Quantcast
Home GadgetGadget GuideNewsVisual

Berminat Membeli realme Smart TV? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

realme Indonesia belum lama ini menghadirkan produk terbarunya di ranah AIoT, yakni realme Smart TV. Dijual dengan harga yang amat kompetitif, TV pintar berbasis Android tersebut menawarkan kenyamanan menikmati ribuan jam konten dari berbagai platform.

Nah, untuk Anda yang dalam waktu dekat berencana meminang realme Smart TV sebagai pusat hiburan baru di ruang keluarga, berikut kami sajikan apa saja kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan realme Smart TV

Desain ramping dengan bezel tipis

realme smart tv

Dengan bezel yang amat tipis, hanya 8,7mm, realme Smart TV mampu memberikan pengalaman yang lebih imersif saat menonton. Langkah yang patut diapresiasi karena di kelas harganya masih ada smart TV yang menggunakan bezel cukup tebal. Bukan cuma itu, penggunaan bezel yang tipis sekaligus membuat realme Smart TV lebih ramping.

Yang juga kami suka adalah posisi port-nya tersusun rapi di satu sisi, sehingga memudahkan kami untuk menyusun beberapa kabel agar tidak terlihat berantakan. Dengan bobot yang juga cukup ringan, sekitar 6,8 kg, Anda tidak akan kesulitan ketika ingin memindahkan TV ini ke lokasi lainnya. Seperti kebanyakan TV pada umumnya, realme Smart TV bisa ditempel di dinding dengan bantuan bracket VESA standar, atau diletakkan di meja menggunakan kaki penyangga

Kualitas visual cukup baik di kelasnya

realme smart tv 2

realme Smart TV meluncur di Indonesia dengan dua opsi ukuran layar, yaitu 32 inci (80cm) dengan resolusi 1366 x 768 pixel, dan 43 inci (108cm) dengan resolusi Full HD alias 1920 x 1080 pixel. Aspect ratio-nya 16:9 dan mampu menampilkan hingga 16,7 juta warna plus dukungan Chroma Boost Picture Engine sehingga gambar terlihat lebih cerah dan menawan.

Panel realme Smart TV sendiri memiliki tingkat kecerahan lebih dari 400 nits. Itu artinya, gambar akan tetap terlihat jelas meski kondisi ruangan terang, atau ada sinar matahari yang masuk dari jendela. Sudut pandangnya juga luas, 178 derajat. Menonton dari posisi yang agak ke samping (bukan tepat di tengah) tidak akan terasa ada penurunan kualitas gambar.

24W Quad Stereo Speakers dan Dolby Audio

realme Smart TV dipasangkan 24W Quad Stereo Speakers yang menurut kami menjadi nilai plus dibandingkan produk pesaing di segmen yang sama. Dua pasang speaker diletakkan di bawah realme Smart TV. Setiap pasangnya terdiri dari satu speaker full-range dan satu tweeter.

review realme Smart TV

Kombinasi tersebut terbukti mampu menghasilkan audio yang lantang dan bertenaga. Hentakan bass-nya juga cukup terasa, sehingga membuat realme Smart TV tidak hanya asyik saat digunakan menonton film, tetapi juga untuk mendengarkan musik misalnya dari YouTube.

Berbasis Android, bisa mengunduh banyak aplikasi dari Google Play Store

realme Smart TV 6

realme Smart TV merupakan TV pintar dengan sistem operasi Android TV (Android 9.0), yang artinya Anda bisa mengunduh berbagai aplikasi menarik yang tersedia di Google Play Store. Satu keunggulan yang membuat perangkat ini ideal sebagai paket hiburan yang praktis untuk seluruh anggota keluarga dengan 100,000+ jam konten tak terbatas dari berbagai sumber.

Remote praktis

realme Smart TV 12

Remote control bawaan dari realme Smart TV tampil ergonomis dan minimalis dengan hanya menyediakan beberapa tombol utama saja untuk keperluan navigasi. Pada remote control ini Anda akan menemukan tombol khusus (hot key) untuk memudahkan akses ke layanan streaming favorit seperti YouTube, Netflix, dan Prime Video.

Port/input cukup komplit dan Bluetooth 5.0

TV pintar ini menawarkan 3 port HDMI, 1 AV, 1 untuk Tuner, 2 port USB, 1 LAN, dan tidak ketinggalan Audio Out SPDIF 1. Cukup komplit! realme Smart TV juga dibekali teknologi Bluetooth versi 5.0. Anda bisa dengan mudah menghubungkan beragam perangkat nirkabel dengan koneksi Bluetooth seperti mouse, keyboard, hingga gamepad.

Kekurangan realme Smart TV

Software masih perlu dioptimalkan lagi

Walaupun secara keseluruhan pengalaman yang ditawarkan sudah amat baik, kami merasa masih ada ruang untuk mengoptimalkan software dari realme Smart TV. Kami sempat menemukan beberapa bug yang sifatnya minor. Contohnya: kami sudah mengaktifkan game mode, tapi ternyata saat game dimainkan mode tersebut belum menyala dan harus diaktifkan kembali.

realme smart tv 3

Performa cast kurang mulus

Untuk Anda yang gemar melakukan casting alias menampilkan konten dari smartphone ke TV, pada realme Smart TV fungsi tersebut terasa kurang mulus.

Ada sedikit ghosting, terutama saat bermain game dengan adegan cepat

Kami sempat mencoba memainkan konsol PlayStation 4 di realme Smart TV. Secara keseluruhan pengalaman yang ditawarkan masih lumayan, tapi terkadang kami menemukan ghosting (seperti berbayang) pada adegan-adegan aksi dengan gerakan yang cepat.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari realme Smart TV. Memang belum sempurna, tapi kami menilai realme Smart TV merupakan salah satu opsi paling menggiurkan yang bisa Anda beli di pasaran Indonesia saat ini. Kualitasnya dari segi visual maupun audio layak disebut sebagai yang terbaik di kelasnya.

Dijual dengan harga Rp 2 jutaan untuk 32 inci dan Rp 3 jutaan untuk 43 inci serta gratis 1 bulan berlangganan Vidio Premier Platinum hingga Desember 2020, realme Smart TV sangat cocok untuk Anda yang baru pertama kali ingin membeli smart TV.

Back to top button