Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa

[Tips] Memaksimalkan Smart Sensor Berbasis AI pada OPPO Reno4



Dari sederet fitur canggih yang dibenamkan oleh OPPO di Reno4, Smart Sensor merupakan salah satu yang paling menarik. Bagi yang belum tahu, sensor pintar berdaya rendah ini dibekali AI (Artificial Intelligence) dengan kombinasi algoritma pengenalan yang cerdas, sehingga mampu mendeteksi pemilik ponsel dan menawarkan perlindungan privasi yang lebih baik.

OPPO Reno4 Smart Sensor 1

Apa yang melandasi OPPO untuk menanamkan teknologi ini di Reno4? OPPO menyadari bahwa pengguna ponsel di pasar Asia Tenggara semakin menuntut perlindungan privasi. Dengan populasi yang meningkat, ponsel sebagai alat interaksi sosial yang paling penting menjadi rentan terhadap ancaman. Contohnya, seseorang di sebelah Anda tidak sengaja melihat konten penting yang muncul di layar ponsel.

Smart Sensor pada OPPO Reno4 sendiri terpasang di sebelah kamera selfie. Bukan cuma bermanfaat untuk memberikan privasi kepada penggunanya, sensor tersebut juga mendukung fitur lainnya yang tidak kalah keren. Penasaran? Yuk, langsung saja simak bagaimana memaksimalkan Smart Sensor berbasis AI pada OPPO Reno4:

1. Lindungi privasi dengan Smart Spying Protection

Salah satu fitur canggih berbasis Smart Sensor di Reno4 adalah Smart Spying Prevention. Menurut OPPO, Smart Spying Prevention dapat mengidentifikasi pemilik ponsel saat ingin membuka layar. Jadi ketika ada notifikasi yang masuk dan ternyata yang ada di depan sensor bukan si pemilik ponsel, konten tersebut akan disembunyikan untuk melindungi privasi. Sangat berguna ketika sedang berada di tempat umum, misalnya transportasi publik.

Cara kerjanya canggih. Ketika hanya 1 wajah yang terdeteksi, maka kamera akan dihidupkan untuk melakukan identifikasi. Tapi jika sensor mendeteksi ada lebih dari satu orang (atau tidak ada orang) yang menghadap ke layar, maka pemberitahuan akan tetap muncul tetapi konten tidak akan ditampilkan.

Untuk mengaktifkan fitur Smart Spying Prevention, maka pengguna perlu mendaftarkan wajah terlebih dahulu agar kamera smartphone mengenalinya sebagai pemilik ponsel yang sah. Setelah itu, masuk ke Settings -> Notification & status bar -> Manage notifications -> Anti-peeping.

2. Smart AirControl: kontrol tanpa sentuhan

Teknologi Smart Sensor berbasis AI pada OPPO Reno4 juga mendukung fitur futuristik seperti kontrol tanpa sentuhan. Disebut Smart AirControl, fitur ini memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan perangkat Reno4 tanpa menyentuh layar. Sangat bermanfaat di masa pandemi ini guna mengurangi intensitas menyentuh ponsel, atau mungkin ketika tangan kotor saat sedang makan.

Reno4 Smart Air Control

K413 728 yangcanggih

Dengan Smart AirControl Anda bisa menggulirkan halaman baik ke arah atas dan ke bawah halaman tanpa menyentuh layar di aplikasi seperti Facebook, Instagram, YouTube, atau TikTok. Fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk menjawab panggilan telepon tanpa menyentuh layar.

Cara mengaktifkannya: masuk ke Settings -> Convenience Tools -> Gestures & motions -> lalu pilih Air Gestures.

3. Smart Rotation

Untuk pengguna yang gemar mengoperasikan Reno4 sembari berbaring di tempat tidur, Smart Rotation merupakan fitur yang wajib dicoba. Berbekal Smart Sensor berbasis AI, Smart Rotation dapat mendeteksi orientasi wajah pengguna dan ponselnya untuk menentukan kapan harus memutar layar.

OPPO Reno4 Smart Sensor 2

Lalu, apa yang membedakannya dengan fungsi Auto Rotate biasa? Saat pengguna sedang berbarin dalam posisi miring sambil menggenggam ponsel, Smart Rotation tidak akan memutar layar. Namun apabila ponsel bergerak tapi wajah tetap diam (seperti saat ingin menonton video), barulah Smart Rotation akan mengubah tampilan ke mode landscape.

4. Smart Always-On Display

Satu fitur keren lainnya yang memanfaatkan Smart Sensor yang ditingkatkan dengan AI pada OPPO Reno4 adalah Smart Always-On Display. Singkatnya, fitur ini akan mengidentifikasi apakah pengguna sedang terus menerus menatap layar atau tidak. Kalau iya, maka layar akan terus menyala. Sebaliknya jika tidak, layar otomatis mati.

OPPO Reno4 Smart Sensor 3

Itulah sederet fitur untuk memaksimalkan Smart Sensor berbasis AI pada OPPO Reno4. Sensor ini dibekali algoritma khusus yang membuat sensor dalam bekerja dengan baik bahkan pada kondisi cahaya minim sekalipun. Jadi, kapanpun dan di manapun, Smart Sensor bisa selalu aktif untuk memberikan pengalaman terbaik baik pengguna OPPO Reno4.

More Stories
Ascend G6
[MWC 2014] Huawei G6: Setipis iPhone 5S dengan Kamera Depan 5 Megapixel