Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa

Review OASE Watch H12W: Smartwatch Murah dengan Sensor SpO2 dan Pengukur Tekanan Darah



OASE Watch H12W
8.4
Cek Harga

Pernah dengar brand bernama OASE? Bagi yang belum tahu, OASE adalah distributor tunggal untuk aksesori OPPO. Meski begitu, OASE juga memiliki sederet produk dari brand mereka sendiri yang bisa dibilang cukup menarik seperti, smartband, Bluetooth speaker, dan yang akan kita bahas di artikel kali ini, OASE Watch H12W.

Satu hal yang kami suka dari OASE Watch H12W adalah harganya yang tergolong murah, yakni sekitar 800 ribuan rupiah. Dengan banderol yang ramah kantong, jam tangan pintar ini dibekali rangkaian fitur yang cukup lengkap di kelasnya. Seperti apa kecanggihannya? Yuk, langsung saja simak ulasan kami.

Desain OASE Watch H12W

Bicara soal desain, OASE Watch H12W tampil dengan gaya yang cukup casual sekaligus sporty, dan mirip dengan jam tangan modern berbentuk bulat pada umumnya. Sekilas, smartwatch ini terlihat minimalis namun tetap mengedepankan kesan maskulin berkat dominasi warna hitam pekat, sehingga menurut kami lebih cocok dikenakan oleh para pria. Untungnya, OASE juga menyediakan varian warna silver yang seharusnya lebih ideal untuk kaum Hawa.

OASE Watch H12W Watch Face

OASE Watch H12W hanya memiliki sebuah crown yang berfungsi sebagai tombol Back. Sistem kendali smartwatch akan lebih banyak Anda lakukan lewat layar sentuhnya. Ukuran bodinya sendiri terbilang standar, 42mm, dengan ketebalan yang pas sehingga tidak terlihat bongsor saat terpasang di pergelangan tangan Anda.

Untuk material bodinya, OASE mengandalkan bahan Zinc Alloy yang ringan tapi tetap kokoh dan tidak membuat bagian eksteriornya terlihat murahan. Bagian strapnya menggunakan bahan karet yang sebenarnya masih cukup wajar untuk ukuran smartwatch murah, tapi sayangnya menjadi magnet debu sehingga membuatnya mudah kotor.

OASE Watch H12W

 

Kabar baiknya adalah Anda bisa dengan mudah mengganti strap bawaan ini dengan strap pihak ketiga yang banyak dijual di pasaran. Ukuran strap-nya standar, jadi kami pastikan Anda tidak akan kesulitan menemukan gantinya. Melepas dan memasang strap pun amat mudah, tidak butuh alat bantu apapun.

OASE Watch H12W 2

Perlu diketahui pula bahwa OASE Watch H12W adalah jam tangan dengan rating IP67 yang artinya tahan terhadap air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir saat terjebak hujan atau bahkan tetap memakai jam tangan pintar ini saat mandi.

Layar OASE Watch H12W

OASE Watch H12W langkah dan kalori

Beralih ke pembahasan layar, OASE Watch H12W menggunakan layar sentuh dengan ukuran 1,3 inci yang memiliki resolusi 240 x 240 pixel. Gambar yang disajikan pada layar tergolong standar saja sesuai dengan harganya. Dari segi ketajaman, kualitas warna, serta respon terhadap sentuhan memang belum bisa dibandingkan dengan layar pada smartwatch di atas 2 jutaan rupiah. Tapi sejauh kami mengujinya, kami menilai layar pada OASE Watch H12W sudah cukup ideal.

Asyiknya lagi, Anda tetap bisa mengubah desain watch face sesuai selera. Ada dua cara untuk mengganti watch face pada OASE Watch H12W, yakni langsung melalui pengaturan pada jam tangan atau melalui aplikasi bernama FitCloud Pro yang menyediakan lebih banyak pilihan watch face.

OASE Watch H12W 1

Fitur OASE Watch H12W

Kami sangat mengapresiasi langkah OASE untuk menghadirkan begitu banyak fitur yang bermanfaat pada sebuah jam tangan dengan harga tak sampai 1 juta rupiah. Bayangkan saja, OASE Watch H12W dibekali sensor detak jantung, sensor SpO2 untuk mengukur kadar oksigen di dalam darah, pemantau kualitas tidur, hingga fitur untuk mengukur tekanan darah.

K413 728 yangcanggih

OASE Watch H12W SpO2

Sangat menarik melihat OASE Watch H12W menawarkan begitu banyak fitur pendukung gaya hidup sehat. Memang kami tidak bisa memastikan akurasi dari fitur-fitur seperti sensor SpO2 atau pengukur tekanan darah. Meski begitu, setidaknya keberadaan fitur tersebut bisa menjadi pendeteksi dini sebelum selanjutnya Anda melakukan konsultasi dengan dokter. Sekadar informasi tambahan, kadar oksigen dalam darah yang normal adalah sekitar 95 hingga 100 persen. Kalau di bawah itu, artinya Anda memiliki kelainan pada paru-paru.

OASE Watch H12W Pengukur Tekanan Darah 2 scaled

Fitur standar seperti penghitung langkah, jarak, dan pembakaran kalori juga tersedia. Anda juga dapat mengaktifkan beberapa mode olahraga seperti Walking, Running, Hiking, Cycling (bersepeda), dan sebagainya. Tinggal Anda pilih sesuai dengan aktivitas yang ingin Anda lakukan.

Sama seperti jam tangan pintar pada umumnya, OASE Watch H12W pun bisa terhubung dengan smartphone melalui koneksi Bluetooth. Ketika terhubung, Anda bisa mengendalikan musik yang sedang diputar sekaligus menampilkan notifikasi yang masuk pada smartphone di layar OASE Watch H12W.

OASE Watch H12W mode olahraga

 

Soal aplikasi FitCloud Pro yang kami sebutkan di atas, Anda akan disuguhkan rekap harian mulai dari berapa langkah yang sudah Anda lakukan, jarak yang ditempuh, jumlah kalori yang terbakar, pantauan detak jantung dari yang paling rendah, rata-rata, sampai yang tertinggi, hingga laporan tekanan darah.

Dari aplikasi ini pula Anda bisa mengatur banyak fitur lainnya contohnya alarm ketika duduk terlalu lama, peringatan untuk rajin minum, dan masih banyak lagi. Aplikasi FitCloud Pro bisa diunduh pada perangkat dengan sistem operasi Android maupun iOS secara gratis.

Baterai OASE Watch H12W

OASE menjelaskan bahwa kapasitas baterai yang ditanamkan pada OASE Watch H12W adalah sebesar 180 mAh. Selama pengujian dengan berbagai fitur aktif dan selalu terhubung dengan smartphone, jam tangan pintar ini bisa menyala sekitar 9 atau 10 hari. Daya tahan yang menurut kami amat memuaskan.

Kesimpulan

OASE Watch H12W sensor detak jantung

Sebagai smartwatch murah dengan harga sekitar 800 ribuan rupiah, kami menilai OASE Watch H12W merupakan salah satu opsi terbaik di kelasnya. Secara desain cukup oke, dan dari segi fitur pun sudah cukup komplit seperti sensor detak jantung, SpO2, hingga tekanan darah. Baterainya yang tahan lama juga menjadi nilai plus tersendiri.

Kelebihan OASE Watch H12W:

  • Desain cukup bagus
  • Pilihan watch face lumayan banyak
  • Ada sensor SpO2 untuk mengukur kadar oksigen dalam darah
  • Dibekali fitur pengukur Blood Pressure (tekanan darah)
  • Terdapat sensor detak jantung
  • Baterai tergolong awet
  • Tahan air dengan rating IP67
  • Mudah untuk mengganti strap bawaan dengan strap pihak ketiga

Kekurangan OASE Watch H12W:

  • Strap bawaan mudah kotor dan berdebu
  • Aplikasi FitCloud Pro masih bisa ditingkatkan lagi karena ada beberapa pengaturan yang cukup sulit diakses

OASE Watch H12W ideal untuk: Pengguna casual. Pengguna yang menerapkan gaya hidup sehat. Penggemar olahraga. Pengguna yang mencari smartwatch terjangkau dengan fitur lengkap.

OASE Watch H12W kurang ideal untuk: Wanita yang ingin tampil lebih feminin.

OASE Watch H12W
OASE Watch H12W
Sebagai smartwatch murah dengan harga sekitar 800 ribuan rupiah, kami menilai OASE Watch H12W merupakan salah satu opsi terbaik di kelasnya
8.4
Cek Harga
More Stories
monitor gaming gigabyte
Gigabyte Umumkan Monitor Gaming G27F, G27Q, G27FC, G27QC, dan G32QC