Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa

[Gadget Guide] PlayStation 5 dan PlayStation 5 Digital Edition, Pilih Mana?



Sony sudah secara resmi mengungkap spesifikasi dari konsol game generasi terbarunya, PlayStation 5. Berbeda dengan pendahulunya, PlayStation 5 akan langsung dirilis dalam dua tipe, yakni versi standar yang memiliki Blu-ray player dan Digital Edition yang tanpa Blu-ray player. Yang jadi pertanyaan, tipe mana yang harus Anda pilih?

Dalam artikel panduan belanja kali ini kami akan menjelaskan apa saja perbedaan antara PlayStation 5 dan PlayStation 5 Digital Edition, serta gamer seperti apa yang cocok memiliki masing-masing tipe tersebut. Penasaran? Yuk, langsung saja simak!

Desain kurang lebih mirip

PlayStation 5 2

Dari segi eksterior, tidak ada perbedaan berarti antara PlayStation 5 dan PlayStation 5 Digital Edition. Desain dan tingginya nyaris 100 persen sama, tentunya dengan hanya sedikit perbedaan pada keberadaan Blu-ray Player yang membuatnya terlihat sediki lebih gemuk. Intinya, perbedaan bodinya tidak seperti Xbox Series S yang dari segi ukuran saja jauh lebih kecil dibanding saudaranya.

Blu-ray vs digital

Seperti yang berkali-kali kami sebutkan di atas, perbedaan utama antara PlayStation 5 dengan PlayStation 5 Digital Edition adalah Blu-ray Player. Sama seperti PS4, jika Anda memilih PlayStation 5, Anda bisa memainkan copy game dalam bentuk fisik. Bagi sebagian gamer pastinya ada kepuasan tersendiri untuk mengoleksi game-game favoritnya. Apalagi, beberapa game AAA biasanya juga hadir dengan bundling Collector’s Edition yang disertai beragam bonus keren di paket penjualannya.

PlayStation 5 1

K413 728 yangcanggih

Selain itu, Blu-ray Player pada PlayStation 5 juga dapat digunakan untuk menonton film hingga resolusi 4K. Cocok untuk Anda yang punya koleksi film Blu-ray. Menariknya lagi, Anda yang masih memiliki segudang disc game PS4 juga masih bisa memainkannya di PlayStation 5.

Sebaliknya, PlayStation 5 Digital Edition adalah konsol yang tidak memungkinkan Anda memainkan game versi fisik. Semua game-nya 100 persen digital dan harus diunduh dari PlayStation Store. Satu hal yang wajib Anda ingat jika ingin memilih tipe Digital Edition adalah soal koneksi internet. Pastikan Anda memiliki internet yang cukup kencang dan unlimited karena mengunduh satu judul saja akan memakan data puluhan hingga ratusan GB.

Mana yang lebih murah?

DualSense PS5

Kalo Anda sudah punya layanan internet yang bisa diandalkan dan ingin sedikit berhemat, jelas PS5 Digital Edition adalah jawabannya. Dari segi harga, Digital Edition jauh lebih murah dengan perbedaan mencapai sekitar US$100 dolar dibanding versi Blu-ray. Harga pre-order di Amerika Serikat untuk PS5 Digital Edition adalah US$399 atau sekitar 5,8 juta rupiah.

Sedangkan untuk Anda yang berencana membeli PlayStation 5 standar dengan Blu-ray Player dengan pertimbangan ingin mengoleksi game fisik atau belum mempunyai koneksi internet unlimited, siapkan dana lebih besar karena konsol ini dijual di angka US$499 atau sekitar 7,3 juta rupiah.

Selain beberapa perbedaan di atas, tidak ada lagi yang patut Anda pertimbangkan ketika ingin memilih antara PlayStation 5 dan PlayStation 5 Digital Edition. Keduanya dirancang dengan kemampuan gaming yang sama. Jadi, konsol next-gen mana yang akan masuk dalam daftar belanja Anda?

More Stories
OPPO A7 glaze blue hand
[Hands-On] Melihat Langsung Desain OPPO A7 dengan Warna Baru, Glaze Blue & Glaring Gold