Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

[OPPO INNO DAY 2020] OPPO X 2021: Konsep Ponsel Masa Depan dengan Layar yang Bisa Digulung

OPPO INNO DAY 2020 resmi digelar. Seperti tahun sebelumnya, OPPO INNO DAY merupakan ajang bagi OPPO untuk memperkenalkan berbagai konsep teknologi masa depan garapan mereka. Salah satu teknologi yang paling canggih dan menarik yang dipamerkan oleh OPPO adalah OPPO X 2021. Seperti apa?

OPPO X 2021: ponsel dengan layar gulung

OPPO X 2021 Rollable Concept Handset

OPPO X 2021 merupakan konsep ponsel canggih dengan layar yang bisa digulung. Ya, bisa digulung, bukan dilipat seperti pada smartphone lain yang sudah ada di pasaran saat ini. Melalui konsep layar gulung tersebut, pengguna nantinya bisa mendapatkan format smartphone dan tablet di dalam satu perangkat.

Dikembangkan dengan inovasi layar berjenis continuously variable OLED display yang dapat memiliki dua ukuran, OPPO X 2021 bisa menjadi perangkat dengan layar sebesar 6,7 inci dan 7,4 inci jika ingin memuat lebih banyak konten atau multitasking. Dengan begitu, pengguna bisa menyesuaikan besaran layar ketika menikmati konten multimedia hingga bermain games.

OPPO X 2021 Rollable Concept Handset Gaming 1

Yang membuat OPPO X 2021 terlihat futuristik adalah caranya dalam menghadirkan layar lebih besar. Cukup dengan menyentuh salah satu bagian ponsel, layar akan melebar secara otomatis. Diklaim sebagai pencapaian tertinggi Research and Development (R&D) OPPO, teknologi apa yang memungkinkan OPPO X 2021 memiliki fitur canggih seperti ini?

Dalama acara temu pers secara online, Selasa (17/11), OPPO menjelaskan bahwa OPPO X 2021 merupakan konsep perangkat yang membawa 3 (tiga) penemuan teknologi yang menjadi hak milik OPPO. Ketiga teknologi tersebut antara lain Powertrain Roll Motor, 2-in-1 Plate, dan laminasi layar berkekuatan tinggi Warp Track yang dibuat dan dikembangkan sendiri oleh OPPO.

Dalam proses pengembangan perangkat OPPO X 2021, OPPO telah mengumpulkan berbagai pengalaman termasuk hak paten. Khusus untuk OPPO X 2021, OPPO telah mengajukan 122 paten, dan 12 di antaranya terkait dengan mekanisme pada layar gulung.

Eksplorasi dalam mengejar bentuk baru sebuah ponsel masa depan

Yang perlu digarisbawahi, OPPO X 2021 bukanlah sebuah produk. Ini adalah prototipe atau konsep perangkat yang nantinya akan terus dikembangkan oleh OPPO. Intinya, OPPO X 2021 merupakan wujud eksplorasi OPPO untuk mengejar bentuk baru sebuah smartphone masa depan. Kapan dan produk apa yang nantinya akan mengusung teknologi layar gulung masih menjadi tanda tanya.

OPPO X 2021

Sekadar informasi tambahan, eksplorasi dalam mewujudkan smartphone masa depan telah dilakukan OPPO sejak 2013 kala merilis OPPO N1, perangkat pertama di dunia dengan kamera berputar 206 derajat. Ponsel yang inovatif ini dilanjutkan di tahun berikutnya dengan kehadiran OPPO N3 yang dilengkapi kamera putar motorik pertama di dunia.

OPPO kembali melanjutkan proses eksplorasi dengan meluncurkan Find X di tahun 2018, yang memiliki struktur dual-track periskop inovatif dan dapat menyembunyikan kamera serta 11 komponen lainnya di dalam ponsel.

Back to top button