 7 Pro sesuai ekspektasi. Penggunaan standar sehari-hari terasa gesit dan belum pernah kami temui kendala yang berarti. Untuk gaming pun menyenangkan.

svg%3E

PUBG Mobile bisa dimainkan di setting grafis Balance-Ultra dengan nyaman dan stabil. Jarang sekali kami melihat frame rate drop meski di kondisi pertempuran yang cukup ramai. Sementara Asphalt 9 bisa berjalan lancar dengan frame rate yang juga stabil. Genshin Impact? Masih playable dengan catatan Anda harus memakai setting grafis paling rendah.

6. Sudah dibekali NFC

Kabar baik untuk Anda yang membutuhkan NFC, realme 7 Pro telah dibekali fitur tersebut.

7. Dual-Stereo Speaker

Sektor audio realme 7 Pro didukung dual-stereo speaker yang mampu menghasilkan suara lantang dan jernih. Selain itu, telinga Anda juga akan dimanjakan oleh teknologi Dolby Atmos dan Hi-Res.

Kekurangan realme 7 Pro

1. Refresh rate layar kembali ke 60Hz

Walaupun telah beralih ke panel Super AMOLED, sayangnya kali ini realme harus kembali ke layar dengan refresh rate 60Hz aja. Sekadar informasi, generasi sebelumnya sudah memakai layar 90Hz.

2. Akan lebih menarik jika kamera tele tidak dihilangkan

Ya, tidak ada lagi kamera tela di realme 7 Pro. Sebagai gantinya, Anda akan menemukan kamera portrait. Suka atau tidak tentunya kembali ke kebutuhan Anda masing-masing. Kalau kami pribadi, lebih menginginkan kamera tele dan sebaiknya kamera makro saja yang diganti.

svg%3E

3. Harga semakin tinggi

Anda yang mengikuti perkembangan smartphone kelas menengah realme mungkin akan menyadari bahwa realme 7 Pro diluncurkan dengan harga yang semakin mahal dibanding generasi sebelumnya.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan realme 7 Pro. Menurut kami, apa yang ditawarkan oleh realme 7 Pro layak membuatnya masuk jajaran smartphone kelas menengah paling menarik yang ada di pasaran Indonesia saat ini. Kehadiran teknologi 65W SuperDart Charge benar-benar menjadi faktor pembeda. Fitur yang sebelumnya hanya bisa Anda nikmati pada ponsel flagship yang jauh lebih mahal.