Quantcast
ReviewKomputerPC Desktop

Review Acer Aspire C24: AIO PC Ramping dengan Prosesor Intel Generasi ke-10

6.7

Pasar PC dari kategori All-In-One (AIO) bisa dibilang tidak semenggeliat laptop. Wajar, banyak masyarakat yang menilai laptop lebih praktis untuk dibawa bepergian. Kalaupun ada yang berminat memiliki sebuah komputer rumahan, biasanya mereka lebih memilih desktop konvensional yang bisa dirakit sesuai dengan kebutuhan.

Walaupun demikian, beberapa brand ternama hingga saat ini masih rajin meluncurkan AIO terbarunya dari tahun ke tahun. Salah satunya adalah Acer melalui produk andalannya yang diberi nama Aspire C24. Apa yang menjadi daya tarik utamanya dan mungkinkah Aspire C24 bisa menjadi alternatif bagi Anda yang sedang mencari komputer untuk bekerja? Yuk, simak ulasan kami:

Desain Acer Aspire C24

Dua kata yang bisa kami simpulkan soal desain Acer Aspire C24: modern dan minimalis. Acer mengemas produknya yang satu ini secara apik sehingga sekilas terlihat seperti monitor biasa. Padahal, di dalamnya juga terdapat sederet hardware yang lengkap layaknya sebuah PC pada umumnya.

Acer Aspire C24 4

Acer Aspire C24 punya bodi yang amat ramping dan menawan. Bezelnya pun tipis dengan rasio screen-to-body mencapai 88 persen. Saat kami letakkan di atas meja, AIO ini tidak memakan banyak ruang. Meja kami pun masih terlihat lega sehingga lebih mudah untuk menempatkan perangkat lainnya seperti mouse dan keyboard.

Acer Aspire C24 5

 

Anda akan menemukan sebuah stand (kaki penyangga) yang kokoh dan terbuat dari aluminium. Cara pemasangannya sangat mudah serta tidak membutuhkan alat bantu seperti obeng. Dengan kaki penyangga ini Anda bisa mengatur sudut kemiringannya antara -5 derajat hingga 25 derajat untuk mendapatkan posisi yang paling nyaman ketika memandang layar.

Acer Aspire C24 6

Acer Aspire C24 memiliki port yang cukup lengkap. Total ada 4 port USB, satu port HDMI, satu port Ethernet/LAN, satu port audio jack combo 3.5mm, dan satu slot SD card reader. Selain itu ada pula fitur konektivitas seperti WiFi 802.11ac/a/b/g/n dan Bluetooth 4.0 LE. Untuk kebutuhan video conference, Acer tidak lupa menyediakan sebuah webcam di atas layar.

Acer Aspire C24 7

Dengan bodi yang ramping dan desain modern minimalis, menurut kami Acer Aspire C24 cocok untuk diletakkan di berbagai ruangan baik di rumah maupun di kantor. Jangan lupa untuk menggunakan mouse serta keyboard wireless kalau Anda menginginkan meja kerja yang bebas kabel dan pastinya lebih rapi. Sayangnya dalam paket penjualannya Acer hanya menyediakan mouse dan keyboard kabel.

Layar Acer Aspire C24

Masuk ke pembahasan layar, Acer Aspire C24 mengandalkan panel IPS berukuran 23,8 inci dengan resolusi maksimal Full HD, alias 1920 x 1080 pixel. Layar ini mampu menampilkan gambar dengan tajam dan memiliki reproduksi warna yang cukup memanjakan mata. Ditambah lagi, sudut pandangnya pun luas yakni mencapai 178 derajat.

Acer Aspire C24 2

Selama kami menguji Acer Aspire C24, kami menilai layar dari perangkat sangat memadai untuk memfasilitas berbagai kebutuhan, mulai dari yang sifatnya produktif hingga hiburan seperti menonton film. Ukurannya yang cukup besar juga membuatnya lebih ideal dan nyaman ketika digunakan bekerja dalam durasi yang lama, dibandingkan dengan layar laptop yang lebih kecil.

Sedikit membahas soal audio, Acer Aspire C24 dibekali built-in stereo speaker yang volume suaranya menurut kami lumayan lantang. Memang kualitasnya tidak terlalu sedap di telinga, tapi setidaknya masih bisa untuk sekadar menemani Anda bekerja sambil mendengarkan musik ringan saat Anda sedang malas memakai headset.

Performa Acer Aspire C24

Acer Aspire C24 dipersenjatai prosesor Intel generasi ke-10, yakni Core i5-10210U quad-core dengan kecepatan hingga 4.1GHz. Kemampuan grafisnya mengandalkan GPU Intel UHD Graphics. Selain itu, Acer juga membenamkan RAM 4GB DDR4 single-channel serta storage HDD 5400RPM berkapasitas 1 TB. Ya, masih HDD.

Acer Aspire C24 3

Sesuai dugaan, storage yang masih menggunakan HDD terasa menghambat kinerjanya. Bagi kami yang beberapa tahun terakhir sudah terbiasa memakai SSD, booting dan membuka aplikasi di Acer Aspire C24 terasa lambat. Sangat disayangkan. Kami yakin kinerjanya akan jauh lebih menarik jika Acer langsung memakai SSD, dibandingkan hanya sekadar menawarkan ruang penyimpanan besar.

Meski begitu, untuk kebutuhan standar seperti mengerjakan tugas, editing foto ringan, hingga menonton film, performa Acer Aspire C24 masih memadai. Browsing dengan Google Chrome juga masih nyaman, asalkan Anda tidak membuka Tab terlalu banyak. Untuk gaming? Kalau target Anda judul-judul AAA dengan grafis super berat, jelas tidak mungkin. Tapi untuk game yang lebih ringan seperti Counter Strike: Global Offensive, masih bisa dengan setting grafis rendah.

Agar lebih menggambarkan seperti apa performa dari Acer Aspire C24, berikut kami sajikan beberapa hasil pengujian menggunakan software benchmark:

Kesimpulan

Untuk Anda yang sedang mencari sebuah perangkat untuk bekerja dari rumah, Acer Aspire C24 layak menjadi opsi yang patut Anda pertimbangkan terutama jika Anda tidak mau repot merakit desktop. Layarnya yang cukup besar serta desainnya yang ramping merupakan dua hal yang paling menjadi daya tarik utamanya.

Acer Aspire C24 1

Meski begitu, kami sangat menyarankan calon pengguna untuk langsung upgrade ke SSD (jika memungkinkan) agar dapat merasakan kinerja yang lebih optimal. Bagi yang berminat, Acer Aspire C24 dijual dengan harga Rp9.199.000, lengkap dengan sistem operasi Windows 10 Home.

Kelebihan Acer Aspire C24

  • Bodi ramping, desain elegan
  • Build quality tergolong baik
  • Layar besar dengan kualitas yang cukup bagus di kelasnya
  • Port dan konektivitas lumayan lengkap
  • Paket penjualan sudah termasuk mouse dan keyboard

Kekurangan Acer Aspire C24

  • Storage masih HDD: lambat!
  • Speaker internal kurang oke

Acer Aspire C24 ideal untuk: Pelajar. Pekerja kantoran yang sedang WFH. Pengguna casual yang butuh komputer untuk mengerjakan tugas-tugas ringan.

Acer Aspire C24 kurang ideal untuk: Pekerja profesional atau content creator. Gamer.

SpesifikasiAcer Aspire C24 AIO
LayarIPS 23,8 inci Full HD
ProsesorIntel Core i5-10210U
Sistem OperasiWindows 10 Home
Storage1 TB HDD 5400 RPM
RAM4 GB DDR 4
KonektivitasWiFi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.0
Port4x USB-A, 1x HDMI, 1x LAN, 1x Audio Jack Combo 3.5mm, 1x SD Card Reader
Acer Aspire C24
Untuk Anda yang sedang mencari sebuah perangkat untuk bekerja dari rumah, Acer Aspire C24 bisa menjadi opsi yang patut Anda pertimbangkan
6.7
Back to top button