Review realme Smart TV: Standar Baru TV Android Murah Meriah

svg%3E
7.9
Cek Harga

Dalam acara Tech Trend Talk yang digelar di bulan Juli 2020 lalu, realme memberi bocoran bahwa mereka akan meluncurkan salah satu produk terbarunya untuk pasar Indonesia dari kategori AIoT untuk Home. Kini janji tersebut sudah dibuktikan. realme Smart TV hadir sebagai produk yang diklaim siap menjadi pilihan terbaik di segmen harganya.

Perlu diketahui bahwa realme Smart TV merupakan bagian dari strategi AIoT realme 1+4+N yang memiliki 4 sub-kategori, antara lain Smart TV, Smart Earphone, Smart Watch, dan Smart Speaker. Mengusung slogan Real Picture Real Sound, realme Smart TV dirancang untuk bisa menyajikan kualitas audio dan visual yang memuaskan tapi tetap dijual dengan harga yang ramah kantong. realme menjanjikan produk ini mampu memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi keluarga dengan sederet fitur-fitur unggulan yang ditawarkannya.

Penasaran seperti apa kecanggihannya? Yuk, langsung saja simak ulasan kami:

Desain realme Smart TV

svg%3E

realme Smart TV meluncur di Indonesia dengan dua opsi ukuran layar, yaitu 32 inci (80cm) dengan resolusi 1366 x 768 pixel, dan 43 inci (108cm) dengan resolusi Full HD alias 1920 x 1080 pixel seperti yang kami ulas pada review kali ini. Keduanya tampil dengan desain premium bezel-less yang membuatnya terlihat modern untuk diletakkan di berbagai ruangan di rumah.

Dengan bezel yang amat tipis, hanya 8,7mm, realme Smart TV mampu memberikan pengalaman yang lebih imersif saat menonton. Langkah yang patut diapresiasi karena di kelas harganya masih ada smart TV yang menggunakan bezel cukup tebal. Bukan cuma itu, penggunaan bezel yang tipis sekaligus membuat realme Smart TV lebih ramping.

svg%3E

Ketika dilihat dari samping pun bodi realme Smart TV tampak cukup langsing sehingga tidak memberikan kesan bongsor yang dapat mengurangi estetika. Yang juga kami suka adalah posisi port-nya tersusun rapi di satu sisi, sehingga memudahkan kami untuk menyusun beberapa kabel agar tidak terlihat berantakan. Dengan bobot yang juga cukup ringan, sekitar 6,8 kg, Anda tidak akan kesulitan ketika ingin memindahkan TV ini ke lokasi lainnya.

Seperti kebanyakan TV pada umumnya, realme Smart TV bisa ditempel di dinding dengan bantuan bracket VESA standar, atau diletakkan di meja menggunakan kaki penyangga yang sudah termasuk dalam paket penjualan. Cara pemasangan kaki penyangganya pun amat mudah dan terasa cukup kokoh.

svg%3E

Sekadar informasi, realme mengklaim proses pembuatan realme Smart TV telah melewati tes kualitas yang ketat. Beberapa tes yang dimaksud antara lain temperatur rendah -20 ?, tes jatuh dari ketinggian 760mm, tes tekan tombol sebanyak 5000 kali, tes ‘nyala-mati’ sebanyak 5500 kali, dan yang lainnya. realme Smart TV juga lolos standar test internasional ISTA.

svg%3E

Kembali ke pembahasan port dan input, TV pintar berbasis Android ini menawarkan 3 port HDMI, 1 AV, 1 untuk Tuner, 2 port USB, 1 LAN, dan tidak ketinggalan Audio Out SPDIF 1. Cukup komplit! Sedangkan untuk konektivitas nirkabel, Anda disuguhkan WiFi 2.4GHz, infrared, dan Bluetooth 5.0 yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan perangkat ekstra seperti keyboard atau gamepad.

Kualitas layar dan audio realme Smart TV

Seperti disebutkan di atas, realme Smart TV yang kami coba adalah yang berukuran 43 inci dengan resolusi Full HD. Aspect ratio-nya 16:9. Sama seperti saudaranya (model 32 inci), TV ini mampu menyajikan tampilan hingga 16,7 juta warna. Yang menarik, realme menerapkan teknologi Chroma Boost yang sebelumnya selalu menjadi fitur unggulan dari smartphone mereka, khususnya untuk urusan fotografi.

svg%3E

Bedanya, Chroma Boost Picture Engine pada realme Smart TV berfungsi untuk meningkatkan kualitas gambar secara keseluruhan dengan cara mengangkat tingkat kecerahan, kontras warna, serta ketajamannya. Dengan begitu, visual yang ditampilkan pada TV terlihat lebih memanjakan mata penontonnya.

Panel realme Smart TV sendiri memiliki tingkat kecerahan lebih dari 400 nits. Itu artinya, gambar akan tetap terlihat jelas meski kondisi ruangan terang, atau ada sinar matahari yang masuk dari jendela. Sudut pandangnya juga luas, 178 derajat. Menonton dari posisi yang agak ke samping (bukan tepat di tengah) tidak akan terasa ada penurunan kualitas gambar.

realme Smart TV memiliki 7 mode tampilan, yakni Standard, Vivid, Sport, Movie, Game, Energy Saving, User. Tinggal Anda pilih sesuai dengan konten yang sedang Anda nikmati. Kami sudah mencoba berbagai konten dari beberapa sumber yang berbeda, mulai dari YouTube, Netflix, saluran TV analog, saluran TV digital, hingga konsol game PlayStation 4.

svg%3E

Menurut kami, kualitas visual yang mampu disajikan realme Smart TV sudah tergolong baik di kelasnya. Gambarnya terlihat tajam dengan saturasi warna yang kaya dan cenderung warm. Menonton Netflix di resolusi tinggi cukup memuaskan. Untuk gaming dengan konsol PS4 pun lumayan jika menggunakan Game Mode, walaupun di beberapa adegan cepat mata kami masih bisa mendeteksi sedikit ghosting (gambar berbayang). Oh iya, realme Smart TV juga sudah mendukung HDR10 video decoding!

Beralih ke sektor audio, realme Smart TV dipasangkan 24W Quad Stereo Speakers yang menurut kami menjadi nilai plus dibandingkan produk pesaing di segmen yang sama. Dua pasang speaker diletakkan di bawah realme Smart TV. Setiap pasangnya terdiri dari satu speaker full-range dan satu tweeter.

Kombinasi tersebut terbukti mampu menghasilkan audio yang lantang dan bertenaga. Hentakan bass-nya juga cukup terasa, sehingga membuat realme Smart TV tidak hanya asyik saat digunakan menonton film, tetapi juga untuk mendengarkan musik misalnya dari YouTube. realme Smart TV dapat menghasilkan suara dari frekuensi 148Hz hingga 20,000 Hz. Jauh lebih lebar dibanding TV kompetitor yang masih 228.1Hz ke 11292.1 Hz.

svg%3E

Selain itu, realme juga menambahkan teknologi Dolby Audio MS12B guna menghasilkan suara yang lebih hidup. Dolby Audio dapat memisahkan suara dari depan, samping, dan belakang sehingga tercipta efek surround yang membuat pengalaman menonton film terasa lebih nyata tanpa membutuhkan speaker eksternal.

Software dan remote realme Smart TV

svg%3E

realme Smart TV merupakan TV pintar dengan sistem operasi Android TV (Android 9.0) dengan user interface yang sederhana dan amat mudah dipahami. Karena berbasis Android, itu artinya Anda bisa mengunduh berbagai aplikasi menarik yang tersedia di Google Play Store. Satu keunggulan yang membuat perangkat ini ideal sebagai paket hiburan yang praktis untuk seluruh anggota keluarga dengan 100,000+ jam konten tak terbatas dari berbagai sumber.

svg%3E

Aplikasi streaming populer seperti Netflix dan YouTube bisa Anda nikmati di realme Smart TV. Ada pula teknologi Chromecast yang akan memudahkan Anda memindahkan konten yang sedang Anda saksikan di layar smartphone ke realme Smart TV. Asyiknya lagi, Anda pun diberikan dukungan Google Assistant untuk mengendalikan TV dengan perintah suara.

svg%3E

Kami juga sangat menyukai remote control bawaan dari realme Smart TV. Desainnya ergonomis dan minimalis dengan hanya menyediakan beberapa tombol utama saja untuk keperluan navigasi. Pada remote control ini Anda akan menemukan tombol khusus (hot key) untuk memudahkan akses ke layanan streaming favorit seperti YouTube, Netflix, dan Prime Video. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot menelusuri deretan aplikasi di menu. Pada remote tersebut juga realme menyediakan microphone untuk memanggil Google Assistant.

svg%3E

Performa realme Smart TV

realme Smart TV dipersenjatai prosesor 64-bit garapan MediaTek dengan CPU ARM Cortex A53 1.1GHz, dan GPU Mali-470 MP3. Perangkat ini turut dibekali RAM dengan clock speed 2133MHz, yang artinya lebih cepat dari normal yaitu 1600MHz seperti yang umumnya digunakan oleh TV lain.

Dengan perpaduan hardware tersebut, realme Smart TV mampu memberikan kinerja yang responsif. Membuka dan berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya tidak membutuhkan waktu lama. Terkadang ada sedikit lag, tapi menurut kami masih wajar dan tidak terlalu mengganggu kenyamanan. Secara keseluruhan, kami cukup puas dengan performanya.

svg%3E

Yang lebih menarik, meski tidak secara khusus dirancang untuk bermain games, ternyata realme Smart TV punya performa gaming yang lumayan baik. Kami sempat mencoba game 3D seperti Dead Trigger 2 yang mampu dijalankan dengan lancar tanpa lag. Ditambah game controller berbasis Bluetooth, bermain game di realme Smart TV terasa menyenangkan. Terlebih ada sangat banyak judul game di Google Play Store yang bisa Anda unduh secara gratis.

Kesimpulan

realme terbukti cukup sukses dalam meracik TV pintar pertamanya. Kami menilai realme Smart TV merupakan salah satu opsi paling menggiurkan yang bisa Anda beli di pasaran Indonesia saat ini. Kualitasnya dari segi audio layak disebut sebagai yang terbaik di kelasnya. Dari segi visual pun bagus, tapi menurut kami masih bisa ditingkatkan lagi. Dan yang harus digarisbawahi, semua keunggulan realme Smart TV bisa Anda nikmati tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam.

svg%3E

Dijual dengan harga Rp 2 jutaan untuk 32 inci dan Rp 3 jutaan untuk 43 inci serta gratis 1 bulan berlangganan Vidio Premier Platinum hingga Desember 2020, realme Smart TV sangat cocok untuk Anda yang baru pertama kali ingin membeli smart TV. Bagi yang berminat, realme Smart TV bisa dipesan melalui tautan berikut http://bit.ly/realme-SmartTV

Kelebihan realme Smart TV:

  • Desain ramping dengan bezel tipis
  • Kualitas visual cukup baik di kelasnya dan sudah mendukung HDR10
  • 24W Quad Stereo Speakers mampu menghasilkan audio yang mantap
  • Ada dukungan Dolby Audio
  • Berbasis Android, bisa mengunduh banyak aplikasi dari Google Play Store
  • Remote praktis dengan hot keys untuk YouTube, Netflix, dan Prime Video, serta mic untuk memanggil Google Assistant
  • Bluetooth 5.0
  • Port/input cukup komplit
  • Harga menggiurkan

Kekurangan realme Smart TV:

  • Masih ada bug pada software yang bisa diperbaiki lewat update
  • Performa cast kurang mulus
  • Ada sedikit ghosting, terutama saat bermain game dengan adegan cepat

realme Smart TV ideal untuk: Pengguna yang baru pertama kali ingin beralih ke smart TV. Keluarga yang membutuhkan satu paket hiburan lengkap di rumah.

realme Smart TV kurang ideal untuk: Pengguna yang tidak memiliki koneksi internet memadai di rumahnya.

 

svg%3E
realme Smart TV
realme Smart TV sangat cocok untuk Anda yang baru pertama kali ingin membeli smart TV
7.9
Cek Harga
Verified by MonsterInsights