Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa

Oculus Quest 2: Resolusi Layar Lebih Tinggi dan Mendukung Refresh Rate 90Hz



Oculus punya satu produk baru yang masih datang dari kategori headset VR (Virtual Reality). Disebut Oculus Quest 2, produk penerus dari Quest yang dirilis sekitar 2 tahun yang lalu ini hadir dengan beragam peningkatan. Selain performanya lebih bertenaga, Oculus Quest 2 juga menawarkan tampilan gambar yang lebih tajam berkat resolusinya yang tinggi.

Spesifikasi Oculus Quest 2

Oculus Quest 2

Dari segi desain, Oculus Quest 2 kini disajikan dengan bodi yang lebih ergonomis. Bobotnya 10 persen lebih ringan dibanding generasi sebelumnya. Selain itu, headset ini juga memiliki IPD (Interpupillary Distance) yang bisa diatur sesuai kebutuhan. Dengan beragam perubahan tersebut, Quest 2 diklaim lebih nyaman dipakai.

Yang lebih menarik, sebagai sebuah headset VR standalone, Oculus Quest 2 dipersenjatai platform Snapdragon XR2 yang dipasangkan dengan RAM sebesar 6 GB. Layarnya lebih tajam dengan resolusi masing-masing (kiri dan kanan) 1832 x 1920 pixel. Kalau dibandingkan dengan pendahulunya, versi baru ini punya pixel 50 persen lebih banyak.

Bukan cuma itu, layar pada Oculus Quest 2 juga mendukung refresh rate 90Hz sehingga secara teori, visual yang disajikan akan terlihat lebih mulus. Meskipun bisa berfungsi sebagai headset standalone, pengguna juga bisa menghubungkannya dengan PC melalui aksesori bernama Quest Link untuk mendapatkan pengalaman VR yang lebih maksimal.

K413 728 yangcanggih

Oculus Quest 2 2

Oculus Quest 2 juga ditemani Touch Controller terbaru yang intuitif dan diklaim mampu mendeteksi gerakan dan menerjemahkannya ke dunia VR. Touch Controller ini juga dijanjikan lebih efisien sehingga daya tahan baterainya empat kali lebih lama dibanding generasi sebelumnya. Sementara Quest 2 sendiri punya baterai dengan ketahanan 2 sampai 3 jam.

Quest 2 menawarkan akses ke seluruh library konten Quest yang mencakup judul-judul populer seperti Star Wars: Tales from the Galaxy’s Edge, Myst, Jurassic World Aftermath, Warhammer 40,000 Battle Sister, Pistol Whip: 2089, The Climb 2, Rez Infinite, dan masih banyak lagi.

Harga Oculus Quest 2

Oculus Quest 2 saat ini sudah masuk tahap pre-order dan dijadwalkan akan mulai dijual ke pasaran pada 13 Oktober 2020 mendatang. Bagi yang berminat, Oculus Quest 2 dijual dengan harga US$299 atau sekitar 4,4 juta rupiah. Sekitar 100 dolar lebih murah dibanding generasi pertamanya.

More Stories
jabra elite active 75t 3
[CES 2020] Jabra Elite Active 75t: TWS untuk Olahraga dengan Baterai Lebih dari 7 Jam