Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Qualcomm Snapdragon 888: Didukung GPU Super Kencang, Janjikan Gaming di 144 FPS

Qualcomm akhirnya mengumumkan kehadiran chipset kelas flagship terbarunya yang kali ini diberi nama Snapdragon 888. Ya, meski tampil sebagai penerus Snapdragon 865, Qualcomm lebih memilih nama Snapdragon 888 dibanding Snapdragon 875. Apa aja peningkatan yang ditawarkannya khususnya dalam hal performa?

Spesifikasi Qualcomm Snapdragon 888

Snapdragon 888

Satu hal yang tampak amat menggiurkan, Qualcomm menjelaskan bahwa Snapdragon 888 mengusung GPU Adreno terbaru yang performanya diklaim sebagai upgrade paling signifikan. Menurut Qualcomm, GPU Adreno pada Snapdragon 888 mampu menjalankan game di 144 fps (Frame Per Second) dan mendukung update GPU Driver.

Selain itu, ISP Spectra pada Snapdragon 888 dijanjikan 35 persen lebih kencang dibanding generasi sebelumnya. Itu artinya, ISP ini dapat menangkap data foto dan video pada 2,7 gigapixel per detik, atau sekitar 120 foto pada resolusi 12 megapixel.

Peningkatan lainnya ada pada Qualcomm AI Engine generasi keenam dengan prosesor Hexagon yang kini punya kinerja 26 TOPS. Sebagai perbandingan, kinerja pada Snapdragon 865 masih di kisaran 15 TOPS sementara Apple M1 ada di 11 TOPS.

Snapdragon 888 juga dibekali Qualcomm Snapdragon X60 5G Modem-RF System generasi ketiga, yang memungkinkan kompatibilitas global dengan menawarkan mmWave dan sub-6 pada seluruh pita-pita besar di dunia, termasuk mendukung 5G carrier aggregation, multi-SIM global, stand alone, non-stand alone, dan Dynamic Spectrum Sharing. Soal konektivitas lainnya, Snapdragon 888 mengusung WiFi 6E dan Bluetooth 5.2.

“Menciptakan pengalaman premium membutuhkan fokus berkelanjutan pada inovasi, komitmen jangka panjang, bahkan pada situasi yang penuh ketidakpastian sekali pun. Komitmen ini membutuhkan organisasi yang fokus
pada masa depan untuk terus mengantarkan tekologi-teknologi guna mendefinisikan ulang pengalaman premium kepada konsumen,” kata Cristiano Amon, President, Qualcomm Incorporated.

Xiaomi jadi yang pertama

Qualcomm memang tidak menyebutkan kapan Snapdragon 888 akan mulai tersedia di pasaran. Meski begitu, CEO Xiaomi, Lei Jun, memastikan bahwa smartphone pertama yang dipersenjatai chipset flagship super kencang ini akan datang dari produk terbaru mereka, yakni Mi11.

Back to top button