Panduan Memilih Laptop HP untuk Pelajar & Mahasiswa

Review Lenovo Ideapad Gaming 3i: Performa Kencang, Desain Lebih Kalem



Lenovo IdeaPad Gaming 3i 2
7.5
Cek Harga

Beberapa waktu yang lalu Lenovo memboyong sederet laptop gaming terbarunya ke Indonesia. Namun selain duo Legion anyar, ada satu seri lainnya yang menurut kami cukup menarik, yakni Ideapad Gaming 3i. Desainnya yang tidak terlalu menonjolkan kesan gaming bagi kami punya daya tarik tersendiri.

Di Indonesia, laptop ini dijual dengan harga 16 juta rupiah. Seperti apa kecanggihannya? Yuk, langsung saja simak ulasan kami:

Desain Lenovo Ideapad Gaming 3i

Seperti kami sebutkan di atas, Ideapad Gaming 3i dirancang untuk pengguna yang menginginkan perangkat gaming dengan tampilan yang lebih casual. Tidak ada ornamen bergaya futuristik yang biasa Anda temukan pada laptop gaming kebanyakan. Kalau dilihat sekilas, kami yakin sebagian orang tidak akan mengira ini adalah laptop gaming.

Lenovo Ideapad Gaming 3i 1

IdeaPad Gaming 3i mengedepankan desain modern minimalis. Bagian eksteriornya tergolong polos dengan hanya ditambahkan logo Lenovo berukuran kecil di pojok. Jelas terlihat bahwa Lenovo ingin mempertahankan DNA seri Ideapad yang cenderung agak kalem.

Dengan desain seperti ini, menurut kami Lenovo Ideapad Gaming 3i masih cukup ideal untuk Anda bawa ke berbagai acara. Bukan cuma untuk sesi yang berhubungan dengan gaming, tapi juga yang lebih formal misalnya meeting di kantor.

Lenovo Ideapad Gaming 3i 3

Lenovo Ideapad Gaming 3i menggunakan material polycarbonate dengan build quality yang sudah mendapatkan rating militer MIL-STD-810G. Jadi, bisa dibilang ini laptop yang cukup tangguh karena bisa bertahan dari benturan dan suhu tinggi maupun rendah.

Dengan layar 15,6 inci dan sederet hardware untuk mendukung kebutuhan gaming, Lenovo Ideapad Gaming 3i punya dimensi yang besar dan tebal. Untungnya dari segi bobot masih cukup oke untuk ukuran laptop di kategori ini, yakni sekitar 2 kilogram saja.

Lenovo Ideapad Gaming 3i 4

Sistem pendinginannya mengandalkan kipas dan ventilasi ganda yang dipercaya mampu membuang hawa panas sehingga suhu di dalam laptop tidak meningkat berlebihan dan mengganggu kenyamanan bermain.

Lenovo Ideapad Gaming 3i 5

Soal ketersediaan port, Lenovo Ideapad Gaming 3i menawarkan 1x HDMI ukuran standar, 2x USB 3.1 Gen 1 (satu di kiri dan satu di kanan), 1x USB 3.1 Type-C, audio jack combo 3.5mm, dan Gigabit Ethernet. Sementara untuk pilihan warna, varian yang kami review kali ini adalah Chameleon Blue. Lenovo juga menyediakan opsi lainnya yakni Onyx Black.

Layar Lenovo Ideapad Gaming 3i

Beralih ke pembahasan layar, Lenovo Ideapad Gaming 3i mengusung panel IPS berukuran 15,6 inci dengan resolusi Full HD. Layar anti glare ini memiliki refresh rate 120 Hz. Naik cukup signifikan dibanding generasi sebelumnya yang masih 60 Hz.

Lenovo Ideapad Gaming 3i 8

Menurut kami layar Lenovo Ideapad Gaming 3i punya tingkat kecerahan yang standar. Cakupan warnanya 45 persen NTSC, bukan yang paling oke untuk laptop gaming kelas menengah. Walaupun untuk kebutuhan standar seperti main games dan nonton film, kami merasa tidak ada masalah. Bagian bezelnya juga belum bisa dibilang tipis.

Sedikit membahas sektor audio, Lenovo Ideapad Gaming 3i punya speaker yang mampu menghasilkan suara cukup jernih. Kekuatan suaranya standar saja, tidak terlalu lantang tapi masih ideal kalau Anda ingin bermain games atau menonton film tapi malas memakai headphone.

Keyboard dan touchpad Lenovo Ideapad Gaming 3i

Lenovo Ideapad Gaming 3i 2

elite dragonfly yangcanggih 728

Lenovo Ideapad Gaming 3i menggunakan keyboard tactile dengan travel distance 1,5mm yang mampu memberikan feedback cukup asyik saat kami pakai untuk mengetik secara cepat. Perlu digarisbawahi, keyboard ini tidak memiliki lampu RGB, melainkan hanya backlit dengan warna biru dan dua level kecerahan.

Bagian palm rest-nya lumayan lega, dan touchpad-nya pun cukup besar. Touchpad ini sudah dibekali driver Windows Precision dan mendukung berbagai fungsi gesture pada Windows 10 misalnya dua jari untuk scrolling.

Performa Lenovo Ideapad Gaming 3i

Lanjut ke pembahasan performa dari Lenovo Ideapad Gaming 3i, Anda akan menemukan rangkaian hardware kencang seperti CPU Intel Core i7-10750H (generasi ke-10), yang ditemani kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1640 4GB GDDR6. Selain itu, ada pula RAM dual-channel DDR4 sebesar 16 GB. Lenovo juga menambahkan software bernama Lenovo Vantage untuk memudahkan gamer memantau CPU, RAM, GPU, storage, dan mengaktifkan beberapa fitur untuk memaksimalkan pengalaman gaming.

VANTAGE

Dengan perpaduan tersebut, tentunya Anda bisa berharap Lenovo Ideapad Gaming 3i mampu memberikan performa yang kencang untuk menjalankan game-game AAA masa kini. Walaupun tentunya, di beberapa judul yang menuntut kebutuhan grafis tinggi Anda belum bisa main dengan setting mentok kanan.

Untuk game-game kompetitif seperti Counter Strike: Global Offensive dan DOTA, Anda tidak akan menemui kendala berarti. Frame rate yang disajikan sudah pasti tinggi, di atas 100 fps. Tapi, bagaimana saat digunakan untuk bermain game yang lebih berat?

Kami sempat mencoba Grand Theft Auto V dengan setting High dengan resolusi Full HD, hasilnya kami mendapatkan frame rate yang cukup stabil di kisaran 130-150 fps. Sementara untuk Shadow of the Tomb Raider, dengan setting High dan resolusi Full HD kami dapat sekitar 40-60an fps.

Shadow of the Tomb Raider Lenovo IdeaPad Gaming 3i

Game shooter seperti Call of Duty Warzone pun dapat dimainkan dengan nyaman. Kami mencoba setting grafis High dengan resolusi Full HD, hasilnya Lenovo Ideapad Gaming 3i mampu menyuguhkan frame rate dan cenderung stabil. Sedangkan untuk game Metro Exodus yang dikenal cukup berat, laptop ini sanggup menjalankan setting grafis High di resolusi Full HD dengan rata-rata frame rate 30-50an fps.

Metro Exodus Lenovo IdeaPad Gaming 3i

Selama digunakan untuk bermain games, sistem pendingin pada Lenovo Ideapad Gaming 3i cukup oke untuk menjaga suhu tetap ideal. Hanya saja, pada area sekitar tombol WASD di keyboard, kami merasa suhunya lumayan hangat meski tidak terlalu mengganggu kenyamanan bermain.

Lenovo Ideapad Gaming 3i dibekali baterai 45 Whr yang mampu membuatnya menyala hingga 7 jam pemakaian. Namun kalau Anda ingin bermain game tanpa menghubungkan charger, jelas baterainya akan jauh lebih cepat habis. Yang menarik, laptop ini dibekali fitur Rapid Charge yang bisa Anda aktifkan lewat Lenovo Vantage. Dengan Rapid Charge, mengisi daya 50 persen hanya butuh waktu sekitar 30 menit saja.

Kesimpulan

Lenovo Ideapad Gaming 3i 6

Lenovo Ideapad Gaming 3i merupakan opsi yang menarik untuk Anda yang mencari laptop gaming kelas menengah dengan tampilan yang tidak terlalu menonjolkan bahwa Anda adalah seorang gamer. Berbagai game AAA masa kini bisa dijalankan dengan lancar, dan dari segi bobot pun laptop ini masih cukup ideal untuk digendong di dalam tas punggung.

Bagi yang berminat, Lenovo Ideapad Gaming 3i dijual dengan harga mulai dari 12 jutaan rupiah. Untuk varian yang kami review kali ini, harganya berada di angka Rp15.999.000.

Kelebihan Lenovo Ideapad Gaming 3i:

  • Bodi tangguh berstandar militer
  • Desain lebih kalem, cocok untuk pengguna yang kurang suka dengan tampilan gaming
  • Performa bertenaga, sanggup melibas berbagai game masa kini
  • Storage kencang
  • Layar IPS 120 Hz
  • Bobot masih tergolong ideal untuk dibawa bepergian
  • Keyboard nyaman untuk mengetik
  • Daya tahan baterai oke di kelasnya

Kekurangan Lenovo Ideapad Gaming 3i:

  • Tidak ada card reader
  • Kipas agak berisik
  • Akan lebih menarik jika cakupan color-space layar lebih tinggi

Lenovo Ideapad Gaming 3i ideal untuk: Gamer yang mencari laptop gaming kelas menengah. Gamer yang kurang menyukai tampilan laptop dengan nuansa gaming yang terlalu berlebihan.

Lenovo Ideapad Gaming 3i kurang ideal untuk: Kreator konten yang butuh layar dengan color-space coverage tinggi.

Lenovo IdeaPad Gaming 3i 2
Lenovo Ideapad Gaming 3i
Lenovo Ideapad Gaming 3i cocok untuk gamer yang menginginkan laptop dengan desain lebih casual
7.5
Cek Harga
More Stories
gopro hero6 1
Dibanderol 7,5 Juta Rupiah, GoPro Hero6 Resmi Hadir di Indonesia