Seagate Exos X18: Hard Disk Kelas Enterprise dengan Kapasitas 18 TB

Seagate memang dikenal mempunyai rangkaian produk yang cukup lengkap untuk segmen enterprise. Baru-baru ini, Seagate mengumukan kehadiran Exos X18 yang menawarkan kapasitas penyimpanan super besar baik untuk perusahaan maupun pusat data.

Spesifikasi Seagate Exos X18

svg%3E

Seagate Exos X18 memiliki spesifikasi yang kurang lebih mirip dengan IronWolf Pro, hard drive untuk NAS (Network Attached Storage). Dirancang khusus untuk segmen enterprise, Exos X18 dijanjikan ideal untuk mendukung kebutuhan penyimpanan skala besar dan solusi penyimpanan awan alias cloud yang semakin meningkat seiring dengan peningkatan data di era digital.

Exos X18 merupakan generasi kelima dari hard drive high capacity helium berukuran 3.5 inci 7200 RPM. Mengandalkan interface SATA dan SAS, hard disk ini menawarkan kapasitas jumbo 18 TB. Kecepatan transfernya meningkat dari 260 MBps menjadi 270 MBps. Menurut Seagate, hard disk ini memiliki daya maksimal 9.4W dengan rata-rata 5.3W di kondisi idle.

Selain untuk kebutuhan hyperscale dan pusat data, Exos X18 juga cocok untuk sistem NAS pada sebuah perusahaan yang membutuhan transfer data sangat cepat dengan daya yang lebih rendah dibandingkan hard disk konvensional. Untuk memastikan keamanan pada data yang tersimpan, Seagate Exos X18 dipersenjatai teknologi Seagate Secure sebagai sistem perlindungan yang diklaim aman, terjangkau, cepat, dan mudah.

Harga Seagate Exos X18

Seagate Exos X18 dengan kapasitas 18 TB dijual dengan harga US$561.75 atau sekitar 8,3 juta rupiah. Perangkat kelas enterprise ini memiliki garansi selama 5 tahun dengan MTBF rating mencapai 2,5 juta jam.

Verified by MonsterInsights