MediaTek Helio G95: Janjikan Performa Gaming Lebih Tinggi dan Dukungan Teknologi AI Super Resolution

MediaTek hari ini, Selasa (1/9), mengumumkan kehadiran anggota terbaru dari lini Helio G Series yang diberi nama Helio G95. Seperti pada seri sebelumnya, chipset anyar tersebut kembali mengedepankan teknologi gaming yang mumpuni berkat dukungan MediaTek HyperEngine terbaru.

Spesifikasi MediaTek Helio G95

svg%3E

Dalam rilis persnya, MediaTek menjelaskan bahwa Helio G95 ditujukan bagi segmen smartphone gaming 4G kelas premium. Kinerjanya sendiri dijanjikan lebih cepat dan dibekali beragam fitur canggih seperti AI Processing Unit (APU) serta kemampuan fotografi dengan konfigurasi hingga 4 kamera.

“Segmen smartphone gaming memperlihatkan pertumbuhan yang stabil, dengan para pembuat perangkat yang terus menawarkan berbagai teknologi yang lebih baru dan lebih canggih bagi para penggemar game,” kata Dr. Yenchi Lee, Deputy General Manager, Wireless Communications Business Unit, MediaTek.

Soal spesifikasi, MediaTek Helio G95 dipersenjatai CPU dual-core Cortex-A76 2.05GHz dan 6-core Cortex-A55 sebagai core hemat daya. Performa grafisnya didukung GPU Mali-G76 MC4 yang sudah diperbarui dengan frekuensi 900MHz. Dibandingkan dengan Helio G90T, performa CPU-nya lebih tinggi sekitar 5 persen. Sementara performa GPU-nya naik hingga 8 persen.

Seperti disebutkan di atas, untuk memaksimalkan performa gaming-nya MediaTek membenamkan teknologi HyperEngine yang sudah ditingkatkan. Fitur tersebut mengedepankan engine jaringan, respon cepat, kualitas gambar, dan pengelolaan sumber daya untuk menjalankan game dengan lancar.

Ketika sinyal Wi-Fi lemah, teknologi ini dengan cerdas memicu konkurensi Wi-Fi dan LTE, memastikan koneksi yang lancar dan bebas-lag ketika bermain game. Teknologi ini juga memungkinkan opsi untuk menunda panggilan ketika bermain game tanpa hilangnya koneksi dan memastikan pengelolaan cerdas dan dinamis untuk CPU, GPU, dan memori.

Yang lebih menarik, MediaTek Helio G95 dibekali fitur AI Super Resolution untuk panggilan video dan streaming video yang lebih baik di berbagai platform seperti Netflix, Hotstar, Amazon Prime dan TikTok. Fitur ini mendukung kualitas video mulai dari resolusi 360p hingga HD 720p secara real-time, dan mengurangi bandwidth jaringan hingga 75 persen tanpa terasa adanya perbedaan dalam kualitas.

Jadwal rilis MediaTek Helio G95

Sayangnya belum ada informasi kapan chipset MediaTek Helio G95 akan tersedia di pasaran. Selain itu, smartphone pertama yang akan mengadopsi Helio G95 pun saat ini masih tanda tanya. Kita tunggu saja update informasi selanjutnya!

Verified by MonsterInsights