Review HONOR CHOICE True Wireless Earbuds: Harga 400 Ribuan dengan Audio Berkualitas

Ceruk pasar earbuds nirkabel memang masih terbuka lebar di pasar Indonesia. Tidak heran jika HONOR akhirnya meluncurkan earbuds nirkabel perdananya yaitu HONOR CHOICE True Wireless Earbuds. Desain dan harga jualnya yang relatif terjangkau sukses mencuri perhatian kami. Tapi, apakah sebanding dengan kualitas suara yang ditawarkan? Simak ulasannya berikut ini.

svg%3E

Desain HONOR CHOICE True Wireless Earbuds

HONOR CHOICE True Wireless Earbuds tampil beda dengan desain yang terinspirasi dari AirPods Pro. Cukup jarang bisa kami temukan earbuds nirkabel murah yang mirip dengan AirPods Pro.

Case pelindungnya hadir dengan desain kotak yang memanjang seperti AirPods Pro. Materialnya terbuat dari plastik. Meski bobot case pelindungnya sangat ringan, kami cukup terkesan dengan kualitas material plastiknya yang relatif kokoh. Tidak terasa ringkih seperti earbuds nirkabel lain di kelas harganya.

svg%3E

Tidak ada satupun tombol di case pelindungnya. Bagian depan hanya ada indikator baterai. Bergeser ke bodi bawah bisa ditemukan port USB-C untuk isi ulang baterai.

svg%3E

Beralih ke modul earbuds-nya, HONOR CHOICE True Wireless Earbuds hadir dengan rancangan in-ear. Ada tiga opsi ukuran ear tips berbahan karet silikon dalam paket pembeliannya. Pilihlah ukuran yang tepat dan HONOR CHOICE True Wireless Earbuds akan terpasang pas dan sempurna di telinga. Tidak akan lepas meski kami ajak lari atau lompat sekalipun. Jadi, bisa diandalkan untuk teman olahraga.

Sebagai teman olahraga rancangannya juga sudah tahan debu dan air dengan peringkat IP54. Tidak perlu lagi khawatir dengan cipratan air, keringat atau hujan saat olahraga di cuaca tidak menentu. Rancangannya juga sangat ergonomis dan ringan. Menjadikannya sangat nyaman digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Fitur HONOR CHOICE True Wireless Earbuds

svg%3E

Tidak banyak fitur yang bisa kami temukan di HONOR CHOICE True Wireless Earbuds. Untuk navigasi HONOR CHOICE True Wireless Earbuds mengandalkan panel sentuh di kiri kanan earbuds. Panel sentuhnya mendukung perintah tap dan hold. Panel sentuhnya ini cukup responsif dengan sentuhan jari. Tap dua kali di modul earbuds kiri atau kanan untuk Play/Pause, Tap dan hold di modul earbuds kanan untuk maju ke berikutnya, dan mundur ke lagu sebelumnya dengan Tap dan hold di modul earbuds sebelah kiri.

svg%3E

Perintah yang didukungnya juga tergolong Standar yaitu Play/Pause, Next/Previous untuk memilih lagu, menjawab/memutuskan dan menolak panggilan telepon, dan memanggil asisten virtual.

HONOR CHOICE True Wireless Earbuds juga tidak dilengkapi dengan aplikasi pendamping seperti kebanyakan earbuds nirkabel yang kami uji sebelumnya. Ini menjadikan opsi pengaturannya sangat terbatas. Perintah navigasi di panel sentuh tidak bisa diatur, volume suara hanya bisa diatur lewat smartphone, begitupula output suaranya tidak bisa diatur sesuai selera lewat fitur EQ atau preset. Nilai positifnya, HONOR CHOICE True Wireless Earbuds berarti bisa langsung digunakan tanpa perlu repot melakukan banyak pengaturan.

Kemudahan tersebut terlihat dari proses pairing ke smartphone. Sangat cepat dan mudah. Earbuds nirkabel ini mengandalkan Bluetooth 5.0. Untuk menggunakannya Anda hanya perlu membuka tutup case pelindungnya dan tahan panel sentuh kedua modul earbuds HONOR CHOICE True Wireless Earbuds. Saat lampunya sudah berkedip, kemudian buka pengaturan Bluetooth di smartphone dan sambungkan. Proses pairing ini sama untuk smartphone Android atau iOS. Setelah tersambung ke smartphone untuk penggunaan selanjutnya Anda hanya perlu membuka case pelindugnya. Kemudian, HONOR CHOICE True Wireless Earbuds akan otomatis terhubung ke smartphone.

Kualitas audio HONOR CHOICE True Wireless Earbuds

Untuk menghasilkan suara HONOR CHOICE True Wireless Earbuds mengandalkan driver berukuran 7mm. Untuk pengujian pertama kami memutar lagu jazz At Last yang dinyanyikan Susan Wong dengan kualitas very high di aplikasi Spotify lewat iPhone.

svg%3E

Di lagu bergenre jazz ini terasa suara yang dihasilkannya sangat dinamis. Memang tidak terlalu detil untuk memanjakan telinga para audiophile, tapi separasi setiap musik pengiring di latar setidaknya bisa terdengar dengan cukup jelas dan rapih. Suara vokal terasa tebal dan jernih, sektor mid dan bass yang dihasilkan juga sangat seimbang dan bertenaga. Bahkan, suara di sektor high cukup aman. Tidak terasa menusuk telinga.

Beralih ke lagu Never Give Up dari King Henry, kami khusus menguji kemampuan suara bass dari HONOR CHOICE True Wireless Earbuds. Menurut kami, suara bass yang dihasilkan amat baik. Tentu ini ditunjang dengan rancangan in-ear yang diusungnya. Suara bass yang dihasilkan Terasa penuh dan bertenaga. Tidak “boomy” dengan dentuman suara bass yang berlebihan. Suara vokal dan instrumen lain pun masih bisa terdengar dengan jelas. Patut diakui kami cukup terkesan dengan kualitas suara HONOR CHOICE True Wireless Earbuds ini.

Berkat koneksi Bluetooth 5.0, tingkat latensinya juga relatif rendah. Cocok untuk menonton film atau bermain game. Di pengujian panggilan telepon, mic internal yang dibawanya juga mampu menangkap suara dengan amat baik. Suara kami bisa terdengar jelas oleh lawan bicara saat melakukan panggilan telepon.

Baterai HONOR CHOICE True Wireless Earbuds

HONOR CHOICE True Wireless Earbuds bisa digunakan hingga 6 jam non stop untuk mendengarkan musik. Di atas rata-rata earbuds nirkabel umumnya yang rata-rata ada di kisaran 4-4,5 jam. Dengan tambahan case pelindungnya, pengguna bisa mendapatkan waktu guna tambahan hingga 18 jam. Jadi, total waktu gunanya bisa hingga 24 jam. Sayangnya, HONOR CHOICE True Wireless Earbuds belum mendukung fitur isi ulang cepat atau secara nirkabel.

Kesimpulan

HONOR CHOICE True Wireless Earbuds menjadi awal yang baik untuk HONOR bertarung di segmen earbuds nirkabel. Fitur yang dibawanya memang relatif minim. Tapi, bisa dikompromi dengan rancangannya yang tahan air, nyaman digunakan, kualitas suara yang baik dan waktu gunanya yang bisa hingga 24 jam. Dengan harga jual di kisaran 400 ribuan Rupiah, earbuds ini wajib dilirik dan sangat kami rekomendasikan. Cocok untuk pengguna yang mengincar earbuds nirkabel bergaya AirPods Pro yang mengedepankan kualitas audio dan baterai tahan lama.

Yang Canggih:
+ Harga relatif murah
+ Desain mirip AirPods Pro
+ Ringan dan sangat nyaman digunakan
+ Baterai tahan lama
+ Kualitas suara oke

Yang Kurang:
– Belum mendukung fitur isi ulang cepat
– Belum mendukung wireless charging
– Fitur minim
– Tidak ada aplikasi pendamping

Cocok untuk pengguna yang mengincar earbuds nirkabel bergaya AirPods Pro yang mengedepankan kualitas audio dan baterai tahan lama.
8.5
Verified by MonsterInsights