Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa

Review OPPO Reno4 F: Seri Reno Paling Murah dan Paling Tipis



OPPO Reno4 F 3
8.3

Sebuah kejutan yang cukup menarik bagi kami ketika OPPO pertama kali mengumumkan akan merilis Reno4 F di Indonesia. Pasalnya, lewat teaser yang diunggah oleh akun Instagram resmi OPPO Indonesia, smartphone ini dijanjikan mempunyai bodi yang tipis, bahkan lebih tipis dari saudaranya, Reno4.

Tentunya apa yang ditawarkan oleh Reno4 F bukan hanya soal desain. OPPO mengemas smartphone ini menjadi perangkat yang menurut kami cukup mampu mendefinisikan perpaduan antara fashion dan teknologi. Penasaran seperti apa kecanggihannya? Yuk, langsung saja simak ulasan lengkap kami:

Desain OPPO Reno4 F

Setipis apa sih OPPO Reno4 F? Kalau melihat lembar spesifikasi, ketebalannya hanya 7,48mm dengan bobot yang juga ringan, yakni 164 gram saja. Jujur saja begitu mendapat kesempatan untuk mencoba smartphone ini, kami langsung jatuh hati dengan tampilan Reno4 F yang amat ramping. Bisa dibilang, ini seri Reno paling tipis yang pernah dirilis oleh OPPO di Indonesia.

OPPO Reno4 F 5

Ketika digenggam pun terasa nyaman dengan sensasi grip yang mantap. Buang jauh-jauh opini Anda yang beranggapan smartphone dengan bodi tipis cenderung memiliki tepian yang tajam. Desainer OPPO Reno4 F menggunakan teknik dengan tepi membulat pada sudut 220 derajat.

Kombinasi bodi tipis dan bobot yang ringan juga membuat OPPO Reno4 F lebih portabel dan ideal untuk dimasukkan ke dalam saku celana. Kami tergolong pengguna yang kesehariannya sering memakai celana jeans, dan Reno4 F bisa masuk ke saku jeans dengan mudah dan tidak terlihat menonjol.

OPPO Reno4 F 1

Sekadar informasi tambahan, bagi OPPO sendiri mengembangkan ponsel dengan bodi tipis bukanlah hal baru. Di tahun 2014 lalu, OPPO R5 hadir dengan ketebalan hanya 4,85mm saja dan tercatat sebagai smartphone paling tipis di dunia kala itu. Jadi, dengan bekal pengalaman tersebut Anda tidak perlu khawatir soal build quality dari OPPO Reno4 F.

Satu lagi yang kami suka dari desain Reno4 F adalah finishing Shiny Matte pada cover belakangnya. Selain membuatnya tampak premium, sentuhan Shiny Matte juga menjadi solusi agar bodi Reno4 F tidak mudah kotor oleh bekas jari. OPPO juga menggunakan teknik lapisan optik baru yang meningkatkan kedalaman lapisan dari 250 nanometer menjadi 400 nanometer.

Lapisan ini jika terkena cahaya akan menampilkan warna yang bervariasi dari sudut yang berbeda. OPPO sendiri menyediakan dua pilihan warna yang menawan untuk Reno4 F. Selain Matte Black yang yang terlihat kalem tapi tetap mengedepankan sisi elegan, ada pula Metallic White yang kalau diamati dari sudut tertentu akan menyajikan efek pink yang unik.

Reno4 F

Beralih ke bagian depan, Anda akan menemukan layar berukuran 6,43 inci dengan Mini Dual Punch-Hole yang memiliki diameter lebih kecil 3,7mm. Dipadukan dengan bezel yang tipis, layar OPPO Reno4 F dapat memberikan persentase rasio screen-to-body hingga 90,7 persen.

OPPO Reno4 F tentunya sudah mengusung port USB Type-C yang terletak di bagian bawah, berdampingan dengan lubang speaker dan port audio jack 3.5mm. Smartphone ini dibekali tiga slot yang terdiri dari dua slot nano SIM-card dan satu yang terdedikasi khusus untuk microSD.

Layar OPPO Reno4 F

Seperti disebutkan di atas, OPPO Reno4 F memiliki layar 6,43 inci. Panel yang digunakan adalah Super AMOLED dengan resolusi Full HD+, alias 2400×1080 pixel. Layar ini tampak terang karena tingkat kecerahannya mampu mencapai 800 nits, sehingga memudahkan kami untuk melihat konten pada layar di bawah sinar matahari yang terik.

OPPO Reno4 F 3

Dari segi kerapatan pixelnya tidak perlu diragukan. Gambar yang disajikan tampak tajam disertai dengan warna-warna vivid yang memanjakan mata. Intinya, untuk mendukung berbagai kebutuhan mulai dari browsing, media sosial, menonton film, hingga bermain games, layar Reno4 F menurut kami cukup memuaskan. Apalagi layar ini juga telah mendapatkan sertifikasi TUV Rheinland yang artinya lebih aman terhadap mata.

Pada layar ini pula Anda akan menemukan fitur In-Display Fingerprint Unlock 3.0. Ya, sensor sidik jari yang tersembunyi di balik layar. Selama kami mencobanya, menurut kami sensor tersebut amat responsif dan mampu membaca sidik jari kami dengan cepat tanpa kendala.

Sistem operasi OPPO Reno4 F

OPPO Reno4 F mengadopsi sistem operasi ColorOS 7.2 berbasis Android 10. Anda yang sudah familiar dengan ColorOS tentunya tidak asing dengan fitur-fitur pendukung seperti Dark Mode yang kompatibel dengan berbagai aplikasi pihak ketiga, dan OSIE Ultra Clear Visual Effect yang mampu meningkatkan saturasi dan kontras video untuk menampilkan gambar yang lebih jernih di aplikasi seperti TikTok dan Instagram.

Asyiknya lagi OPPO juga menambahkan beberapa fitur baru misalnya Air Gestures. Bagi yang belum tahu, Air Gestures memungkinkan Anda mengangkat panggilan telepon tanpa harus menyentuh Reno4 F. Cukup gerakan tangan dari jarak sekitar 20-50 cm. Fitur yang sangat bermanfaat ketika Anda sedang makan dan ingin mengangkat telepon tapi tidak mau mengotori layar.

Fitur lainnya yang tidak kalah menarik adalah Quick Return Bubble. Kami sempat membahas fitur ini pada artikel terpisah sebelumnya. Singkatnya, Quick Return Bubble merupakan fitur yang memungkinkan Reno4 F menampilkan informasi dari aplikasi yang sedang berjalan di background. Dengan begitu, Anda tetap bisa berpindah ke aplikasi lainnya sembari tetap terhubung dengan aplikasi utama yang sedang Anda jalankan.

Skenario penggunaan yang paling menarik adalah ketika Anda sedang bermain games, misalnya PUBG Mobile. Saat sedang menunggu pertempuran dimulai, Anda dapat berpindah ke aplikasi WhatsApp untuk membalas pesan seseorang. Quick Return Bubble akan menampilkan kondisi di dalam game secara real-time melalui sebuah gelembung kecil, misalnya hitungan mundur yang menunjukkan kapan pertempuran akan dimulai. Untuk kembali ke dalam game, cukup sentuh gelembung kecil tersebut.

Ada pula OPPO Lab, aplikasi untuk mengakses beragam fitur keren seperti Lab Ringtone. Lewat fitur ini, Anda bisa mengubah ringtone bawaan dengan tempo dan gaya musik sesuai selera Anda. Tentunya nantinya ringtone tersebut bisa disimpan dan digunakan.

Kamera OPPO Reno4 F

OPPO Reno4 F 1 1

Selanjutnya soal kamera yang menjadi salah satu nilai jual utama dari ponsel ini. OPPO Reno4 F mengandalkan konfigurasi 4 kamera yang terdiri dari sensor utama 48 megapixel f/1.8, sensor 8 megapixel dengan lensa wide-angle, sensor 2 megapixel Mono, dan satu sensor 2 megapixel lainnya. Untuk selfie, ada kamera utama 16 megapixel yang ditemani depth sensor 2 megapixel.

Kami kembali menemukan fitur-fitur kamera unik seperti yang tersedia pada Reno4. Sebut saja AI Color Portrait untuk membuat latar belakang menjadi hitam putih tetapi objek utamanya tetap tampil dengan warna aslinya. Ada pula AI Super Night Portrait untuk hasil foto selfie yang jernih di malam hari.

Yang paling kami suka adalah AI Night Flare Portrait untuk menciptakan foto dengan background yang menampilkan efek neon artistik. Fitur ini sangat cocok digunakan saat ingin menciptakan foto portrait di malam hari dengan latar lampu warna-warni yang menyala terang. Terakhir, ada AI Super Clear Potrait akan meningkatkan detail pada saat mengambil foto potret.

Hasil foto OPPO Reno4 F (1)

AI Color Portrait OPPO Reno4 F (3)

Hasil foto OPPO Reno4 F (2)

Hasil fotonya sendiri menurut kami tergolong di atas rata-rata ponsel di kisaran harga yang sama. Gambar yang ditangkap tajam, dan warna yang disajikan terkesan hidup tapi saturasinya tidak diangkat berlebihan. Bisa dibilang, masih terlihat natural.

K413 728 yangcanggih

Fitur AI Color Portrait sendiri bekerja dengan amat baik di kondisi cahaya yang terang. Pemisahan objek utama yang berwarna dengan background yang dibuat hitam-putih tampak rapi. Kerennya lagi, fitur ini juga bisa Anda gunakan pada kamera selfie. Oh iya, ketika ingin memotret dengan AI Color Portrait sebaiknya objek utama menggunakan pakaian dengan warna-warna yang terang.

AI Color Portrait OPPO Reno4 F (4)

AI Color Portrait OPPO Reno4 F (1)

AI Color Portrait OPPO Reno4 F (1)

Sementara AI Night Flare Portrait akan tampak lebih maksimal ketika objek utama disinari cahaya yang mencukupi. Karena lampu-lampu perkotaan baru akan menyala di malam hari, tentunya Anda bisa memanfaatkan alat bantu seperti lampu LED agar wajah objek utama tidak terlihat gelap. Kalau cahayanya ideal, hasilnya akan tampak bagus seperti di bawah ini:

AI Night Flare Portrait OPPO Reno4 F

AI Night Flare Portrait OPPO Reno4 F (2)

Beralih ke sektor videografi, OPPO Reno4 F memiliki kamera utama yang mampu merekam hingga resolusi 4K. Namun ketika fitur Ultra Steady aktif, resolusi maksimalnya menjadi 1080p di 30fps. Fitur Ultra Steady sendiri punya tingkat kestabilan yang cukup baik meski Anda hanya menggenggam Reno4 F dengan tangan.

Ultra steady video Reno4 F

Untuk Anda yang gemar membuat video vlog, kamera depan Reno4 F dibekali fitur untuk menciptakan efek bokeh pada background. Perekaman videonya juga cukup stabil meski kami tidak mengandalkan alat bantu seperti gimbal. Simak hasilnya di bawah ini:

Video kamera depan Reno4 F dengan efek bokeh

Performa OPPO Reno4 F

OPPO Reno4 F dipersenjatai chipset MediaTek Helio P95 octa-core, yang ditemani RAM 8 GB dan storage internal 128 GB. Perlu digarisbawahi, meski secara performa Helio P95 tidak sebaik Snapdragon 720G pada Reno4, chipset ini punya kemampuan AI yang cukup canggih.

Mungkin Anda masih ingat, Helio P95 adalah chipset yang sama dengan yang dipakai oleh Reno3 Pro. Chipset ini didukung AI Boost dengan APU 2.0 yang punya kinerja 10 persen lebih baik dibanding pendahulunya. Bahkan AI processing engines pada Helio P95 disebut sebagai salah satu yang terbaik saat ini.

Untuk pemakaian sehari-hari, menurut kami OPPO Reno4 F terasa amat gegas. Membuka aplikasi dan beralih ke aplikasi lainnya cenderung mulus dan cukup cepat. OPPO juga sudah membenamkan Anti-Lagging Algorithm yang akan mendeteksi dan menyingkirkan data yang dapat mengganggu kelancaran pengoperasian.

OPPO Reno4 F 2 1

Soal kemampuan gaming memang tidak terlalu istimewa. Tapi bukan berarti kurang ideal untuk menjalankan judul-judul populer masa kini. Kami mencoba memainkan PUBG Mobile dan ternyata Reno4 F mampu memberikan frame rate yang amat stabil di pengaturan grafis Smooth-High.

Agar lebih menggambarkan seperti apa performa dari OPPO Reno4 F, berikut kami sajikan hasil pengujian menggunakan aplikasi benchmark:

Baterai OPPO Reno4 F

Bicara soal baterai, Reno4 F dibekali kapasitas 4.000 mAh. Ya, kalau dibandingkan dengan ponsel kelas menengah lainnya yang ada di pasaran saat ini, mungkin kapasitas tersebut terlihat kurang menggiurkan. Meski begitu, tentunya ada alasan khusus OPPO menanamkan baterai 4.000 mAh pada Reno4 F, misalnya untuk menjaga bodinya yang tipis dan ramping.

OPPO Reno4 F 6

Selama pengujian pun kami belum pernah merasa kekurangan. OPPO Reno4 F dapat menemani aktivitas kami seharian penuh dengan gaya pemakaian normal seperti chatting, browsing, sesekali menonton video di YouTube/Facebook/Instagram, dan sesekali bermain games.

Yang kami suka, OPPO Reno4 F ternyata juga dibekal fitur Super Power Saving Mode. Sangat berguna ketika baterai Anda sudah mau habis, tapi masih belum sempat mengisi daya. Dengan baterai hanya tersisa 5 persen, Reno4 F dapat digunakan untuk berkomunikasi via WhatsApp selama 35 menit, menjalankan Google Maps selama 52 menit, memesan transportasi online, dan menelepon hingga 70 menit.

OPPO Reno4 F 1

Satu fitur canggih lainnya adalah AI Night Charging. Menurut OPPO, dengan berbekal mesin AI Learning fitur ini dapat mempelajari kebiasaan tidur pengguna dan melakukan pengisian daya ponsel hingga 100 persen tepat saat mereka bangun dari tidurnya. Jadi Anda tidak perlu khawatir saat tertidur dan membiarkan ponsel tetap terhubung dengan charger.

Kesimpulan

Langkah OPPO dalam menghadirkan desain yang tipis dan ringan melalui Reno4 F menurut kami sangat layak diapresiasi. Belakangan cukup sulit untuk menemukan ponsel kelas menengah dengan bodi seramping ini. Pengguna yang tadinya kurang menyukai smartphone dengan dimensi yang bongsor terpaksa harus beradaptasi karena minimnya pilihan. OPPO Reno4 F seolah hadir sebagai solusi sekaligus mengisi ranah yang masih cukup sepi tersebut.

OPPO Reno4 F 3 3

OPPO Reno4 F dijual di Indonesia dengan harga Rp4.299.000. Itu membuatnya menjadi seri Reno paling murah yang pernah diluncurkan oleh OPPO sejauh ini. Selain termurah, bodinya juga yang paling tipis dibandingkan saudara-saudaranya.

Bagi yang berminat, pre-order OPPO Reno4 F akan berlangsung 12 hingga 16 Oktober 2020 melalui store.oppo.com/id, maupun jaringan luring OPPO Store. Konsumen yang memesan perangkat ini selama periode Pre-Order akan mendapatkan hadiah langsung berupa Giftbox OASE LP01 senilai Rp 800.000, Telkomsel TAU Entertaiment Special Bundling Package hingga 70GB.

Kelebihan OPPO Reno4 F:

  • Bodi tipis, ringan, dan nyaman digenggam
  • Sentuhan Shiny Matte tidak mudah kotor oleh bekas jari
  • Layar memukau
  • Kinerja gesit untuk pemakaian sehari-hari
  • Hasil foto dengan kamera belakang tergolong amat baik di kelasnya
  • AI Color Portrait cukup bagus dan rapi
  • Ada fitur AI Night Flare Portrait yang unik
  • Dual-Lens Bokeh untuk swafoto dan video
  • Ultra Steady efektif meredam guncangan
  • Didukung fitur baru seperti Air Gestures dan Super Power Saving Mode

Kekurangan OPPO Reno4 F:

  • AI Color Portrait di kamera selfie terkadang menampilkan warna yang kurang akurat pada objek utama
  • Video bokeh dengan kamera depan terbatas di resolusi 720p
  • Performa gaming masih agak tertinggal dibanding pesaingnya
  • Akan lebih menarik jika memiliki NFC

OPPO Reno4 F ideal untuk: Pengguna yang menginginkan ponsel ramping dan ringan. Pengguna yang ingin tampil stylish. Anak muda yang gemar memotret untuk dipamerkan ke media sosial.

OPPO Reno4 F kurang ideal untuk: Gamer kelas hardcore. Pengguna yang butuh NFC.

SpesifikasiOPPO Reno4 F
LayarSuper AMOLED 6,43 inci Full HD+
SoCMediaTek Helio P95
RAM8 GB
Memori internal128 GB
Kamera Belakang48 MP + 8 MP ultrawide + 2 MP mono + 2 MP
Kamera Selfie16 MP + 2 MP
Baterai4.000 mAh
Charging18W fast charging
Sistem OperasiColorOS 7.2 (Android 10)
Konektivitas4G LTE
Sistem KeamananIn-Display Fingerprint Unlock 3.0
WarnaMatte Black dan Metallic White
OPPO Reno4 F 3
OPPO Reno4 F
Reno4 F merupakan seri Reno paling murah yang pernah diluncurkan oleh OPPO sejauh ini. Selain termurah, bodinya juga yang paling tipis dibandingkan saudara-saudaranya.
8.3
More Stories
Nikon D5500
[CES 2015] Nikon D5500: Pengganti Nikon D5300 dengan Tambahan Layar Sentuh