[Gadget Guide] OPPO Reno4, Reno4 Pro, dan Reno4 F, Pilih Mana?

OPPO Indonesia sudah menghadirkan tiga anggota keluarga Reno4 Series di Tanah Air. Ketika perangkat yang dimaksud antara lain OPPO Reno4, OPPO Reno4 Pro, dan OPPO Reno4 F. Dengan kisaran harga yang berbeda, masing-masing produk tentunya memiliki target pasarnya tersendiri.

Yang jadi pertanyaan, mana di antara OPPO Reno4, Reno4 Pro, dan Reno4 F yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda? Terkadang yang paling mahal tidak selalu menjadi yang paling ideal. Sebaliknya, seri termurah pun bisa jadi mampu memberikan kepuasan apabila fitur yang tersedia cocok dengan keinginan.

Nah, dalam artikel kali ini kami ingin memandu Anda dalam memilih antara OPPO Reno4, Reno4 Pro, dan Reno4 F. Setelah membacanya kami berharap Anda bisa lebih mudah menentukan mana seri Reno4 yang paling pas dengan kebutuhan, bukan sekadar berdasarkan budget semata.

Gemar memotret dan mengunggahnya ke media sosial?

svg%3E

Kalau pertimbangan utama Anda adalah soal kemampuan kamera, kabar baiknya adalah ketiga anggota keluarga OPPO Reno4 Series bisa diandalkan untuk mengabadikan momen dengan apik. Bahkan spesifikasi ketiganya mirip, yakni kamera utama 48 megapixel, kamera ultra-wide 8 megapixel, dan kamera mono 2 megapixel. Bedanya, Reno4 F tidak memiliki kamera macro melainkan menawarkan satu sensor 2 megapixel lainya.

Untuk hasil foto tentunya tidak 100 persen sama. Tapi yang wajib digarisbawahi, Reno4 F sebagai seri yang paling murah tetap punya kemampuan kamera yang patut diacungi jempol. Bisa dibilang tidak kalah bagus jika diadu dengan kedua saudaranya. Selain itu, semua seri Reno4 sama-sama didukung fitur menarik seperti AI Color Portrait dan AI Night Flare.

svg%3E

Yang pasti, apapun tipe yang Anda pilih, keluarga Reno4 Series terbukti memiliki kamera yang mumpuni di kelasnya dan pastinya layak untuk Anda pamerkan hasil fotonya ke media sosial. Jika dana memadai, kami sarankan Anda memilih Reno4 atau bahkan Reno4 Pro. Namun bila budget kurang, kami tetap yakin Reno4 F masih mampu memberikan kepuasan saat memotret.

Bodi Reno4 F paling tipis

svg%3E

Untuk Anda yang menyukai smartphone ramping yang nyaman digenggam dan dimasukkan ke saku celana, OPPO Reno4 F adalah jawabannya. Ketebalannya hanya 7,48mm dengan bobot yang juga ringan, yakni 164 gram saja. Sementara kedua saudaranya memiliki ketebalan 7,7mm.

Soal desain tidak perlu diragukan. Baik OPPO Reno4, Reno4 Pro, ataupun Reno4 F sama-sama tampil menawan dan stylish. OPPO Reno4 tersedia dalam warna Space Black dan Galactic Blue. Sedangkan Reno4 F punya varian Matte Black dan Metallic White. Untuk Reno4 Pro, ada pilihan warna Starry Night dan Silky White, serta menawarkan perbedaan di bagian depan karena mengusung layar 3D CurvedSuper AMOLED dengan rasio screen-to-body 92,01 persen.

OPPO Reno4 punya AON Smart Sensor

svg%3E

Salah satu kecanggihan OPPO Reno4 yang tidak dimiliki oleh kedua saudaranya adalah AON Smart Sensor. Bagi yang belum tahu, sensor pintar berdaya rendah ini dibekali AI (Artificial Intelligence) dengan kombinasi algoritma pengenalan yang cerdas, sehingga mampu mendeteksi pemilik ponsel dan menawarkan perlindungan privasi yang lebih baik.

Anda dapat memanfaatkan fitur canggih seperti Smart Spying Protection untuk mencegah orang lain melihat konten yang muncul di layar ponsel Anda. Ada juga fitur menarik lain seperti Smart AirControl untuk kontrol tanpa sentuhan, dan Smart Rotation yang dapat mendeteksi orientasi wajah pengguna dan ponselnya untuk menentukan kapan harus memutar layar.

Jika menurut Anda fitur-fitur tersebut sangat dibutuhkan, maka meminang OPPO Reno4 adalah solusi terbaik.

Anda seorang gamer?

svg%3E

Kalau membandingkan performa, OPPO Reno4 dan Reno4 Pro jelas lebih unggul dari Reno4 F. Keduanya dipersenjatai chipset Qualcomm Snapdragon 720G yang dikenal mampu memberikan performa bertenaga untuk beragam kebutuhan, termasuk gaming. Jadi jika Anda adalah seorang gamer yang gemar memainkan judul-judul populer seperti PUBG Mobile, Call of Duty Mobile, Asphalt, LoL: Wild Rift, atau eFootball PES 2021, kami sarankan untuk memilih Reno4 atau Reno4 Pro.

Lalu, bagaimana dengan Reno4 F? Bukan berarti performanya jelek. Berbekal chipset Helio P95, Reno4 F terasa sangat mulus dan lancar dalam pemakaian sehari-hari. Smartphone ini lebih cocok untuk Anda yang tergolong pengguna casual dan tidak terlalu menuntut kebutuhan grafis tinggi untuk bermain games.

OPPO Reno4 Pro dibekali teknologi fast charging paling canggih

svg%3E

Di antara ketiga smartphone ini, OPPO Reno4 Pro merupakan jawaranya saat berbicara soal teknologi fast charging. Bagaimana tidak, OPPO membenamkan fitur Super VOOC 2.0 65W, yang diklaim dapat mengisi daya smartphone dengan baterai 4.000 mAh ini hanya dalam waktu 36 menit saja. Pilihan yang sangat ideal bagi Anda yang selalu mobile dan tidak punya banyak waktu untuk mengisi ulang baterai ponsel. Sekadar informasi, OPPO Reno4 mengandalkan VOOC 4.0 30W dan Reno4 F 18W.

Butuh kapasitas storage ekstra besar?

Anda yang gemar menciptakan konten video pastinya membutuhkan ruang penyimpanan data yang besar. Untuk itu, kami sarankan Anda memilih OPPO Reno4 Pro yang menyuguhkan storage internal UFS 2.1 berkapasitas 256 GB. Dua kali lipat lebih besar dibanding Reno4 dan Reno4 F yang masih 128 GB.

Itulah beberapa pertimbangan yang bisa Anda jadikan acuan saat bingung memilih antara OPPO Reno4, Reno4 Pro, dan Reno4 F. Panduan soal harga tentunya kembali ke budget Anda masing-masing. Bagi yang belum tahu, OPPO Reno4 F dijual dengan harga Rp4.299.000. Sementara OPPO Reno4 harganya Rp4.999.000. Seri paling tinggi, Reno4 Pro, harus ditebus dengan dana Rp7.999.000.

SpesifikasiOPPO Reno4 FOPPO Reno4OPPO Reno4 Pro
LayarSuper AMOLED 6,43 inci Full HD+OLED 6,4 inci Full HD+Super AMOLED 6,5 inci Full HD+ 90Hz (HDR10)
SoCMediaTek Helio P95Qualcomm Snapdragon 720GQualcomm Snapdragon 720G
RAM8 GB8 GB8 GB
Memori internal128 GB128 GB256 GB
Kamera Belakang48 MP + 8 MP ultrawide + 2 MP mono + 2 MP48 MP + 8 MP ultrawide + 2 MP mono + 2 MP macro48 MP + 8 MP ultrawide + 2 MP mono + 2 MP macro
Kamera Selfie16 MP + 2 MP16 megapixel + AON Smart Sensor32 megapixel
Baterai4.000 mAh4.015 mAh4.000 mAh
Charging18W fast chargingVOOC 4.0 30WSuperVOOC 2.0 65W
Sistem OperasiColorOS 7.2 (Android 10)ColorOS 7.2 (Android 10)ColorOS 7.2 (Android 10)
Konektivitas4G LTE4G LTE4G LTE
Sistem KeamananIn-Display Fingerprint Sensor 3.0In-Display Fingerprint Sensor 3.0In-Display Fingerprint Sensor 3.0
WarnaMatte Black dan Metallic WhiteSpace Black dan Galactic BlueStarry Night dan Silky White.
Verified by MonsterInsights